January 2, 2017

The Good Wife Episode 16 - 1



Hye Kyung bertanya kenapa sampai ada rumor Joong Won menyuap hakim, Joong Won pun menjawab kalau semua itu bermula dari dia yang pernah meminjamkan uang kepada orang yang bermain bisbol dengannya. Selain itu, Joong Won dulu sering menangani gugatan asal-asalan dengan harga murah. Selain itu, ada rumor kalau Joong Won membereskan masalah untuk anggota timnya dan kemungkinan itu disebabkan karena Joong Won membantu jaksa dan pengacara juga. Namun Joong Won berani menjamin kalau dia tidak pernah melakukan sesuatu yang dianggap ilegal dan semua itu sudah sangat lama terjadi, sedangkan belakangan ini Joong Won tidak membantu siapa pun.



Joong Won kemudian mengaku kalau dulu dia membantu semuanya dengan tujuan agar firmanya banyak klien. Dulu, Joong Won memang merupakan pengacara yang melakukan semuanya demi uang. Hye Kyung mengerti dan diapun berkata kalau dia yang akan menyusun pembelaannya ke arah sana.

“Akan kususun pembelaannya ke arah sana. Berikan nama hakim dalam timmu meskipun hanya sebentar di sana dan tidak pernah bekerja denganmu. Orang yang tidak bisa disentuh oleh kejaksaan dan punya koneksi yang sangat berpengaruh,” ucap Hye Kyung dan Joong Won menyebut nama Park Hee Gon, Kim Ho Joon dan Lee Jong In. Hye Kyung mengiyakan dan kemudian berkata kalau dia yang akan mengurus sisanya.


Hye Kyung kemudian menemui Tae Joon dan mengatakan pada Tae Joon kalau Tae Joon bisa melalui dirinya jika ingin menyampaikan sesuatu pada Joong Won. Jadi, Tae Joon tak boleh menyebarkann rumor tak masuk akal tentang Joong Won. Tae Joon pun menjawab kalau bukan dia yang menyebarkan rumor penyidikannya, rumor itu keluar dari tempat lain. 

“Baguslah. Aku mendapat beberapa panggilan dari media hari ini. Mereka bertanya apakah Joong Won diselidiki karena menyuap hakim. Mereka juga bertanya apa kejaksaan mengincar Hakim Park Hee Gon, Kim Ho Joon, dan Lee Jong In. Kubilang aku tidak tahu apa pun,” ucap Hye Kyung. 

“Bukan hakim-hakim itu,” jawab Tae Joon. 

“Itu yang kupikirkan. Mereka sangat berpengaruh. Kamu tidak akan pernah menyentuh orang seperti mereka.”

“Mereka tidak pernah menerima suap. Apa kamu membeberkannya kepada media? Kamu bisa ditangkap karena mengganggu penyidikan dan menyebarkan rumor palsu,” ucap Tae Joon mengingatkan. Hye Kyung mengulang lagi perkataannya kalau dia dihubungi oleh media yang meminta verifikasi dan Hye Kyung mengaku tidak tahu apapun. Hye Kyung pun menambahkan kalau sepertinya informasi itu bocor dari tempat lain. 



Tepat disaat itu, Tae Joon mendapat telepon dari "Jaksa Wilayah Park Oh Joong". Melihat atasannya langsung menghubungi dirinya, Tae Joon pun berkomentar kalau Hye Kyung sudah mengalahkannya kali ini. 

“Jawablah. Sampai jumpa,” ucap Hye Kyung dan pergi.

== The Good Wife Episode 16 ==



Joong Won diam-diam menemui Dan di parkiran dan memberitahu kalau penyidikan terhadapnya jadi penyidikan resmi berkat  Hye Kyung, sehingga pihak Tae Joon tidak bisa menyebar rumor tentang kasus itu lagi. Jadi mereka harus mengusut hakim dan gugatan yang Tae Joon incar, dengan begitu mereka bisa bersiap untuk bertempur. Kim Dan lalu bertanya apa Joong Won tidak merundingkan hal tersebut dengan Hye Kyung terlebih dahulu dan Joong Won mengaku kalau dia hanya khawatir, kalau dia tidak bisa bilang bahwa sikapnya benar-benar pantas saat mengurus masalah dahulu. Kim Dan mengerti dan berjanji akan menyelidikinya. 


