January 28, 2014

Dear All..


Ceritanya pagi ini saya dapat mention twitter dari Mumuzizi yang memberitahukan  kalau ada sebuah Fanpage yang menjiplak atau meng-copas sinopsis kami. 

Terjadilah percakapan di antara kami, yang mungkin beberapa readers sempat membacanya karena percakapan itu muncul cukup sering di timeline twitter milik beberapa readers. 

Percakapan itu dimulai ketidaksukaan kami tentang aktivitas meng-copy paste Fanpage tersebut. Namun karena yang namanya obrolan para wanita (bukan gadis, karena beberapa sudah bukan lagi),  percakapan serius mengalir ke percakapan yang tentang hal-hal lain yang remeh seperti kepundung *hayoo... yang nggak tahu tanya Fanny, ya.. :p

Entah kebetulan atau tidak, Fanpage yang sedang kami bicarakan tiba-tiba membuat polling, yang kurang lebih meminta pendapat pada membernya  (err.. kalau di facebook, reader facebook namanya apa, ya?) apakah mereka perlu menutup fanpage mereka atau tidak karena yang punya blog nggak terima sinopsisnya dicopas. 


Kata admin tersebut, yang paling banyak votenya, admin bakalan turuti. Hampir semua meminta agar Fanpage tidak ditutup. Tapi dengan beberapa saran.

Ada beberapa komentar yang meminta agar Fanpage tidak ditutup dan tetap seperti itu. Yang berarti admin Fanpage akan menjiplak mentah-mentah sinopsis yang telah kami buat dan menyertakan link hidupnya. Salah satu komentar menyatakan : kalau para member sudah tahu jika para admin tersebut mendapatkan sinopsis juga dari blog orang lain. Buat sinopsis, intinya pengen dibaca. Buat blog juga intinya buat dibaca.

Kami membuat blog ini memang untuk dibaca. Dibaca di blog ini dan bukan untuk dibaca di tempat lain. Kami buat sinopsis dibaca di tempat kami, bukan di tempat lain. 

FYI, saya menyelesaikan sinopsis My Love From Another Star episode 12 bagian 1 selama hampir 10 jam, mengorbankan waktu tidur saya dan saat saya lemas pun, saya paksakan diri saya untuk menulis di tempat tidur. Jadi, apa tak boleh saya minta orang lain menghargai hasil karya dengan membaca sinopsis, yang di copas, di blog ini juga? 

Ada beberapa komentar lain yang meminta agar Fanpage tidak ditutup dan mereka yang mengusulkan cukup beri link-nya saja. Saya berterima kasih atas dukungan para member yang berkomentar seperti ini. Dan apakah hal ini tak mungkin? Mungkin sekali.

Kita ambil contoh Fanpage Azoners. FP Azoners memilih tak menjiplak sinopsis kami, dan hanya menyertakan link-nya saja. Apakah FP Azoners tak memiliki member banyak? Banyak sekali. Mereka bahkan memiliki jauh lebih banyak Like jika dibanding dengan Fanpage si penjiplak. 

So, jika hanya melihat jawaban fanpage ditutup atau tidak, pasti admin akan menyatakan tak akan menutup. Tapi apakah caranya masih tetap sama atau tidak? Saya ragu admin tersebut akan mengubah caranya. 

Dan satu lagi. Seperti blogspot, facebook juga memberikan otoritas bagi pemilik akunnya untuk menghapus komentar yang tak disuka. Saya pun pernah melakukannya. *Ingat kasus fanwar saat drama I Miss You tayang?* 

Jadi saya meragukan, apakah semua komentar yang muncul itu asli atau hasil seleksi para admin. Karena di postingan polling itu, Fanny dan Ayu pernah berkomentar, namun komentarnya dihapus oleh adminnya. 

Tapi the show must go on. Jika tak mencoba, kita tak akan tahu hasilnya bukan? 

If you like us, please help us.

