January 12, 2015

Healer Episode 1 - 5

Sinopsis Healer Episode 2

Hai.. selamat tahun baru. 

Maaf, saya baru muncul sekarang. Maaf juga kalau Cantabile Tomorrow tak bisa saya selesaikan. Elok.. maaf yaa.. bukan Elok yang salah, tapi aku. 

Lama sekali saya nggak membuka kutudrama, apalagi mengikuti drama korea. Saya tak bisa memberi alasan apapun, hanya permintaan maaf sebesar-besarnya yang hanya bisa saya sampaikan. Untuk Sha, terima kasih telah menempati rumah ini walau saya selalu tinggal pergi. 

Awal tahun ini saya iseng membuka dramabeans, dan tertarik pada sebuah cerita. Healer. Ada Park Min Young, salah satu aktris favorit saya, ada Ji Chang Wook yang saya tak merasa ilfil, ada Yoo Ji Tae yang hmm.. suka dengannya sejak ia main dengan Choi Ji Woo. Dan penulis naskahnya pun adalah Song Ji Na yang menulis Story of a Man. 

Jadi saya pikir Healer adalah drama pertama yang saya tulis untuk memulai tahun ini. 


Pengenalan Karakter  Healer :


Kim Moon Ho (Yoo Ji Tae) adalah jurnalis senior yang terkenal karena lugas dan terpercaya. Adik dari pemilik kantor berita besar di Korea, Kim Moon Shik. Kaya dari penghasilan selain gaji jurnalis, investasi saham, investasi property dan yang lainnya. Tujuan hidupnya adalah melewati hari demi hari dan menemukan anak itu. Ia merasa memiliki sebuah dosa yaitu diam.


Chae Young Shin (Park Min Young). Selalu menyanyi saat merasa galau, sedih atau cemas. Ia tinggal bersama ayah angkatnya, seorang pengacara merangkap pemilik kafe, yang mengadopsinya saat berumur 8 tahun. Ibu angkatnya telah meninggal beberapa tahun yang lalu. Walau ceria dan bersemangat, tapi ia tak bisa melihat kekerasan akibat trauma saat sebelum ia diadopsi. Ia akan sesak nafas dan lemas. Ia masih ingin mencari orang tua aslinya, ingin bertanya mengapa mereka membuangnya.

Namun cita-cita utamanya adalah menjadi jurnalis seperti Kim Moon Ho. Tapi apa daya, pendidikannya pas-pasan dan ia selalu gagal tes masuk kantor berita yang besar.  Sekarang ia bekerja sebagai reporter majalah entertainment online., Someday News. Kerjanya sehari-hari adalah berburu gosip dan mencari buktinya. Keponya pake banget.

Saking keponya, saat mendengar seorang pria yang marah-marah di parkiran mobil karena pekerjaannya digagalkan oleh Healer, pesaing yang identitasnya tak pernah ketahuan, Young Shin jadi penasaran dan langsung menculik foto buram Healer yang dilempar pria itu ke belakang mobilnya.

Ia penasaran, seperti apa sih Healer itu?


Healer adalah Seo Jung Ho, kurir terbaik di bidangnya. Mampu mengambil barang yang dipesan, dengan cara apapun. Banyak pelanggan suka dengan servisnya karena selain selalu berhasil, mereka tak perlu menyebutkan jati diri mereka. Healer tak peduli siapa yang memesan jasanya, asal bayarannya cocok.  Jung Ho mampu menghilang dari CCTV dan bergerak cepat seperti Do Min Joon.

Alien? Bukan. Berkat latihan sejak remaja, ia bisa merayap, lari dan melompati gedung-gedung seperti manusia super. (Note : ada memang keahlian seperti itu, namanya Parkour).


Selain itu Jung Ho juga memiliki bos, Ahjumma Min Ja, yang pintar meng-hacking semua elektronik yang terhubung dengan satelit dan internet. Apapun bisa dihacking oleh Ahjumma Min Ja. Dari CCTV selalu berubah saat ia lewat, mengendalikan kereta ataupun mobil pun bisa. Memata-matai jauh lebih mudah dengan bantuan Ahjumma Min Ja.

Dan jangan lupa, Jung Ho juga memiliki beberapa gadget dengan tekhnologi mutakhir, sejenis Galaxy Glass, Galaxy watch, dll yang membantunya menyelesaikan pekerjaannya. Tak heran kalau Kim Moon Ho yang sebelumnya memakai jasa Double S (perusahaan yang bosnya adalah pria yang ngamuk dengan membawa foto Healer di parkiran) memakai jasa Healer untuk mencari seorang gadis.