Tae Joon makan bersama Jaksa Choi dan atasan mereka jaksa Park. Saat makan, Jaksa Park mengeluh karena ulah Tae Joon, dia mendapatkan banyak telepon keluhan hari ini. Jaksa Park pun bertanya apa Tae Joon sungguh harus menyidiki hakim-hakim itu? padahal Tae Joon sudah ditugaskan untuk mengurus kasus korupsi. Tae Joon pun menjawab kalau dia tak bisa berhenti curiga dan hakim yang bersalah juga harus dihukum. Jaksa Choi yang sedari tadi diam, langsung ikut bicara, dia meminta Jaksa Park untuk membiarkan Tae Joon melakukan penyidikan, karena firma yang sedang dia sidiki adalah firma tempat istrinya bekerja. Mendengar itu Jaksa Park terkejut dan bertanya apa ada sesuatu di firma tersebut. 


“Aku sedang menyidiknya. Pasti aku akan menemukannya jika kami terus mencari,” jawab Tae Joon dan Jaksa Park menyuruhnya untuk meneruskan kerjanya.


Di luar Do Sub terlihat kesal pada Joon Ho karena Joon Ho sudah berpihak pada Jaksa Choi. Tak lama kemudian Tae Joon dan Jaksa Choi keluar bersama-sama. Dengan senyum senang, Jaksa Choi menawarkan pada Tae Joon untuk mengatakan padanya jika Tae Joon butuh bantuannya. 

Setelah Jaksa Choi dan Joon Ho pergi, Tae Joon bertanya pada Do Sub, apa Do Sub sudah mendapatkan surat sita dari pengadilan dan mulai menyidik Firma Hukum MJ. 


Tak membuang waktu lama, Do Sub sekarang sudah berada di kantor Firma Hukum MJ dan melakukan penyitaan. Tak terima dengan penyitaan yang pihak kejaksaan lakukan, Hye Kyung langsung berkata pada Do Sub kalau dia ingin bicara dengan Tae Joon. Hye Kyung sengaja meminta Tae Joon datang karena dia ingin tahu strategi mereka. 



Tae Joon datang dan disambut oleh Myung Hee, tapi karena Tae Joon hanya ingin bicara dengan Joong Won dan pengacaranya saja, jadi Myung Hee tak bisa ikut serta. Tepat disaat itu, Pengacara Lee menghampiri Myung Hee dan berkata kalau ada sesuatu yang ingin dia beritahukan mengenai Joong Won.


Dalam pertemuan Hye Kyung bertanya hakim mana yang sebenarnya Tae Joon curigai dan Tae Joon menjawab Hakim Kwak Jae Shik, Hakim Kim Hyun Wook, Hakim Moon Young Jin dan Hakim Lee Seung Jin. Mendengar itu, Hye Kyung bertanya kenapa  Hakim Park Hee Gon, Kim Ho Joon, dan Lee Jong In, tidak ada dalam daftar. Tak mau menjawab pertanyaan Hye Kyung, Tae Joon langsung mengakhiri percakapan mereka dan memutuskan pergi.  Dia berkata kalau mereka akan bertemu lagi di kantor jaksa atau pengadilan. 



Saat menunggu lift, Do Sub mengeluh karena dia merasa sudah diungguli oleh Hye Kyung.  Tae Joon pun berkata kalau menghadapi Hye Kyung bukanlah hal yang mudah, tapi dia tetap memutuskan datang karena dia merasa penasaran pada siapa Joong Won memberikan uangnya. Ternyata saat menyebutkan nama-nama hakim, Tae Joon melihat ekspresi Joong Won dan raut wajah Joong Won tiba-tiba berubah saat Tae Joon menyebut nama hakim Lee Seung Jin. Merasa ada sesuatu dengan hakim itu, Tae Joon pun menyuruh Do Sun untuk memeriksa catatan sidang hakim Lee Sung Jin. 


