September 6, 2014

Drama Remake Terbaik dan Terburuk


Ada yang menonton Fated to Love You? Drama Korea yang baru saja tamat di channel MBC ini merupakan salah satu contoh drama remake Korea yang diadaptasi dari drama negara lain. Dan drama ini tergolong sukses dengan mampu menorehkan rating dua digit sampai sekarang.

Lalu apakah drama remake lain juga bernasib sama? Mari kita lihat satu per satu.



Jika menoleh ke belakang, mungkin banyak yang masih mengingat Boys Before Flowers dengan keempat pria tampan nan kayanya (Lee Min Ho, Kim Hyun Joong, Kim Bum, dan Kim Joon), membawa sindrom F4 mengukir prestasi dengan rating terbaik 33,5% dari rata-rata rating 28,5%. Sudah banyak yang tahu pula jika drama ini diremake dari manga berjudul sama dan seperti manganya yang menuai sukses, drama adaptasinya di Korea, Taiwan, dan Jepang pun bernasib serupa.


Berikutnya ada drama KBS 2010 God of Study  yang diadaptasi drama Jepang, Dragon Zakura. Drama yang dibintangi Yoo Seung Hoo, Kim Su Ro, Bae Doo Na, Go Ah Sung, Lee Hyun Woo, dan Jiyeon T-ara yang menceritakan perjuangan siswa di sekolah ini meraih rating terbaik 25,1% dari rata-rata rating 21,6%.



Sedangkan drama MBC White Tower (adaptasi drama Jepang dengan judul sama) yang tayang tahun 2007 juga berhasil membawa Kim Myung Min, pemeran utamanya meraih penghargaan Top Excellence Acting Award pada MBC Drama Award di tahun tersebut.

Drama White Tower mengambil setting di Rumah Sakit Universitas dengan menceritakan ketegangan politik dan perebutan kekuasaan serta pengaruh di dalamnya. Galeri untuk drama ini juga dibuat dan tim produksi bahkan menggunakan cuplikan drama untuk memproduksi seri kedua.



Drama remake lain yang juga menuai kesuksesan adalah That Winter The Wind Blows (SBS) dan God of Workplace (KBS).

Lain halnya dengan drama-drama di atas, drama-drama berikut justru kurang beruntung.


101st Proposal (SBS drama 2006) yang merupakan remake drama Jepang berjudul sama  tahun 1991 dan film tahun 1996 yang dibintangi Kim Hee Ae dan Moon Sung Keun justru berakhir lebih awal setelah 15 episode meraih rating rendah, akibat tayang di saat piala dunia Jerman diselenggarakan dan bersaing dengan drama MBC Jumong. Padahal awalnya drama ini cukup ditunggu-tunggu karena kesuksesan drama asli dan filmnya.



Ada pula Playful Kiss, drama comebacknya Kim Hyun Joong tahun 2010 setelah sukses dalam drama sebelumnya ini malah mencatat rating terendah di angka 2,8% dengan rata-rata rating 4,9% dan rating terbaik hanya berkisar 7,9%. Remake drama Taiwan tersebut dianggap terlalu dramatis dan childish sehingga tidak cukup menarik perhatian penonton Korea. Berbeda dengan penonton di negara lain seperti Indonesia^^



Drama SBS dua tahun lalu, To The Beautiful You juga bernasib sama. Diremake dari drama Jepang yang mampu meraih rating 17,4% di negara asalnya tidak lantas membuat drama ini mengikuti rekor tersebut. Drama ini malah meraih rating terbaiknya di angka 7,3% dan rating terendah 4,1%. Penonton mengkritisi drama ini yang terlalu tidak realistis dan alur yang terlalu lambat.

Sebenarnya semua kembali ke selera masing-masing sih. Setuju tidak?

Sumber: soompi

1 comment :

  1. SETUJU DEE
    tapi yg gakalah seru, fullhouse versi thailand kan..
    jadi suka mike d angelo,,,hehehe

    ReplyDelete