Jadi, jika suka dengan sinopsis yang kami buat, kami meminta bantuan dari para readers untuk membantu kami. Saya tak meminta Fanpage tersebut untuk ditutup. Tapi cara memposting sinopsis diubah caranya seperti Fanpage Azoners. Jika memang tidak bisa, memang lebih baik ditutup saja.

Tolong bantu kami dengan menulis komentar yang memberi mereka dua pilihan : 1. Meneruskan tapi hanya mencantumkan link-nya saja atau 2. Menutup fanpage jika tetap meng-copas. 

Dan untuk para admin Fanpage PSDK :
https://www.facebook.com/PecintaSinopsisDramaKoreainfoLyric,

Ayo, sportif. Jika ingin mengadakan polling dengan komentar, jangan dihapus komentar yang tak suka. Oke..? 

63 comments :

  1. Admin sama reader fanpage Faceboooknya harus dikasih pelajaran etika nih!!!! *asah golok*


    *let's commenting! ~~~ senggol bacok... senggol bacokk....~~~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. komen mbak fan dihapusin yah. aku liat di komen, pada gak nyambung jadinya..
      adminnya minta ditekek nih! :|

      Delete
    2. saya bntu asah yaaaa..
      hehe
      mreka hrus bljar mmbaca lg tuh.pdhl udah ditulis di awl blog mbaa fanny,sertakn linknya aj.
      ehh mlah di copas..
      blajar lg ya naaak :p

      Delete
    3. 'gue suka gaya loh'
      wkwkwkk


      sy udh komen td dsna mba, ^^

      Delete
    4. ahahahah... asah goloknya berhasilllll XDDD
      semoga para admin itu jera. *semoga*

      Delete
  2. Komentar aku juga dihapus kok mbak Dee hheeee fighting mbak :) aku komentarnya banyak hheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih, kamu mah cantik, buat blog engga diisi, di-isi-in sama sarang lebah, sarang laba-laba =D padahal pingin bacaaaa tulisannya hisni. luph.

      Delete
  3. duhhh nyebelin tuh fanpage nya mbaa... ga menghargai jerihpayah orang. memangnya gampang apa ya bikin sinopsis.

    ReplyDelete
  4. Dah ditu2p ja tu fanpage,, kalo gak mau nurutin permintaan si penulis, kalo kaya gitu ma gak ngehargai sang penulis

    ReplyDelete
  5. wah fp yng sukanya nyuri ... tidak menghargai perasaan & karya penulis,

    keterlaluann..... mending tutup aja!!!

    ReplyDelete
  6. Mbak Dee...
    Aku nich reader setiamu (meskipun aku nggak pernah kasih komen), setiap hari aku selalu buka blogmu, mau update sinopsis. Untuk para fanpage yang copy paste...diblokir ja mbak...nggregetno(bahasa jawa dari nyebelin)...atau disomasi untuk kecurangan mereka...semangat Mbak...kami akan jadi pembaca setiamu...selalu

    ReplyDelete
  7. Semangat mbak.... Aku udah komen di sana :)

    ReplyDelete
  8. hehehe...aku curhat di sini aja ya . Aneh juga ya itu fp. Kita sih ngga pernah minta dia tutup FP-nya. Kita cuma minta dia ngga copas sinopsis kita. Lah dia sendiri yang bikin status polling untuk tutup FP-nya, jadi pada nyuruh dia tutup ;p
    I
    Sebenernya perjuangan ini sudah berlangsung lama, tapi baru kali ini kami melancarkan aksi serempak. Terima kasih buat teman-teman pembaca yang sudah mendukung kami. Sangat berarti bagi kami para blogger ^^