Bersama pengacara yang lain, pengacara Lee mengungkapkan keluh kesah mereka mengenai kasus Joong Won. Pengacara Oh juga ikut bergabung  pada pertemuan itu dan mereka  meminta Myung Hee untuk membuat Joong Won mundur dari posisinya agar mereka semua bisa bekerja dengan tenang. 


Tak bisa menolak permintaan semua pegawainya, Myung Hee pun langsung menyampaikan hal tersebut pada Joong Won. Dia meminta Joong Won untuk mundur sementara dari posisinya, jika kasusnya sudah selesai, Joong Won bisa kembali menempati posisinya. Walaupun berat, Joong Won pun menerima keputusan itu dengan lapang dada dan mulai sekarang Joong Won tak lagi menjadi pengacara di firma, dia hanya sebagai klien mereka. 


Keluar dari ruangan Joong Won, pengacara Lee langsung bertanya apa Myung Hee sudah mengatakan semuanya pada Joong Won. Tak senang mendengar pengacara Lee menyebut cara kerja Joong Won yang selalu bermasalah, Myung Hee pun mengingatkan pengacara Lee kalau dia juga sama saja. Mendengar itu, Pengacara Lee pun terdiam. 

“Jangan cemas. Dia tidak mau firma merugi karena dia. Dia bersedia mundur untuk sementara,” ucap Myung Hee dan hendak berjalan pergi. 

“Berarti ruangannya harus kosong. Jika begitu, bagaimana kalau aku yang memakainya? Jika melihatnya dalam jangka panjang, mungkin kamu membutuhkan seorang wakil presdir baru,” saran pengacara Lee. 

“Tidak perlu. Ini hanya sampai kasusnya selesai,” jawab Myung Hee dengan dingin. 



Joong Won mengemasi barang-barangnya dan dia kemudian menemui Hye Kyung diruangannya. Dia mengajak Hye Kyung bermain baseball. Tentu saja Hye Kyung tak menolak. Mereka berdua kemudian bermain lempar tangkap bola di luar. Mereka terlihat begitu menikmatinya. 


Kim Dan mengajak Joon Ho ketemuan dan bertanya tentang kasus yang sedang Tae Joon tangani. Joon Ho tak menjawab dan tepat disaat itu, Do Sub bersama rekannya datang dan menangkap Kim Dan karena sudah meminta informasi untuk penyidikan. Saat Kim Dan meminta pembelaan dari Joon Ho, Joon Ho tak bisa membantunya. Joon Ho hanya menundukkan kepala, dia tak sanggup melihat Kim Dan karena merasa bersalah. 



Keesokanharinya, Hye Kyung baru tahu kalau Joong Won mengundurkan diri dari jabatannya untuk sementara waktu sampai kasusnya selesai. Myung Hee kemudian meminta Hye Kyung untuk memberitahu dia dulu kalau Hye Kyung menemukan bukti kalau Joong Won memang bersalah, agar Myung Hee bisa mempersiapkan semuanya supaya firma tak terkena imbasnya. 



Hye Kyung lalu menjawab kalau dia adalah pengacara Joong Won, jadi diapun harus merahasiakan semua informasi yang bersangkutan dengan Joong Won. Paham kalau hal itu adalah kode etik pengacara, Myung Hee pun tak memaksa Hye Kyung untuk mematuhi perintahnya. Sebelum Hye Kyung keluar dari ruangannya,  Myung Hee memberitahu kalau Kim Dan semalam ditangkap, dia kepergok saat mencoba menggali informasi tentang kasus. Karena itu menyangkut kasus yang Hye Kyung tangani, jadi Hye Kyung yang harus mengeluarkan Kim Dan dari kejaksaan. 