Cita-citanya adalah membeli sebuah pulau tak berpenghuni di kawasan tropis. Hingga sekarang kemampuan belinya sudah mencapai 64%.



Malam itu, Jung Ho mendapat tugas dari Ahjumma Min Ja untuk mengambil dokumen dari orang yang bernama Go Sung Chul di stasiun. Menurut Ahjumma Min Ja, pekerjaannya sangat sederhana. Go Sung Chul akan turun dari kereta dan akan menyerahkan dokumen tersebut pada Jung Ho. Kemudian Jung Ho akan menyerahkan dokumen itu pada pelanggan mereka. Pekerjaan selesai.

Tapi rupanya yang ingin mengambil dokumen itu tak hanya dirinya, tapi juga Double S (atas suruhan Kim Moon Ho) juga mengincar dokumen tersebut. Namun ia berhasil mengalahkan para agen Double S dan mengambil dokumen tersebut setelah mengantarkan Go Sung Chul ke tempat yang aman. Masih ingat bos marah-marah di parkiran, yang foto Healer miliknya diambil Young Shin diam-diam? Itu bosnya Double S.


Tugas berikutnya adalah mengambil sampel bagian tubuh (untuk tes DNA) seorang gadis dengan ciri-ciri tertentu dan ini kali keempat ia melakukannya. Tiga sampel sebelumnya tidak cocok. Target keempat adalah Young Shin.


Ia membuntuti Young Shin hingga naik bis dan mencoba mengambil sampel rambutnya. Tapi Young Shin, yang tumbuh bersama banyak napi bekas klien ayahnya, memiliki insting kalau ia dikuntit, menyulitkan Jung Ho untuk mengambil sampel. Ahjumma Min Ja menyarankan untuk mengambil tas Young Shin karena para gadis biasanya menyimpan sisir dan sikat gigi di tas.

Jung Ho berhasil mengambil tas Young Shin, tapi ternyata gadis itu cukup tomboy hingga tak menyimpan barang-barang girly seperti itu. Sialnya lagi, Young Shin yang menyadari kalau tasnya diambil, berhasil melacaknya dan masuk ke toilet pria untuk menangkapnya.

Ia tak menyangka kalau Young Shin berusaha melumpuhkannya dengan tendangan dan pukulan yang dengan mudah ia tepis. Jung Ho langsung memecahkan cermin agar Young Shin tak bisa melihat wajahnya dan meringkusnya. 

Young Shin gemetar ketakutan apalagi saat pencopet itu menumpahkan isi tasnya dan mengambil pemotong kuku. Ia memejamkan mata, ngeri, membayangkan apa yang akan dilakukan si pencopet dengan senjata itu.


Ternyata pencopet itu memotong kukunya dua kali dan berkata pelan, “Mulai sekarang, jangan mengikuti siapapun tanpa rasa takut, atau kau akan mati.”

Sampel kuku itu Jung Ho serahkan pada juniornya, Kang Dae Young (Tae Mi) untuk ditaruh di sebuah loker umum. Dan sampel itu sekarang berada di tangan Moon Ho yang kemudian menyuruh anak buahnya, Jong Soo, untuk mengantarkan ke laboratorium.

Hasilnya adalah 99,99% positif. Teman Moon Ho yang bekerja di lab mengatakan karena kedua sampel adalah wanita, maka hubungan keduanya dipastikan adalah ibu dan anak. 

Maka tugas berikutnya untuk Healer adalah mencari tahu apakah hidup Young Shin pernah diabaikan atau tidak, dan apa pekerjaannya. Dengan menyamar sebagai mahasiswa yang culun, ia mendapati kalau hubungan Young Shin dengan ayah angkatnya sangatlah dekat dan dari cara mereka menari dengan ajaib, terlihat kalau Young Shin tak pernah diabaikan.


Jung Ho juga membuntuti Young Shin yang sedang menguntit Lee Joon Bi di parkiran, pria yang gosipnya pacaran dengan seorang aktris. Ini adalah contoh pekerjaan Young Shin. 


Young Shin yang kepo-nya kumat, melihat seorang wanita di mobil yang dianiaya oleh pacarnya. Ia ingin membantu wanita itu, tapi tak berani ikut campur karena bodyguard yang ada di luar mobil menggelengkan kepala, memperingatkannya.

Saat mengikuti Lee Joon Bi masuk ke dalam apartemen, ia satu lift dengan wanita itu. Betapa paniknya ia saat tahu wanita itu naik hingga lantai teratas. Sedikit ragu, antara menguntit Lee Joon Bi atau mengikuti wanita itu, akhirnya ia naik ke lantai atas.