    ReplyDelete
  9. sore mba dee...
    aku pembaca setia mu loh ^^
    aku jg prnah buka akun fp tsb smpat bingung sih qo bisa yh copas d'fanpag kyk gtu ku pikir mreka udh ijin sma yg berhak trnyata gx toh..menurut ku mreka tuh gx sopan bgt tu sma aja tdk menghargai penulis asli ya mskipun mreka menyertakan link d'akhir tulisan ~,~
    bwat mba dee n kawan2 semangat trus yh nulis'y :D *sorry kepanjangan komen'y ^^v

    ReplyDelete
  10. semangat Unni, cocoknya dimusnahkan aja tuh FP
    gak mau usaha tapi pengen di hargai
    wulan

    ReplyDelete
  11. Kalau udah kebiasaan copas, kayaknya bakalan susah diilangin mbak. apalagi kalau 'dia'nya gak punya niat buat ngerubah sikap hehe....

    tetep semangat ya mbak2(mbak fanny, mbak dee dan semuanya :-) ) buat ngelanjutin bikin sinopsisnya.

    salam kenal

    ReplyDelete
  12. Akuu dukung fan-dee
    Kalo mereka masih punya niat baik harusnya mencantumkan linknya saja
    harusnya menghargai karya penulisnya
    kalo cuma copas itu sama aja dgn pencuri
    kalo udah diperingatkan baik2 masiih gitu terus mending ditutup aja biar tau rasa dia

    ReplyDelete
  13. kudukung mbak dee..sudah ikt komentar juga di fp nya hehe..smngat trus yaa mbaa

    ReplyDelete
  14. Yaa...di blok aja tu org yg suka copy paste...

    ReplyDelete
  15. bubarinnn aj thu fanpage ┐(´д`)┌ menyebalkan... hallo semua aq pendukung mbak dee n mba fanny jiayou !!! (*゚▽゚)ノ

    ReplyDelete
  16. sebagai pecinta sinopsis drakor, aku sudah komen di fanspagenya. nyebelin banget tuh si admin pake tanda smile lagi diiakhir pollingannya., WATADOS banget sih, patut diberi pelajaran....!!!!

    ReplyDelete
  17. Di report abuse aja fbnya :-D biar di delete sm om mark :-p

    ReplyDelete
  18. paling benci sama FP yang kayak begituan, bikin emosi!
    Belum ngerasa dia gimana caranya membuat sinopsis 1 episode saja -_____-"

    ReplyDelete
  19. waduuhhh,,
    dia gtw x ya, bikin sinop tu butuh perjuangan.
    saya aja nyerah, dan memilih untuk jadi reader,,
    :)

    benci deh sama org yg plagiat...
    huft

    ReplyDelete
  20. Q sllu stia sm mbak dee,mbak fanny, anish,mbak mumu,dkk.... wlwpun jjjrng komen tp q sllu bca d blog ny mbak2...
    Mrka mmng bnar2 orng2 yg ga mnghargai jrih pyah orla...

    ReplyDelete
  21. aku udah comment disna mbak... kl fanpagenya boleh tetep open tapi sinopsis sertakan link aktifnya..emang ngeselin gondok tingkat dewa ada orang main copas, kalo tugasku dicopas juga marah, pengen nabok malah... tetep semangat mbak... ntar kl mereka macem2 sikat aj (pake sikat lantai)..hehehehe,,,just kid

    ReplyDelete
  22. wah baru tau aku fp ini,,,mbak dee,setau saya ada tu caranya biar artikel di blog gak bisa di kopas,,,,coba search di gugel,soalnya aku pernah mau kopas berita bola gitu ,tapi enggak bisa :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup setuju Cece Ais, di setting biar gak bisa copas aja mbak Fan-Dee......kan nyesek tuh... secara masih 8 episode lg, mana lagi seru-serunya biar mreka kelimpungan :).
      Truss klo bisa, setting aja klo mereka gak bisa akses k kutudrama....(report spam, pisa gak ya...??)

      Delete
  23. Semangat Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª mba dee, jangan smp blognya ditutup.. Nangis bombay aku nanti.. Aku dah ikutan komen di fp ntu.. Bikin kesel en esmosi jadinya..