Hye Kyung pergi ke kantor jaksa dan di depan gedung dia melihat Tae Joon dan Do Sub sedang bicara berdua. Karena Hye Kyung datang, Do Sub pun pergi. Tae Joon berkata kalau sebenarnya dia baru mau menelpon Hye Kyung untuk memberitahu tanggal pemanggilan untuk Joong Won, karena sudah ditetapkan. Namun Hye Kyung tak mau membahasnya, tujuan dia menemui Tae Joon adalah untuk memintanya membebaskan Kim Dan. Tae Joon tak langsung mengiyakan, dia ingin menemui Myung Hee terlebih dahulu, tapi Hye Kyung tak mau tahu, kalau sampai Kim Dan belum dibebaskan ketika Hye Kyung sampai di rumah tahanan, maka Hye Kyung akan menuntut Tae Joon dengan tuduhan salah tangkap. 

Saat Hye Kyung berjalan pergi, Tae Joon bertanya apa Hye Kyung masih beranggapan kalau Joong Won tidak salah? karena Joong Won tak sebersih yang Hye Kyung kira. Namun Hye Kyung tak perduli, dia tetap menyuruh Tae Joon segera menghubungi rumah tahanan agar Kim Dan dilepaskan.



Kim Dan bebas dan Hye Kyung menjemputnya. Tentu saja Kim Dan sedikit canggung karena Hye Kyung yang menjemput, secara hubungan mereka sedang tidak bagus. Di mobil, Hye Kyung bertanya apa yang Joong Won minta dari Kim Dan dan dia Kim Dan menjawab kalau Joong Won ingin dia mencari tahu hakim dan gugatan yang pihak Tae Joon incar. Hye Kyung bertanya lagi apa ada sesuatu yang masih tidak dia ketahui dan Kim Dan menjawab tidak. Kim Dan berkata kalau dia memeriksa semuanya karena Joong Won yang meminta. Setelah mencoba mencari tahu, Kim Dan merasa kalau pihak Tae Joon tidak punya bukti apa-apa untuk menjatuhkan Joong Won. Sedangkan tujuan mereka menangkan dirinya, kemungkinan hanya untuk mengorek informasi. 

"Jadi, maksudmu ada sesuatu meskipun tidak ada bukti?" tanya Hye Kyung menyimpulkan, namun Kim Dan tak bisa menjelaskan lebih banyak lagi. Dia tak berani mengatakan semuanya sebelum dia berdiskusi dulu dengan Joong Won, jadi Kim Dan pun menyarankan agar Hye Kyung bertanya langsung dengan Joong Won. 


Hye Kyung menjalankan mobilnya dan karena suasana di dalam mobil jadi canggung, karena keduanya sama-sama diam, Kim Dan pun minta di turunkan di halte bus. Namun Hye Kyung malah membuka bicara dengan membahas tentang Seo Yeon. Dia bertanya kenapa Kim Dan tak memberitahunya kalau Kim Dan yang berhasil menemukan Seo Yeon dan mengantarkannya pulang. 

Kim Dan menjawab tak ada alasan, dia hanya tak ingin ada rasa canggung diantara mereka berdua. Kim Dan juga mengaku kalau dia belum berubah sama sekali, dia selalu mengutamakan perasaannya sendiri dan tak mau melakukan sesuatu yang tak dia sukai. Sedangkan untuk urusan Seo Yeon, dia melakukannya karena dia bisa, jadi dia tak mau memberi kesan pada Hye Kyung kalau dia sudah berubah. 

Mendengar itu, Hye Kyung tak berkomentar apa-apa, dia hanya mengucapkan terima kasih saja pada Kim Dan.



Myung Hee menemui Tae Joon dan mereka membahas tentang Joong Won. Ternyata Tae Joon sudah menyelidiki tentang Myung Hee juga, namun tak ada satu hal pun yang bisa menjuru ke dugaan suap, jadi bisa dipastikan kalau Myung Hee bersih. Sedangkan tujuan Tae Joon meminta Myung Hee datang adalah untuk memperingatkannya agar tidak melindungi Joong Won.