Dan ternyata dugaannya benar. Wanita itu sudah ada di pinggir gedung, ingin bunuh diri. Ia memohon agar wanita itu turun. Tapi wanita itu malah semakin maju, hingga akhirnya Young Shin mengaku kalau ia pernah berada di posisi wanita itu berdiri, saat ia berumur 7 tahun.



Ia ditelantarkan oleh orang tuanya dan ditemukan di pinggir bak sampah ketika umur 5 tahun. Pindah dari satu panti ke panti asuhan lain. Sempat diadopsi, ia malah sering dipukuli. Rasanya semuanya sakit hingga ia ingin mati saja. “Saat berumur 7 tahun, kupikir tak masalah jika aku bisa mati. Tapi jika kau bisa bertahan sedikit lebih lama, semuanya akan berlalu.”

Mendengar ucapan Young Shin, wanita itu menjadi ragu dan menerima uluran tangan Young Shin untuk turun. Mereka menangis, tak menyadari kalau ada Jung Hoo yang merekam semua melalui kacamatanya.


Moon Ho menonton rekaman itu dengan wajah galau. Ia memberi perintah berikutnya yang harus dilakukan oleh Healer, yaitu mencari tahu apa impian Young Shin.

Berdasarkan laporan polisi yang diretas Ahjumma, ada insiden baru yaitu Go Sung Chul –pria yang memberikan dokumen di kereta- tewas, terjatuh dari kereta. Secarik kertas berisi alamat email Healer berada di saku jasnya, membuat Healer menjadi tersangka pelaku pembunuhan. Apalagi Detektif Yoon Dong Won, polisi bagian cyber telah memburu Healer selama 5 tahun terakhir.


Maka Ahjumma pun memerintahkan Jung Ho untuk menarik diri dari kasus Young Shin dan bersembunyi untuk sementara waktu.


Tapi Jung Ho menolak perintah itu. Karena saat ia menyelinap masuk ke kamar Young Shin, ia menemukan  foto Young Shin, foto besar Kim Moon Ho dan foto buram Healer, tertempel di tembok. “Kau kan bertanya tentang impiannya.. Maka aku akan berada di sampingnya, untuk mencari tahu apa impiannya.”


Jung Ho benar-benar membuktikan ucapannya, berada di samping Young Shin, dengan menjadi anak baru di Someday News, bahkan menjadi junior Young Shin. Sebagai Jung Hoo? Tentu tidak. Ia menjadi Park Bong Soo, karyawan culun yang masuk ke Someday News karena berhasil memberi pemasukan iklan sebesar 300 ribu Won.


“Tidak seperti seseorang di sini yang bahkan tak bisa memberikan berita yang sederhana,” sindir Bos Young Shin.

Young Shin sedikit mengkeret. Masih ingat dengan Lee Joon Bi yang ia kuntit sampai di lift saja dan tak ia susul ke apartemen pacarnya karena ia malah membuntuti wanita yang ingin bunuh diri? Saat wanita itu, yang bernama Yeon Hee dibawa pulang ke rumah Young Shin, Lee Joon Bi tertangkap basah sedang mengunjungi apartemen pacarnya dan langsung menjadi berita yang menggemparkan Korea. Dan Someday News terlambat menangkap berita.

Tapi Young Shin berkilah kalau ia memiliki berita yang lebih menggemparkan. Yaitu tentang pemaksaan pelacuran terhadap salah satu artis. Bos Young Shin mencibir, tak mau mempublikasikan berita itu karena artis itu bukan artis terkenal dan tidak bunuh diri. Tak ada yang mau membaca berita seperti itu. Apalagi Young Shin membawa-bawa nama Kim Eui Chan, calon walikota Seoul sebagai pemakai.

Young Shin menawar dengan menyamarkan nama Kim Eui Chan dengan inisial K saja. Tapi bosnya tetap tak mau dan malah menjewer telinganya, menyuruhnya konsentrasi men-training anak baru di kantor mereka.


Seluruh pegawai Someday News makan malam bersama, minus Bong Soo a.k.a Jung Hoo. Di kesempatan itu, Young Shin terus mencoba menawarkan berita artis itu, Yeon Hee, tapi bosnya tetap tak mau, membuatnya menenggak bergelas-gelas soju.


Hasilnya jelas, Young Shin mabuk karena ia terus menerus bicara tentang dinosaurus. Salah satu rekannya yang ketiban pulung untuk mengantarkan Young Shin pulang, gembira melihat kedatangan Jung Hoo yang telat. Apalagi Jung Hoo menawarkan diri untuk mengantar Young Shin pulang.


