March 3, 2015

Mengintip Pikiran Song Ji Na, Sang Pencipta Healer (2)


Seneng baca pikiran Song Ji Na yang ini. Dia menganggap karakter-karakternya hidup, bukan hanya sekedar nama di script aja. Di bagian 2 ini, yang ia bicarakan sudah bukan aktor dan aktrisnya, tapi karakter itu sendiri. Dan ia sepertinya masih sering 'ngobrol' dengan mereka.

Song Ji Na-ssi... titip salam yang buat Jung Hoo, yaa...

credit : ruizao @soompi



Q: Apakah Anda punya pikiran untuk membuat Healer 2?

A: Saat ini tak ada bahkan dalam impian saya sekalipun. Energi saya benar-benar terkuras. Bahkan main video game pun terasa sulit bagi saya (terisak)

Q: Apakah Jung Hoo membawa abu Guru ke Pasifik Selatan?

A: Jika akhir dramanya ternyata melompat ke 1 tahun berlalu seperti yang direncanakan, tentu ia akan melakukan perjalanan itu. Bersama kekasihnya yang mendampinginya. Jung Hoo mungkin tak bisa berkata banyak, tpi wanita di sampingnya akan bicara nonstop sambil mereka menaburkan abunya.


Q: Ketika Detektif Yoon bertanya pada Min Ja apakah Healer baik bagi dunia ini, Min Ja tak menjawab. Saya ingin tahu pikiran Anda an pikiran Min Ja akan itu.

A: Saya rasa hal itu seharusnya dijawab oleh penonton Healer. Sekarang setelah kalian menonton 20 episode, apakah Jung Hoo baik untuk dunia ini atau tidak? Yang saya pikirkan adalah yang kalian pikirkan.


Q: Ada banyak adegan Jung Hoo dan Young Shin berpegangan tangan. Apakah Anda memiliki alasan khusus untuk itu? Dari pengalaman pribadi?

A: Dengan tak melupakan karya Micheangelo – The Creation of Adam atau kontak antara alien dan makhluk bumi di ET… Ya, saya suka berpegangan tangan. Kontak itu, hubungan itu, kehangatan yang menyebar dari tangan.. hal-hal seperti itu.

Myung Hee selalu mengulurkan kedua tangannya untuk memegang tangan orang lain. Saya rasa saya merindukan sentuhan itu lebih dan lebih seiring dengan dunia maya yang mengambil alih dunia nyata akhir-akhir ini.

Coba pikirkan. Datang masa ketika android menguasai (walaupun rasanya sekarang 20%dari orang yang sekarang aktif adalah android), kamu tak akan mampu membedakan hanya dari mendengarkan orang bicara, apakah mereka benar-benar manusia atauka mereka benar-benar berkata pada kita.

Harapan saya adalah dengan berpegangan tangan akan membantumu di sana.. Saya tak tahu apa yang sedang saya bicarakan.

Q: Apa yang menyembuhkan Anda saat Anda melalui masa-masa sulit?

A: Keluarga!

Q: Ketika Anda pertama kali menulis Healer, Saya mengira kalau ada sebuah adegan yang ada di pikiran Anda, sebuah adegan yang paling ingin Anda tulis. Kalau tidak, adegan mana yang meninggapkan kesan mendalam setelah Anda menulis Healer?


A: Adegan yang ingin saya tulis sebelum saya mulai menulis? .. memukuli Presiden Hwang Jae Gook? LOL. Saya ingin menulis hal-hal seperti itu setiap hari, tapi saya rasa saya akan diaporkan karena menulis  drama yang berbau kekerasan.

Adegan kissing di atap di ending episode 8?


Si pria akhirnya memecahkan cangkangnya dan si wanita menerima pria itu apa adanya tanpa melihat statusnya.

(Terdengar lebih baik daripada yang sebenarnya.. Mulanya saya tak begitu yakin bagaimana menggambarkan perasaan itu , dan saya merasa senang karena sedikit banyak bisa menggambarkan adegan ciuman di episode 8)


Adegan yang membawa kesan mendalam setelah penulisan selesai.. adalah apa yang terjadi di akhir episode 19.. keempatnya menaiki escalator. Tak melihat dari generasi mana mereka itu, mereka berdiri berdampingan  untuk melakukan misi yang sama.