    ReplyDelete
  24. Bubarin aja tuch fp enak aja tinggal copas doang dikiranya gak mikir x ya bikin sinopsis tuch hadeuuh jd esmosi tingkat kabupaten neeh...dah mba tutup aja lah tuch fb

    ReplyDelete
  25. melanggar undang2 hak cipta itu......
    tapi sekarang readers itu pada pinter2 koq mba,,pasti tau lah yg mana yg salah
    yg bgtu pasti ga akan bertahan lama deh,,,,pasti ada karmanya

    ReplyDelete
  26. Mba dee, mba fanny, dkk , maaf iia klu slm ini aq jd silent reader cz susah coment nya baru kali ni aq coment bis jd geregetn ada fp yg copas karya" nya mba" sekalian, mending d tutup ajja fp nya iia mba!!

    Liez

    ReplyDelete
  27. Mbaakkk,fp nya emang udah ditutup ato aku yang di blok nya?????soalnya aku lagi baca2 komennya eh. Tau2 halaman tidak ditemukan

    ReplyDelete
  28. Mbaakkk,fp nya emang udah ditutup ato aku yang di blokir ya?????soalnya aku lagi baca2 komennya eh. Tau2 sekarang halamannya tidak ditemukan

    ReplyDelete
  29. Mba dee, mba fanny, dkk , maaf iia klu slm ini aq jd silent reader cz susah coment nya baru kali ni aq coment bis jd geregetn ada fp yg copas karya" nya mba" sekalian, mending d tutup ajja fp nya iia mba!!

    Liez

    ReplyDelete
  30. mba dee n mba fanny tetep semangat yaa ..

    ReplyDelete
  31. gk ngerti sich lg bhs ap tp inti nya y jgn mengcopas hasil kerja org...tititk gk pake koma...klo mau y baca aj...klo mau ksh org lain baca tgl suru mereka buka link nya or ksh link...

    ReplyDelete
  32. Wah mbak ak yg cma jd readers aj gndok bget ad fanpage kyk gtu. Bubarin aj deh. Tp sush ngmg sma abg labil, biasanya fp kyak gtu adminya msh pda ababil.....

    ReplyDelete
  33. Iya mba suruh tutup az kalo ga mau nurut...
    Bikin kesel orang az, lagian g ngehargain karya orang c, coz takutnya nanti lo dbiarin malah muncul2 FP gtu yang bru...
    Tetep Smangat ya mba, maaf sblumya aq juga cuma silent readers...:p

    ReplyDelete
  34. Yeee dah di tutup FP na,smangat †̥̥έΰș ˚Mβªќ° deee

    ReplyDelete
  35. aku ngeklik linknya udah gada. kayaknya sih udah ditutup. moga aja
    ih aku aja yg readers aja pundung, apalagi kalian yang nulis. intinya mah hargailah setiap tulisan dan karya orang. jangan main copas.
    aduh mba maafin, aku juga lebih sering jadi silent reader, karena aku sering buka blog mba dari hape. susah komennya.
    tetep semangat ya mba mbaku :D

    ReplyDelete
  36. Mba fandee...link facebook si pencuri itu udah ga bisa dibuka #emosi....buat mba fandee..tetap semangat ia..komen ku udah mewakili teman" readers semua..teman" readers ayo klo mw asah golok saya bantuin..udah byk bukti kan mba fandee..klo byk yg cinta sama mba fandee...yang sabar ia mba..ini suka dukanya sang penulis...semoga mba fan dee semakin" byk yg baca bloggernya ia...love you mba fandee...