Jung Hoo pun mengantarkan Young Shin pulang. Sesampainya di rumah Young Shin, ia diinterogasi oleh ayah Young Shin dan paman eks napi yang bekerja di café. Mereka juga ‘minta tolong’ Jung Hoo untuk :

1. Tak membiarkan Young Shin mabuk, karena kalau mabuk ia akan membuat kekacauan besar,
2. Tak membiarkan Young Shin untuk membuka kaleng karena Young Shin sering melukai tangannya sendiri,
3. Jangan sekalipun membiarkan Young Shin terlibat atau melihat kekerasan, karena saat Young Shin kecil ia pernah mengalami trauma yang membuatnya selalu sesak nafas jika sebuah kekerasan teradi.

Setelah puas mengintimidasi, mereka mengijinkan Jung Hoo untuk bermalam di rumah, karena Jung Hoo mengaku tak punya uang untuk pulang. Memang uangnya kemana? Habis untuk biaya taksi karena Young Shin tak kunjung memberikan arah jalan malah bicara tentang dinosaurus selama 40 menit. Ha.


Dinosaurus itu masih terus Young Shin bicarakan, walaupun Yeon Hee sudah menyuruhnya tidur. Tapi Young Shin malah tertawa. Karena ia mabuk maka ia akan menciptakan masalah. Ia mulai menulis artikel tentang kasus Yeon Hee.

Setelah memposting berita itu, mereka pun tidur. Dalam tidurnya, Young Shin bermimpi tentang trauma masa kecilnya. Saat itu Young Shin kecil sembunyi di lemari, semakin gemetar saat mendengar suara tongkat besi menggaruk lantai, menandakan kedatangan seseorang yang ia takuti. Tiba-tiba pintu lemari terbuka, membuatnya terbelalak ketakutan tak berdaya.


Jung Hoo yang pura-pura tidur, kaget saat Young Shin dengan mata masih terpejam menggusurnya dari sofa dan tidur di tempatnya berbaring tadi. Ia mencoba membangunkan Young Shin, tapi gadis itu malah memeluk tangannya. 


Jung Hoo berniat membangunkan dengan lebih keras, tapi ia urungkan saat melihat wajah Young Shin yang berkeringat dingin. Perlahan-lahan, wajah Young Shin menjadi tenang dan terlelap tidur


Ia pun membiarkan gadis itu, hingga keesokan paginya ayah Young Shin menemukan mereka berdua tidur dengan Young Shin masih memeluk tangan Jung Hoo.

Artikel Young Shin pun menyebar luas, dengan inisial K yang tak dapat dipungkiri adalah Kim Eui Chan karena dialah satu-satunya anggota senat yang sudah 2 kali menjabat dan akan maju menjadi calon walikota Seoul. Kim Moon Shik (kakak Moon Ho) bertemu dengan Kim Eui Chan dan Hwang (yang memukuli Yoon Hee di dalam mobil sekaligus germo berkedok manajemen artis), dua orang yang terlibat kasus itu.

Moon Shik meyakinkan Kim Eui Chan kalau berita itu akan segera hilang dan Kim Eui Cha di sini adalah korban, bukan tersangka. Ia juga menyuruh bos Double S, yang telah ia beli jiwanya, untuk membawa reporter wanita itu dan membuatnya diam, bagaimanapun caranya.



Moon Ho pun juga mendengar berita itu, karena Min Jae (bos sekaligus mantan pacarnya) khusus ke ruang edit untuk menemuinya dan menyuruhnya meliput berita lama. Insting curiga wartawannya muncul dan ia langsung merebut tablet yang disembunyikan Jung Soo. Ia terbelalak melihat berita panas yang baru saja keluar, bukan karena isi beritanya tapi nama penulisnya. Chae Young Shin.


Mabuk hilang, takut pun datang. Seharian Young Shin bersembunyi dari bosnya yang ngamuk. Dengan bantuan juniornya, Park Bong Soo, ia berhasil meloloskan diri, kabur dari kantor. Tak dinyana, ada seseorang yang mencegatnya di depan kantor. Wartawan senior sekaligus idolanya, Kim Moon Ho.

Moon Ho meminta Young Shin untuk memberikan berita itu padanya karena berita itu terlalu berat bagi gadis itu. Dilihat dari sisi positifnya, Moon Ho mengkhawatirkan keselamatan Young Shin, gadis yang selama ini ia cari-cari. Kasus yang bermuatan politik tinggi itu bisa membahayakan Young Shin. Tapi jika dilihat dari sisi negatifnya, ucapan Moon Ho itu seolah-olah Moon Ho mengambil sebuah kasus untuk membuat dirinya terkenal.