Q: Saya ingin tahu lebih tentang bagaimana drama ini tercipta – episode apapun atau ide-ide yang muncul saat Anda berdiskusi dengan asisten Anda.

A: Pada mulanya, semua itu adalah fragmen-fragmen. Berbagai gambar.. episode.. kami hanya terus bicara. Kemudian para asisten menuliskan dan mengturnya. Setelah itu kami membicarakan hal itu lebih dalam lagi. Seperti mencocokkan bagian-bagian puzzle dari cerita.

Setelah casting selesai dilakukan, dibuatlah karakter-karakter yang pas dengan para aktor, kemudian kami mengikuti  pencitraan.


Contohnya, banyak hal yang berubah setelah Yoo Ji Tae menerima peran Moon Ho. Mulanya ada sedikit cinta segitiga antara Moon Ho, Jung Hood an Young Shin. Tapi kami memutuskan kalau Moon Ho yang digambarkan oleh Yoo Ji Tae cukup tanpa hal itu. (Menanggap pertanyaan yang sama, ia menambahkan) Yoo Ji Tae bisa menggambarkan Paman yang cukup untuk mencintai dan menjaga mereka tanpa perasaan itu.

Q: Apakah Anda mulanya merencanakan sad ending? Jika iya, di episode mana Anda mengubahnya menjadi happy ending?

A: Dari mula memang akan happy ending. Saat Ji Chang Wook datang ke studio untuk pertama kalinya, saat menjelaskan tentang karakternya, saya jelaskan padanya bagaimana endingnya. Kami hanya tetap ada di jalur itu. Satu kematian dan sebuah awal yang baru. Hanya.. pada saatitu saya mengulur wakut untuk mendapatkan ending yang layak. Pikiran saya pertama kali adalah Jung Hoo memalsukan kematiannya dalam tabrakan pesawat terbang. Sorry, Jung Hoo.

Q: Apa yang terjadi pada Kim Moon Shik dan Sekretaris Oh setelah mereka kehilangan pimpinan mereka, Tetua?



A: Kim Moon Shik masuk ke rumah sakit jiwa dan Myung Hee mengunjunginya sekali seminggu. Moon Ho kadang mengunjunginya sekali dalam sebulan

Sekretaris Oh masih tetap bekerja pada petani-petani itu. Eww.. Saya benci itu.

Q: Kelihatannya Jung Hoo berhenti menjadi Heaer untuk menjadi reporter, apa yang dilakukan Min Ja? Apakah Anda akan mempertimbangkan terjadinya kisah cinta antara Min Ja danDetektif Yoon jika ada episode lebih banyak lagi?

A: Jung Hoo bukanlah reporter biasa, tapi paruh waktu yang spesialis dalam menggali berita, jadi ia akantetap bekerja untuk Min Ja. Saya pikir ia tak akan menghasilkan uang seperti dulu.. tapi Min Ja mungkin berpikir lain.


Sedangkan kisah cinta dengan Detektif Yoon… Selamat berjuang, deh Detektif Yoon!

Q: Apakah Anda memiliki maksud simbolis dalam membuat karakter namanya? Contohnya, Saya pikir Myung Hee artinya adalah sebuah sinar hangat di jaman ini dan demokrasi, MoonShik untuk untuk topeng kapitaisme yang memakan media dan Moon Ho untuk melindung media yang tak menyerah dalam kekuasaan uang. Sayajuga bertanya-tanya bagaimana Jung Hoo dan Dae Young bertemu dan bagaimana Dae Young dan orang delivery bisa bekerja untuk Jung Hoo.

A: Saya juga melihat kamus sebagai referensi untuk arti dari beberapa karakter. Saya sangat terkejut. (untuk menjawab pertanyaan yang serupa) Satu atau dua dari arti-arti itu memang dimaksudkan seperti itu, tapi sisanya diputuskan oleh kesan umum dari karakter-karakter itu.