    ReplyDelete
  37. semangat mba dee,,jangan mau dikalahin sama orang" gatau diri itu.. kalo dia ga bisa bikin sinop jangan copast punya orang dong.. kita yg baca aja emosi,,apalagi yg nulis.. *emosi jiwa* maaf ya mba,,aku baru mulai comment.. semangat mba fandee bikin sinop nya,,semoga makin banyak yg baca di blog ini.. :)

    ReplyDelete
  38. Benar2 tdk menghargai hasil jerih payah para pembuat sinopsis2. *sebagai pembaca setia. Sy ikut sebbel.

    ReplyDelete
  39. Melanggar hak cipta tuch mbak...

    Q dukung deh...
    Ikut gereggetan...

    ReplyDelete
  40. Panjang banget beautiful ahjumma. Untung kagak jadi di jelasin di twitter.

    ReplyDelete
  41. Udah tahu buat sinopsis tu susah tapi masih ada aja orang-orang yang masih suka plagiat hasil karya orang lain...
    Tetap semangat ya Mba Dee....

    ReplyDelete
  42. udah ditutup tanpa penjelasan apapun ya haha sungguh terlalu. bikin polling tapi hasilnya tak disebutkan. kalau buat polling kan seharusnya hasil poling tersebut diumumkan, ya paling tidak sebelum page itu ditutup ada tulisan dari adminnya minimal 1 jam sebelum ditutup, tapi dia nya malah ngabur begitu saja.. ga punya sopan santun.

    kalau ngomongin soal FP FB copaser sinopsis, bukan hanya FP itu saja, banyak kok kalau mau cari. sebagian sih adminnya udah pada off, tapi ada yang masih aktif.

    saya termasuk yang beberapa kali ngomel2 di FP mereka, hingga setahun lalu blog saya tutup karena tindakan si copaser. Bahkan di page yang ditutup itu akun FB saya di Block hingga saya tak bisa comment (FB nya Irfa juga lho ikutan di block). Pernah saya protes ke salah satu FP dan admin FP itu (di grup mereka) malah menjuluki saya nenek sihir (haha waktu itu pas banget saya lagi nulis The Queen's Classroom, berasa kayak Guru Ma deh saya dijuluki begitu hahaha) n di Indosiar menjelang ditayangkannya AGD.

    jadi buat kalian yang memiliki Fp serupa yang mungkin kebetulan menjadi reader blog kami, ayolah hentikan tindakan kalian yang merugikan kami. Kalau mau eksis dengan update an Sinopsis Drama, monggo buat sendiri saja. itu akan lebih dihargai oleh readers yang membaca tulisan kalian...

    hehe maaf ya mbak dee jadi curhat panjang... maklum saya korban yang sering berkoar-koar tapi ga pernah mereka tanggapi, untungnya sekarang kita bersatu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klu fb, sepertinya bisa diblokir dan ditutup mbak klu kita ngelapor ke fb, alasannya pelanggaran hak cipta. nanti fb akan memeriksa langsung akun atau fanpage itu.

      Delete
  43. sista mw ikutan polingnya gmn y?
    duh kl aku mending terusin tp ckup dksh link ja. kl jiplak sih ga bgt deh.
    keuntungannya apa, mreka ga akn tmbah pinter dan tmbah apa2 mlh tambah msuh krn hasil karya org diambil.
    padahal menceritakan kembali dan membuat itu menarik bukan hal yg mudah.

    ReplyDelete
  44. Yang copas tutup aja. ƍåк̲̮̲̅͡ MENGHARGAI penulis. Dukung mumu ma mbak dee. S̤̥̈̊€Ω̶@̤̈Ť mbak

    ReplyDelete
  45. Mbak,,, linknya g bisa dbuka tuh. Tapi kalo cari Pecinta Drama Korea ada 2 n anggotanya masi dikit. Moga aja yang bikin fanpage sadar diri n fanpage copas ditutup :D

    ReplyDelete
  46. sabaaaar ya mbak dee,ga ngehargain banget deh :'''

    ReplyDelete
  47. :)
    link FB n dah ga bisa dibuka mba ^_^ mungkin dah ditutup :D :D

    ReplyDelete
  48. untuk mbak dee...
    saran aja mbak seharusnya blog bsa d ubah pengaturan nya supaya nggakl bisa d copy paste kecuali di print lgsg....
    mkasih....