Sayangnya Young Shin melihat dari sisi negatifnya. Ia menyangka Moon Ho terkenal dengan cara merampas berita dari junior-juniornya. Serta merta ia menolak tawaran itu.


Kekhawatiran Moon Ho beralasan. Karena malam itu, Young Shin yang pulang bersama Jung Ho, dicegat oleh gerombolan Double S. Jung Ho yang saat itu menyamar sebagai Bong Soo tak bisa berbuat banyak. Young Shin mendekati Bong Soo dan berbisik, “Aku akan mengalihkan perhatian mereka, jadi kau bisa lari. Pergi dan minta bantuan polisi.”

Jung Hoo kaget mendengar ucapan Young Shin yang mengorbankan diri sendiri. Ia berpura-pura menjadi Bong Soo yang penakut, namun refleksnya masih jalan saat Young Shin dilempar ke samping. Kepala Young Shin pasti akan terantuk tembok jika saja tangannya tidak bergerak cepat menahan kepala gadis itu.


Setelah berhasil menangkap Young Shin, gerombolan Double S pun meninggalkan Jung Hoo. Ahjumma yang akhirnya berhasil berkomunikasi dengan Jung Hoo, meminta Jung Hoo segera pergi karena ia telah menghubungi polisi. Tapi teringat betapa besar trauma Young Shin yang mengakibatkan sesak nafas, membuat Jung Hoo berbalik, kembali mengejar Young Shin.


Benar saja. Young Shin mulai sesak nafas hingga ia terjatuh. Walau pandangannya mulai kabur, ia masih bisa melihat seseorang datang menolongnya, berkelahi mengalahkan para preman itu. 


Ia mencoba melihat  lebih jelas, tapi pria itu malah menutupi wajahnya dengan jaket. Terengah-engah, ia masih berusaha melihat wajah penyelamatnya.


Jung Hoo mengambil botol pil dari tas Young Shin. Ia bertanya berapa pil yang harus diminum, dan memberikan 2 butir sesuai perintah Young Shin. Young Shin kembali berusaha melihat wajah Jung Hoo, tapi Jung Hoo malah memeluk Young Shin, mencegah agar gadis itu tak bisa melihat wajahnya.

Perlahan, Young Shin menjadi tenang dan nafasnya kembali teratur. Terdengar sirene mobil polisi, isyarat bagi Jung Hoo untuk segera pergi dari TKP. Dibantu oleh polisi, Young Shin mencari-cari Bong Soo, tapi tak ketemu.

Keesokan paginya, Bong Soo muncul, tertidur lelap di bangku taman depan café. Bong Soo minta maaf karena meninggalkan Young Shin karena ia ketakutan. Tapi Young Shin tak peduli. Melihat juniornya selamat, ia memeluk Bong Soo erat, membuat Bong Soo, ayah dan paman eks napi kaget. Yang dua kaget mau marah, yang satunya kaget takut dimarahi. Heee..


Tapi Young Shin malah berterima kasih, walau Bong Soo lari ketakutan, tapi  masih sempat menelepon polisi sehingga ia selamat. Ia pun mengobati luka di tangan Bong Soo (akibat menahan kepala Young Shin yang akan terbentur tembok). Ia juga mengajak Bong Soo makan pagi bersama ayahnya dan Yeon Hee.

Jung Hoo menatap makanan di hadapannya dengan terharu, karena selalu makan sendiri, baru kali ini ia sarapan bersama. Apalagi Young Shin membuatkan hidangan dari kentang, makanan yang sering dibuat ibunya saat ia kecil dulu. 

Sesampainya di kantor, bosnya menyuruh Young Shin untuk memperdalam penyelidikannya. Berita mereka sekarang sudah tak menjadi top search lagi dan kantor mereka malah dituntut oleh pihak Kim Eui Chan karena pencemaran nama baik. Sudah kepalang basah, ceburkan diri saja sekalian. Ia menyuruh Young Shin menulis artikel lagi dan mencari bukti-bukti yang kuat untuk persidangan nanti.

Young Shin pun mengajak Jung Hoo untuk pergi ke rumah Hwang. Young Shin sebenarnya ragu dan takut, ia maju mundur-maju mundur saat tiba di depan rumah Hwang.  Ada gerombolan Double S yang berjaga di depan rumah Hwang, termasuk bos Double S, Bae Sang Soo, yang mengerubungi mobil Jung Hoo. Akhirnya kedua reporter itu pun dibawa masuk ke rumah Hwang.