Dae Young adalah satu-satunya orang yang bekerja untuk Jung Hoo, tapi ia punya banyak teman, jadi akhirnya orang-orang delivery itu banyak membantunya. Mulanya, saya merencanakan akan sering memperlihatkan orang-orang delivery itu untuk menghabiskan waktu termasuk adegan yang biasa mereka lakukan di waktu luang, tapi karena adanya hambatan untuk adegan action (waktu dan uang), sayang sekali kami tak dapat mengoptimalkan mereka.


Q: Moon Shik sepertinya kehilangan segalanya setelah Myung Hee pergi. Mengapa ia pikir ia adalah Gi Ahn saat ia mabuk? Apakah ia ingin menjadi Gil Ahn karena kecemburuannya atau keinginannya akan kasih sayang Myung Hee? Atau karena perasaan bersalahnya pada insiden itu yang membuatnya menolak diri sendiri? Jika seperti itu, bisa saja ia menjadi Joon  Seok, tapi kenapa secara spesifik adalah Gil Ahn?

A: Moon Shik tak akan pernah melupakan Gil Ahn. Satu-satunya orang yang Myung Hee cintai. Seseorang yang tak melakukan satupun kejahatan. Kecemburuan, kebencian, dan rasa bersalah. Saya pikir untuk menyingkirkan semua itu adalah menjadi Gil Ahn itu sendiri.

Q: Dapatkah Anda memberi saran untuk orang-orang yang bercita-cita menjadi penulis?

A: Saran pertama : jangan menjadi penulis! Saran kedua : Sering amati orang-orang . Ada banyak yang bercita-cita menjadi penulis yang hanya menonton banyak drama. Saya harap mereka mengamati orang-orang… Mendengarkan apa yang orang-orang katakan dan pikirkan tentang alasan mereka berakting seperti itu.. Saya rasa begituah caramu untuk melatih dirimu untuk menjadi penulis.

Membaca buku sangat membantu untuk mencari tahu apa yang orang-orang pikirkan. Buku yang bagus selalu berisi apa yang orang-orang pikirkan.

Berpikir. Kita menghabiskan banyak waktu tanpa berpikir. Sedangkan penulis pada khususnya, harus banyak berpikir.

 .. itu adalah saran dari seorang penulis yang tak banyak berpikir.



Q: Bagaimana Young Shin tahu tentang Healer bahkan sebelum ia bertemu dengannya?

A: Sepertinya, reputasi Heaer pasti telah menyebar secara rahasia. Dengan cara itu ia mendapatkan klien yang menyewa jasanya.

Ada orang yang dipanggil Healer, yang hanya mau mengurusi informasi kelas atas dan benar-benar muahal.. Sepertinya, ia adalah makelar informasi yang spesia yang ada di dunia politik dan bisnis.. Ia tak hanya menerima pekerjaan karena uang.

Jika ada rumor seperti ini, apa reporter tak mau bertemu dengannya?


Q: Bagaimana mungkin orang percaya begitu saja bahwa orang yang mati itu adaah seseorang dengan nama, wajah dan tubuh yang berbeda (Park Bong Soo) padahal banyak anak buah Tetua yang tahu kalau yang mati adalah Jung Hoo?

A: Ini adalah bagian yang menarik. Sekarang ini ada dua macam orang yang tahu tentang Jung Hoo. Orang yang hanya mengenal dari gambar atau poster buronan. Kita bisa menangani hal itu dengan menganggap Min Ja menghapus file video dan mengganti foto.

Ada pula orang yang benar-benar melihat Jung Hoo.. adalah mereka yang Jung Hoo harus hindari saat bekerja menjadi pekerja paruh waktu. Itulah alasan Jung Hoo bekerja sebagai freelancer dan bukannya reporter biasa yang bekerja di kantor. Bagaimana ia bisa menghindar jika ia berpapasan dengan orang yang mengenal wajahnya.. mungkin ia akan menjawab dengan wajah datar, “Saya sering mendengarnya. Kalau saya mirip sekali dengan seseorang.” .. itu akan benar-benar menegangkan.


Q: Adegan dimana Myung Hee berkata dengan mata berkaca-kaca, “Kau ada dimana, Min Joo (demokrasi)? Aku di sini.” Membuat saya menangis. Apakah Anda memiliki maksud khusus dalam adegan ini?