Hye Kyung sedang berpikir di ruangannya, dia teringat pengakuan Joong Won yang mengaku kalau dia tak pernah menyuap untuk memenangkan sebuah perkara. Hye Kyung kemudian menyambungkan dengan pemberitahuan Kim Dan yang berkata kalau sepertinya kejaksaan tidak punya bukti kuat atas tuduhannya terhadap Joong Won. Kim Dan juga menyuruh Hye Kyung untuk bertanya langsung pada Joong Won secara detailnya tentang apa yang dia perintahkan pada Kim Dan, karena Kim Dan tak punya wewenang untuk memberitahunya. Hye Kyung lalu teringat ketika dia bertemu dengan Jaksa Choi di lapangan bisbol.



Setelah memikirkan semuanya, Hye Kyung kemudian menelpon seseorang dan mengajaknya ketemuan. Ternyata dia ketemuan dengan Jaksa Choi. Untuk menyelamatkan Joong Won dan mencari tahu tentang Joong Won, Hye KYung pun memutuskan untuk membuat kesepakatan kerja sama dengan Jaksa Choi. Jaksa Choi sendiri mau membantu karena Tae Joon akan dalam kesulitan kalau dia gagal dalam kasus Joong Won. 

Hal yang ingin Hye Kyung minta dari Jaksa Choi adalah informasi mengenai hakim dan sidang mana yang Tae Joon incar. 



Kim Dan dan Joon Ho kembali ketemuan dan Joon Ho memberikan  nama hakim yang sedang Tae Joon incar. Saat memberikan nama hakimnya, Joon Ho berkata kalau dia tak bisa lagi membantu Kim Dan setelah ini dan Kim Dan mengerti. Joon Ho pergi dan Kim Dan langsung menelpon Joong Won, kalau hakim yang Tae Joon incar adalah hakim Moon Young Jin dalam kasus rabat pajak. 



Hye Kyung pulang dan Ji Hoon menyambutnya. Ji Hoon kemudian bertanya tentang Joong Won, apakah dia benar-benar menyuap hakim? karena Ji Hoon melihat beritanya di TV. Karena Ji Hoon tahu kalau jaksa yang menangani kasus itu adalah Tae Joon, jadi Hye Kyung pun memberitahunya kalau Tae Joon memang selalu menganggap benar apa yang dia yakini dan Hye Kyung sekarang sedang berusaha meluruskan kesalahpahamannya. Ji Hoon pun berharap agar ibunya menang. 


Myung Hee kembali ke kantor dan masuk ke ruangan Joong Won yang  kosong. Di dalam kotak barang-barang Joong Won, Myung Hee menemukan bola baseball kesayangan Joong Won, karena pada bola itu terdapat beberapa tanda tangan anggota timnya.  



Paginya, Myung Hee ingin tahu rencana Hye Kyung dalam membela Joong Won, karena Myung Hee sudah memutuskan untuk terlibat dalam kasus Joong Won. Dia ingin membela Joong Won sebagai presdir firma yang melindungi pegawainya. Hye Kyung setuju dan dia nanti akan mengajak Myung Hee menemui saksi untuk kasus tersebut.



Hye Kyung menemui Pengacara Lee dan ternyata pengacara Lee adalah saksi untuk persidangan Joong Won. Dia adaah saksi yang di tunjuk oleh pihak kejaksaan. Walaupun Pengacara Lee berkata kalau dia bisa menjaga dirinya sendiri, Hye Kyung tetap memaksanya ikut dalam rapat. Tentu saja itu rapat untuk menyiapkan sidang Joong Won. 


Dalam rapat, Joong Won berkata kalau Tae Joon akan membahas kasus rabat pajak dimana saat itu Hakim Moon Young Jin yang jadi hakimnya. Pada saat itu, firma mendapat 3 juta dolar karena berhasil memenangkan kasus. 