Saat bertemu, Young Shin bertanya tentang Yeon Hee yang pernah mengadukan Hwang karena kasus penganiayaan. Hwang malah balik bertanya apakah penganiayaan seperti yang akan ia contohkan ini. Ia serta merta memukuli wanita cantik di sampingnya, berkali-kali dengan brutal, tindakan yang bahkan membuat Bae Song Soo memalingkan wajahnya. 


Tapi dampaknya lebih mengena pada Young Shin yang gemetar. Jung Hoo segera memegang bahu Young Shin, menutupinya dari pemandangan itu, berpura-pura ketakutan dan memohon Young Shin agar meninggalkan tempat ini.

Tapi Hwang tak mengijinkan mereka berdua pergi karena ia belum selesai memukuli wanita itu. Young Shin berteriak, karena mimpi buruknya kembali muncul, namun kali ini muncul saat matanya tak terpejam. Ia semakin gemetar,  tangannya mencengkeram jas Jung Hoo, membuat Jung Hoo semakin khawatir.


Jung Hoo memeluk Young Shin, menenangkannya sekaligus berbisik di jamnya, meminta Dae Young untuk segera bertindak.


Dae Young muncul dengan teman-temannya membuat onar, mengalihkan perhatian para pengawal Double S. Dae Young sendiri masuk ke mobil Sang Soo dan menyambungkan handphonenya dengan mobil itu. Sekarang tiba waktunya ahjumma beraksi.


Para pengawal Double S kaget melihat mobil itu menyala dan bergerak sendiri. Sang Soo dilapori kalau mobilnya kesetanan, membuat Sang Soo pamit untuk mengurus mobil itu.


Hwang mulai melancarkan terornya, menyingkirkan Jung Hoo ke samping, mengintimidasi Young Shin yang tak sadar meneteskan air mata. Diam-diam Jung Hoo mengkalkulasi setiap sudut dan dengan perhitungan yang presisi, ia menendang kaki lemari. Barang-barang di sekitarnya pun jatuh seperti efek domino, dan menghamburkan sekarung kapur ke udara, membuat situasi ricuh tak terkendali.

Young Shin langsung memanggil Bong Soo, mengkhawatirkan juniornya yang sejak tadi ketakutan dan berkata, “Bong Soo, lihatlah aku. Ikuti saja aku. Kau bisa melakukannya, kan?” Bong Soo terus terbatuk-batuk, membuat Young Shin harus segera mengeluarkannya dari tempat itu. Young Shin menarik pergelangan tangan Bong Soo dan berlari keluar dari rumah kaca.


Jung Hoo mencuri pandang pada Young Shin dan tersenyum.

Bersambung ke Healer episode 6

Aww.. so sweet…


Tapi apakah sesederhana ini masalahnya? Kim Moon Ho, Chae Young Shin dan Seo Jung Hoo. Tiga orang yang asing satu sama lain. Apa hubungan mereka? Mengapa Kim Moon Ho setengah mati mencari seorang anak yang tak lain ternyata adalah Young Shin?


Semuanya berawal dari foto ini. Foto ini ada di 3 tempat. Rumah Kim Moon Ho, rumah Jung Hoo dan rumah Kim Moon Shik, tepatnya di samping tempat tidur istrinya, Myung Hee.


Foto 5 mahasiswa yang tersenyum tanpa beban, diambil pada tahun 1980. Dari kiri ke kanan adalah Seo Joon Seok (ayah Jung Hoo), Oh Gil Ahn, Choi Myung Hee, Kim Moon Shik dan Ki Young Jae. 

Mereka adalah mahasiswa yang melakukan siaran radio illegal, dengan isi berita yang berlawanan dengan pemerintah. Mereka siaran di dalam mobil pick up tertutup, yang dikendarai oleh Moon Shik. Joon Seok sebagai operator radio, Myung Hee dan Gil Ahn sebagai penyiar dan Young Jae–dengan motor trailnya- sebagai tukang alih perhatian saat mobil mereka dikejar-kejar oleh polisi. Kim Moon Ho yang saat itu masih anak-anak selalu ikut serta, duduk di samping kakaknya.


Moon Ho menyadari kalau kakaknya suka pada Myung Hee. Tapi Myung Hee malah pacaran dengan Gil Ahn, sampai mereka menikah dan punya anak bernama Oh Ji Ahn. Satu bulan sebelum Ji Ahn lahir, Jung Hoo lahir terlebih dahulu dari pasangan Joon Seok dan istrinya.