A: Saya juga menyukai bagian itu. Saya pikir akan sangat bagus jika ia juga tersenyum. Min Joo juga sedikit banyak melambangkan Young Shin, sehingga itu dapat berarti kalau Myung Hee tahu siapa Young Shin sebenarnya (walau saya tahu ini adalah kelemahan yang saya miliki untuk memiliki banyak hal hanya saya yang tahu).

Atau hal itu juga berarti kalau Min Joo ada di sini, ia tak pergi kemana=mana, tapi  hal itu telah kita abaikan selama ini…


Q: Timur atau Barat?

A: Insting untuk selalu lurus. Tak ada konflik! Selalu yang pertama!

(Jika Young Shin bertanya, barat atau timur, Jung Hoo selalu menjawab Barat!

Q: Apa maksud Min Ja selalu merajut?

A: Min Ja seharusnya menyumbang ke rumah sakit anak-anak. Jadi dia merajut untuk diberikan pada pasien di sana atau anak yatim. Juga, saat ia tak sedang bekerja dengan Jung Hoo, tak ada yang bisa ia kerjakan. Hanya bengong di ruangan itu jika ia tak merajut. Jadi merajut adalah caranya untuk membunuh waktu.


Q: Menuju akhir episode 20, Young Shin memakai kacamata saat ia menyetir. Saya pikir itu bukan untuk matanya yang minus. Apakah ada alasan khusus?

A: Ah... haha. Itu adalah kacamata Healer. Dan itu berarti butuh waktu untuk membuat CG, tapi karena kita tak punya waktu, saya tak mengatakan apapun di dalam naskah. Hanya menyuruhnya memakai kacamata.

Q: Saat Ki Young Jae pergi ke rumah sakit dimana Myung Hee dirawat, Kim Moon Shik mencoba menjelaskan alasannya. Jika Young Jae mendengarkan alasan itu, apa yang akan terjadi? Ketika Kim Moon Shik dibawa ke Tetua, hal itu mungkin adalah satu-satunya cara yang ia miliki untuk menyelamatkan Myung Hee yang ia cintai, kan? Jika Kim Moon Shik memilih untuk melawan Tetua, apakah Myung Hee akan selamat?

A: Alasan Kim Moon Shik adalah serangkaian kebohongan yang ia sendiri tak bisa terima. Jika Kim Moon Shik melawan Tetua, Myung Hee mungkin mati. Daripada hidup seperti mayat hidup puluhan tahu. Saya tak tahu mana yang Myung Hee lebih sukai.

Hari ini kita tinggal di rumah yang memiliki cukup pemanas, dengan baju tanpa kelaparan, tapi apakah kita akan menjadi lebih bahagia secara proporsional dengan ukuran rumah kita?


Q: Hidup seperti apa yang dimiliki oleh Myung Hee sekarang?

A: Ia bekerja sebagai Editor di Someday. Ia mengunjungi Moon Shik sekali dalam seminggu.


Q: Apakah Jung Hoo tetap tinggal di tempatnya itu atau ia membangun sarang bulan madunya di tempat lain?

A: Saya memilih dia masih tinggal di tempatnya! Tapi dengan sistem pemanas lebih baik! Bulan madu.. LOL… Saya akan meneleponnya dan bertanya, apakah kalian pergi berbulan madu?


Q: Mencerminkan orang seperti apa Sekretaris Oh di masyarakat kita sekarang ini?

A: Saya rasa ada banyak orang seperti itu sekarang. Di kantor kejaksaan.. di DPR.. Orang-orang yang tak memiliki opini sendiri dan hanya menjadi mesin voting atau seekor anjing.. orang yang tak memiliki rasa bersalah. Karakter Sekretaris Oh dibuat untuk melambangkan orang-orang itu. Karena itu.. ia sangatlah sulit untuk disingkirkan.

Komentar :

Done.. no komen.. silahkan membayangkan sendiri-sendiri.. Episode 15 boleh kok di-rerun lagi..

Maaf kalau banyak keterlambatan.. Thank you untuk komentar-komentarnya.. kalau nggak karena itu, mungkin episode 20 nggak akan keposting-posting. hehehe.. entah kenapa kebiasaan saya untuk memposting episode terakhir (sejak My Princess, lho..)itu lebih lambat dari biasanya. hehe..Padahal biasanya juga udah lambat..