    ReplyDelete
  49. Ini penyakit moral...gak bener tu fp.
    tp positifny aku suka kebersamaan para recaper jagoanku yg bersatu padu utk berpetisi....
    krn sejauh ini aku ga prnh tau kl ada fp tukang jiplak...ckckck
    bahkan km menunggu dr hari ke hari utk bs membaca yg mgkn mnghabiskn wkt ga lbh dr stgh jam utk setiap episode dan km yakin bth wkt berjam2 merecapnya....dan mereka tak smpi 1 menit utk mengcopasnyaa
    Mgkn pengelola fp itu jd ga bs tdr dg petisi ini..mk gak ada pilihan lain selain dtutup....
    horeeeee....

    ReplyDelete
  50. sengaja komen di sini *clinguk2 liat yang mampir :P
    entah untung atau ga, waktu mbak dee posting ini saya dalam kondisi gak bisa komen
    kalo ga, rasanya ga mau baca aja takut tambah puyeng wkwkwk
    tapi syukur deh kalo bisa diatasi dengan baik-baik meski tidak semuanya teratasi hehe

    FIGHTING mbak^^
    yang bikin reader keren *posting terbarunya mbak dee* juga tulisan kalian :P
    happy long weekend too for all
    bagi2 kue juga bisa tuh hehe
    jaga kesehatan buat semuanya

    ReplyDelete
  51. btw, baru ngeh sama pagenya mbak dee yang baru^^
    ihir....

    ReplyDelete
  52. Salam kenal mbak, saya rajin baca blog ini tapi gak pernah kasih comment :D Ada source code yg bisa dipakai buat blog ini jadi gak bisa dijiplak ;)

    ReplyDelete
  53. aku admin di blog bentara

    kalau cuman dipasang source-code anti klik kanan dll itu percuma saja. gampang banget dicopasnya.

    usul punya usul gimana kalau sesama blog drama bikin blacklist blog yang tukang copas seenaknya rekap/sinopsis drama . kalau perlu ramai2 di aduin ke google dan wordpress (kalau pakai blogspot) , aduin ke layanan iklan yang mereka pake (google adsense.ad.fly) ........

    bikin blacklist bersama juga bagus buat nyebarin kepara pembaca bersama2 biar dijauhin netizen .......

    sebenarnya kalau blogger yang pinter tidak usah copas juga bisa dapat traffic kok . tinggal bikin daftar link saja sudah dapat traffic .........sedangkan kalau copas resikonya blognya bisa dihapus google dan hilang seketika.

    ReplyDelete
  54. aku admin di blog bentara

    kalau cuman dipasang source-code anti klik kanan dll itu percuma saja. gampang banget dicopasnya.

    usul punya usul gimana kalau sesama blog drama bikin blacklist blog yang tukang copas seenaknya rekap/sinopsis drama . kalau perlu ramai2 di aduin ke google dan wordpress (kalau pakai blogspot) , aduin ke layanan iklan yang mereka pake (google adsense.ad.fly) ........

    bikin blacklist bersama juga bagus buat nyebarin kepara pembaca bersama2 biar dijauhin netizen .......

    sebenarnya kalau blogger yang pinter tidak usah copas juga bisa dapat traffic kok . tinggal bikin daftar link saja sudah dapat traffic .........sedangkan kalau copas resikonya blognya bisa dihapus google dan hilang seketika.

    ReplyDelete
  55. Mbak, kayaknya ada applikasi yang membuat artikel ga bisa di copas cuma dibaca aja dech. baru klik kanan aja udah ga bisa. aku sendiri belum pakai, karena blom banyak tulisan juga, tapi kalo blog walking ke temen-teman blogger lain sudah pada pakai.

    ReplyDelete