Namun dari sebuah kejadian yang belum terungkap, Myung Hee, Gil Ahn dan Ji Ahn mengalami kecelakaan. Gil Ahn dan Ji Ahn meninggal sedangkan Myung Hee lumpuh dan seumur hidup duduk di kursi roda. Moon Shik yang sudah lama menyukai Myung Hee pun mendekati Myung Hee dan akhirnya mereka menikah. Sayangnya mereka berdua tak memiliki anak, sehingga mereka menganggap Moon Ho sebagai anak mereka.


Sementara  itu Joon seok bunuh diri, membuat istrinya sedih dan tak tahan jika melihat wajah Jung Hoo yang mirip dengan ayahnya. Ibu Jung Hoo pun menitipkan anaknya ke mertuanya dan meninggalkannya. Sekarang Ibu Jung Hoo memiliki keluarga baru lagi walau ketika besar hubungan Jung Hoo dan ibunya tersambung kembali.

Saat memata-matai Moon Ho, Jung Hoo menemukan foto berlima itu di kamar Myung Hee. Ia pun menanyakan pada ibunya apakah ada barang penting yang disimpan ibunya tentang teman-teman kuliah ayahnya. Ibunya menjawab tak ada.


Yang ibu simpan adalah barang-barang sepele, seperti foto-foto Joon Seok semasa muda, foto Jung Hoo saat ia kecil. Dan ada sebuah foto yang membuatnya tersenyum. Saat keluarga Gil Ahn mengunjungi mereka, Jung Hoo dan Ji Ahn tiba-tiba menghilang. Setelah dicari-cari, ternyata mereka ada di kamar, terlelap dengan Ji Ahn memeluk tangan Jung Hoo.

Sama seperti saat Young Shin bisa tidur lelap dengan memeluk tangan Jung Hoo.

Saat Moon Ho menemukan kalau DNA Young Shin cocok 99,99% dengan sample DNA seorang wanita yang tak disebut, kita dapat menyimpulkan kalau wanita itu adalah Myung Hee dan Young Shin adalah Ji Ahn yang mati.

Ia mencoba mengungkit masalah Ji Ahn pada Myung Hee. Tapi ternyata selain lumpuh, emosi Myung Hee tak stabil apalagi jika kematian Ji Ahn diungkit. Myung Hee langsung kejang hebat. Moon Shik yang saat itu pulang langsung melakukan pertolongan pertama pada istrinya.


Moon Shik marah karena Moon Ho mengungkit-ungkit luka lama kembali. Tapi Moon Ho mengatakan kalau beberapa bulan yang lalu perusahaan pemakaman menghubunginya, karena makam Ji Ahn harus dipindah. Betapa kagetnya ia mengetahui saat kuburan dibuka, isinya hanya bebatuan.

Tak ada jenazah Ji Ahn, padahal saat itu Moon Shik yang menguburkan anak Myung Hee. “Apakah Ji Ahn benar-benar meninggal? Atau kau berbohong pada noona kalau anaknya sudah meninggal?” Moon Shik menjawab kalau Myung Hee sudah sulit menerima semua kenyataan itu sehingga sulit untuk merubahnya lagi. Jadi Ji Ahn tak dapat hidup.

Moon Ho marah dan bertanya apa jika Ji Ahn masih hidup, maka Moon Shik akan membunuh anak itu? Atau seperti itukah kejadian 23 tahun yang lalu? Atau jangan-jangan Moon Shik melakukannya pada Gil Ahn juga? Apakah kecelakaan yang terjadi itu benar-benar kecelakaan? “Apa yang sebenarnya kau lakukan?!” tanyanya menggebrak meja.


Dengan nada datar Moon Shik menjawab, “Tepat seperti yang kau pikirkan.” Moon Shik tahu kalau Moon Ho memata-matainya. Namun Moon Ho diam saja dan tak mempublikasikan tindakan-tindakannya selama ini. Yang berarti adalah Moon Ho ada di pihaknya.

Tapi apakah Moon Ho benar-benar di pihaknya?

Lantas apa yang Moon Ho simpan di dalam kotak tua di bawah meja? Sebuah kotak berisi berpuluh-puluh kaset, foto 4 hyung dan noonanya serta sebuah dokumen bertuliskan Healer.

Di awal cerita, Moon Ho pernah berkata kalau hidupnya terpaku pada 2 tahun yang yang sangat penting. 1980 dan 1992.

Kita tahu kalau 1980 adalah saat-saat kakak-kakaknya menjalankan siaran radio illegal. Setelah itu mereka lulus dan bekerja. Tahun 1992, terjadi sebuah peristiwa dan tepat saat itu Ji Ahn berumur 5 tahun dan dinyatakan meninggal. Kemudian ia menjadi Young Shin yang berumur 5 tahun , ditelantarkan orang tuanya dan berpindah-pinah panti asuhan hingga usia 8 tahun diadopsi oleh ayahnya, Chae Chi Soo.