Pas saya ngomongin kebiasaan saya ini ke Sha, dia ngomong gini ke saya, "Maunya aku ya ngomongin gitu, takut salah.. eh ternyata emang bener. wkwkw.. ya mau diapain lagi?"

Hahaha.. maaf ya semuanya.. See you on the next drama. 

13 comments :

  1. hehehe..suka..aq sukaaaaaaaa
    epsd 15 yg paling serin di rerun.. makasi mba deee

    ReplyDelete
  2. mm syukur kl moon shik bener masuk rsj sesuai harapanku menebus dosa di rsj...
    "bulan madu..lol saya akan menelpon'y dan bertanya...apakh kalian pergi berbulan madu..." kgkgggg bikin yg bc senyum" ngebayangin healer couple hehhh...tak tau kapan kita bs melihat healer couple kerja brg lg...bye bye Healer

    ReplyDelete
  3. Hahaha.... Mbak Dee ini y, Suruh na rerun episode 15 ? Itukan di awal episode, serasa dunia hanya milik jung hoo young shin, dan yg laine ngontrak mungkin y :hehehe

    memang benar seh tokoh tetua maupun sekretaris oh, itu memang sulit dilenyapkan dari dunia ini....
    *sigh.... dasar kunyuk kampret mereka itu y :))))

    *Eh coba artikel ini ada part 3 y ^^

    ReplyDelete
  4. Saya penasaran dan benar benar bertanya karena tidak tahu?
    Apakah bak Dee adalah singkatan dari Dira...
    Dan saya penasaran ...SHA...yt sering nulis di blognya bak dee...apakah teman atau adik yah?????
    Benar2 membuat saya.penasaran...meski akhir2 ini saya mulai bisa membedakan postingan bak dee atau sha...
    Mgkn mmg mengisi blog yg sama...tp kalo bak Dee itu yah bak deee banget..kalo sha itu....yah Sha.banget...
    Gumapshimnida yah bak dee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... masa sih aku sama sha orang yang beda? :p
      ngga ding.. bener kok.. kita orang yang beda.. cuman kami memiliki sedikit kesamaan. :p

      tapi thank you karena penasaran.. kan itu berarti peduli ya.. hehe :))

      Delete
    2. Yah yah yah...sakalangkong benynyak (istilah trimakasih banyak:bhs madura)
      Cos bak Dee mau bales komen saya..
      Jelas beda orang yah bak Dee.soalnya Sha suka.bilang kalo posting Mbak Dee mbak Dee...gitu..
      Peduli..pasti dongk.kan bak Dee.sudah berbaik hati membuat tulisan dan bacaan gratis buat kita....hehee...jadi salam with saranghae...from Madura....^__^