Mendengar itu, Hye Kyung teringat pada pertemuannya dengan Jaksa Choi dan saat Hye Kyung tanya, Jaksa Choi juga mengatakan hal yang sama kalau Tae Joon sedang menyelidiki hakim Moon Young Jin untuk kasus rabat pajak. Pada saat itu, firma dibayar 2 juta dolar, namun Joong Won meminjamkan uangnya sebesar 5. 000 dolar pada sang hakim dan sampai sekarang sang hakim belum mengembalikannya. Joong Won menambahkan kalau firma hukum mereka kemudian menangani kasus perceraian si hakim dan mereka memberikan biaya lebih murah padanya. 

Mendengar itu, Pengacara Lee pun akhirnya tahu kenapa dia dijadikan saksi dalam persidangan. Semua itu karena pengacara Lee lah yang menangani kasus perceraian si hakim. 

"Ada transaksi keuangan dan kita menerima kasusnya. Hubunganmu dengannya tidak biasa," ucap Myung Hee.


"Kupikir itu akan membantuku. Memiliki hubungan dengan hakim tidak mudah. Hanya itu. Moon Young Jin sudah lama berhenti dari tim bisbol," jelas Joong Won. Selesai rapat, Hye Kyung mengajak Joong Won bicara.



Mereka kemudian bicara di ruangan Hye Kyung. Dia memberitahu Joong Won kalau semalam dia menemui Jaksa Choi untuk menanyakan kasus Joong Won. Untuk sekali lagi, Hye Kyung bertanya apa Joong Won menyuap? di beri pertanyaan seperti itu, Joong Won balik bertanya, dia bertanya apa Hye Kyung tidak percaya padanya. Hye Kyung mengaku kalau dia terus memikirkan hal tersebut, jadi dia meminta Joong Won untuk jujur padanya. Namun Joong Won masih tetap berkata kalau dia tidak bersalah.

"Hukum yang kita hadapi ambigu. Sering kali, bukan hitam atau putih. Kita harus membedakannya. Hukum itu tidak jelas, tapi hubungan lebih tidak jelas. Kurasa kamu bukan pengacara yang menyuap orang lain. Karena hukum memiliki celah, kadang kita terpaksa melihat sesuatu dengan cara tertentu. Ceritakanlah apa pun karena aku memahamimu," pinta Hye Kyung dan Joong Won terlihat hendak menjawab permintaan Hye Kyung.



Namun sebelum Joong Won menjawab, kita langsung dialihkan pada Hye Kyung dan Joong Won yang baru sampai di depan gedung pengadilan. Karena itu adalah kasus yang menarik perhatian, dimana Tae Joon menggugat pimpinan firma dimana Hye Kyung bekerja, jadi banyak para reporter yang sudah menunggu mereka dan disaat mereka keluar mobil, mereka pun langsung di serbu oleh reporter dengan beberapa pertanyaan mengenai persidangan. Pada para reporter, Hye Kyung mengatakan kalau Joong Won tidak pernah menyuap, selain itu hakim Moon Young Jin juga bilang kalau dia tidak pernah menerima suap. Hye Kyung menyimpulkan kalau jaksa sudah salah paham pada Joong Won. 

Seorang reporter bertanya apa benar ada bukti transaksi antara Joong Won dan Hakim Moon. Mendapat pertanyaan itu Hye Kyung tak langsung menjawab, dia menoleh ke arah Joong Won dan Joong Won hanya menganggukkan kepalanya.



Flashback!
Saat rapat, Hye Kyung berkata kalau Joong Won harus mengakui kalau ada transaksi uang antara Joong Won dan hakim Moon. Karena jumlahnya keci Joong Won hanya akan di hukum oleh komite disiplin meskipun mereka menang. Joong Won mengaku salah dan dia mempercayakan semuanya pada Hye Kyung. 
Flashback End!

Hye Kyung memberitahu para reporter kalau memang ada transaksi keuangan dalam tim namun jumlahnya kecil, jadi tidak ada kompensasinya. Saat ditanya bagaimana rasanya menghadapi suami sendiri di persidangan, Hye Kyung memutuskan pergi dan tak menjawabnya.
Bersambung


No comments :

Post a Comment