Apakah 1992 itu adalah sebuah peristiwa yang ada hubungannya dengan Healer? Apakah nama Healer yang dipakai oleh Jung Hoo bukan sebuah kebetulan semata? Apakah Jung Hoo sadar dengan pemakaian nama itu? Atau mungkin Ahjumma Min Ja yang memiliki andil dalam pemberian nama itu?

Credit picture : dramabeans 

ps : untuk anak 2000-an, tahu kan apa itu kaset? itu loh.. kaya CD (masih tau kan CD itu apa? Bukan VCD or DVD lho) yang bisa merekam suara saja. Jika merekam dengan CD adalah merekam di kepingan cakram, sedangkan kaset menggunakan pita. 

 Selanjutnya : Sinopsis Episode 6 - 8

11 comments :

  1. udah pernah denger2 ttg Healer, tapi belum pengen nonton. tapi setelah baca sinop dr Mba Dee jadi kesengsem.
    ini juga jadi k-drama pertama di tahun 2015 ini yg akan aku tonton hehehe..
    makasi Mba Dee.

    ReplyDelete
  2. mbak Dee..... T.T kangennnnnn...

    Healer ini aku nonton. tapi gak ada yang bikiin sinop nyaaa. akhiiiiiiiiiiiiiiiiiiirrrnyaaaaaaaaaaaaaaaaa mbak Dee munculll dengan Healer.. ashseeeeeekkkkkkk XDDDD

    ReplyDelete
  3. Healer is good...really really good^^ and Dee is baaaaccckkk XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penulisnya keren bisa merangkai cerita dari selembar foto. Misteri terungkap satu demi satu tapi tetap menyisakan misteri lainnya, jadi semakin penasaran menonton drama ini. Meski Ji Chang Wook keren dan sekaligus cute dalam drama ini, aku tertarik pada Yoo Ji Tae pemeran Moon Ho. Suka melihat perubahan ekspresi sedikit saja di wajahnya bisa membuat kita bertanya-tanya apa yang sebenarnya dia pikirkan^^

      Delete
  4. Mba dee is baaaacckk... Baru baca sinopnya aja udh berasa kalo drama ini bagus.. Thanks mba dee udh comeback dengan sinop drama yang menarik ini.. Tetep sehat dan semangat y...

    ReplyDelete
  5. Welcome back mbak dee^^ kangen pake banget ({}) ditunggu lho 2015 ini kolab sama mbak fanny :')

    ReplyDelete
  6. Blm nntn...tp berencana nntn krn udh bc sinopnya, mba dee udh seperti anak ilang aja...apa nyuruh healer utk nyarinya yaaaa...hehe....

    ReplyDelete
  7. haha, mbak dee jadi sekretarisnya healer tuh mbak
    jadi sering ngilang karena ngikutin healery :P
    beda sama mbak fanny dan mbak mumuzizi yang harus terus ngawasin si pinocchio biar ga bo.ong dan si pasien yang sering banget gonta-ganti perysonality *kabur

    ReplyDelete
  8. Awal nya sy ga respect ama drama ini...biarpun udh lihat sinop nya tp ga dibaca cuma lihat gambarnya...tp.setelah di tulis ama mba dee ..berasa semangat pengen baca...dan ternyata ga mengecewakan. ..sy suka gaya tulisan mba dee...mksh...semangat^_^

    ReplyDelete
  9. Yeaay...Welcomeback mb! Wuih seneng bisa baca lagi postingan mb dee lg. Yap bener banget mb, Healer bener2 bagus, salut sama writernya yg dr episode pertama selalu bikin penasaran ma episode selanjutnya, bener2 gak ngebosenin. Pemerannya jg oke2. Ji chang wook disini pas bgt jadi healer, walopun keseharian ternyata karakternya lebih mirip PBS :d Park min young menurutku fresh banget disini, beda sama karakter yg dia perankan sebelumnya. Ditambah ada Yoo Ji tae. Lengkap! Semenjak ngikutin drama ini, aku gak semangat lg ngikutin drama lain, gak mood lanjutin nonton, ada Pride n prejudice, n pinnochio udh didonlot dianggurin aja, berasa koma, stuck di episode sekian. Ntah kenapa.. Gak ada yg salah dgn akting pemeran dua drama tadi, apalagi PP, keren2 aktingnya. Hari2 mantengin thread soompi cari info terbaru about healer. Ups.. Kepanjangan.. Makasi mb dee, semangat ya sinopnya.

    #Tie

    ReplyDelete