      Delete
  5. aih, jadi ikutan suka sama song ji na kalo begini
    karena saya juga suka sama adegan itu: Ngena banget soalnya waktu mereka berempat yang cuma bisa ngomong lewat Bluetooth berjejer satu sama lain, waktu healer ngekiss young shin tanpa memperlihatkan wajahnya aaaaaaaa
    dan untuk memukuli presiden hwang, apa terkait kesemenaannya pada wanita ya? saya pun gatel banget ngeliat orang kayak gitu cuma ditakut-takutin healer LOL
    ohya, swnim keliatan realistis banget melihat kondisi sekarang, dia tampak rindu dengan beberapa hal yang berbeda dari yang dulu. Judulnya aja healer. Yang kalo disambungin sama healer versi song ji na berarti (drama ini tentang) keluarga ya? ^^
    tapi kalo pegangan tangan, kok di sini kayaknya lebih banyak yang suka gitu daripada cuma main android.an aja haha apa di korea memang terlalu dingin (baca: cool)?
    Btw healer si kurir ciamik dengan IT seperti ini bisa ada mungkin juga karena masa android ya? :P
    Dan betapa manisnya swnim membuat karakter yang pas dengan para actor sehingga Moon ho dan karakter lain bisa begitu menyentuh saya hingga saat ini >.<
    Seolah bukan hanya actor yang mendalami perannya, swnim pun turut mendalami para aktornya hihihi
    MAKASIH BANYAK SWNIM buat saran penulisnya!!! ya ampun saya sampe kehilangan kata nyambungin komen satu ke komen yang lainnya. Gemes bangettttt mau komenin semuanya. (pertanyaannya dahsyat tuh, mampu menggali jawaban swnim yang keren. Are you reporter moon ho? Or young shin?) Emang deh antara penulis dan penulis biasa itu beda, contohnya ya yang ngetik ini yang masih jadi penulis komentar, catatan, tugas, dan buku harian. Yang diperhatikan memang orang-orang, tapi mikirnya cuma kalo ada pancingan. Pancingan kalo ada yang diskusi, ada berita, atau bahkan pancingan sinopsis dan artikel. Kalau mikirnya sudah sampai ke orang-orang dan isi kepalanya, sepertinya nggak bakal berhenti menjadi penulis biasa saja, karena ia punya lebih banyak pemikiran: pemikirannya sendiri dan orang lain :) Cara ngomongnya swnim bikin saya gampang ngerti ^^
    The last seperti kata mbak dee, membaca interview song ji na ini semakin membuat cerita healer terasa belum berakhir. Karakter mereka begitu hidup hingga bebas sekali mengarang cerita mereka semua. Pantaslah jika jung hoo alias ji chang wook masih sering membincangkan mengenai drama ini dengan para kru. Menyenangkan, meski yah dramanya emang kurang banget dibandingin imajinasi song ji na :D
    Kenapa ga diperpanjang sih biar lengkap sekalian? Its about money?
    #ckckck terakhir komen panjang gini ngomenin sinopnya mbak fanny (moon sun deh kayaknya), ga nyangka komen interviewnya song ji na sepanjang ini -.-
    maaf, mbak dee dan semuanya...

    ReplyDelete
  6. sha said,
    itu kayaknya bukan "entah kenapa" (kebiasaan saya untuk memposting episode terakhir, lebih lambat dari biasanya) deh,
    seinget saya, mbak dee soalnya pernah nyebut kalo rasanya susah ngelepas (episode terakhir)...
    makanya saya bilang, "maunya juga ngomong gitu (buat mbales reader yang nanyain mbak dee 'where are you going'), tapi takut salah. Eh ga nyangka emang bener itu alasannya. Yah mau gimana lagi (toh bukan mbak dee aja yang ngerasain itu^^")..."

    ReplyDelete
  7. waaa baca ini n denger ostnya di blog ini makin bikin saya gagal move on dr healer...
    btw saya baru tau cara kerjanya scriptwriter gitu, jadi awalnya justru dr fragmen2 cerita saja ya, yg kemudian diatur susunannya dan digabung2kan menjadi satu script kisah utuh

    ReplyDelete
  8. finally. baca postingan ini aku puas sama endingnya. tadinya sempet kesel. kentang banget endingnya kaya gitu. gak dijelasin itu para penjahat nasibnya gimana :|

    tapi thank you mbak dee :-* berkat mbak dee aku jd lega.. hahaha

    ReplyDelete
  9. ketika drama tidak hanya sekedar drama,,,

    love this drama mb Dee, terimakasih sudah merecap.

    saya jatuh cinta untuk kesekian kalinya sama Healer atau dek JCW, walo saya tua cuma 8bln, hahaha
    lama-lama kl saya ulang tiap episode antara PMY sama JCW mereka ada kemiripan, curiga mereka jodoh. #abaikan

    Terimaksih mb De untuk semuanya, dan terimakasih udah di kasih kesempatan menjadi pembaca blog ini selain blognya Mb Fany.

    Saranghae,,, Gomabgu,,, ^^v

    ReplyDelete
  10. Permisiiii, baru berani comment, emang tokoh utamanya pernah main film bareng di film sebelumnya ya? Salam kenal

    ReplyDelete
  11. Enter your comment...
    Finally mistery terpecahkan!! hahaha.. dari awal cuma nebak2 terus, kirain pas eps akhir ntar kebuka semua. eh masih harus menerka lagi maksud endingnya. Tapi abis baca artikel ini akhirnya mistery Jung Hoo, Moon Sik, sama Tetua terpecahkan..
    Daebakkk!!!

    ReplyDelete