November 12, 2013

Update Sinopsis Good Doctor Episode 20 (Final)


Good Doctor. Dokter yang baik.

Ini adalah sinopsis akhir Good Doctor yang ditulis irfa di Cakrawala Senja 1314



Apa yang membuat seorang dokter menjadi dokter yang baik? 


Kalau saya yang ditanyai itu, maka saya sebagai pasien menjawab kalau dokter yang baik itu adalah dokter yang bisa menyembuhkan, dan juga bisa membuat pasien merasa nyaman. Nyaman yang bagaimana? Dokter yang komunikatif dan bisa menenangkan pasien, bukan malah membuat pasien atau keluarga pasien panik.

Jujur, jika saya sebagai orang tua pasien, bertemu dengan dr. Park Shi On yang ada di awal residensi (bukan di stasiun kereta api, ya), pasti akan menolak jika anak saya ditangani oleh dr. Park Shi On. Dia orang yang mudah panik.

CMIIW, tapi biasanya pasien mencari dokter yang seperti itu. Saya rasa wajar jika beberapa ibu keberatan jika anaknya ditangani oleh Park Shi On. Shi On memang pintar, tapi dokter pintar bukanlah segalanya. 

Dan Park Shi On pun menempuh perjalanan karirnya yang terjal, yang akhirnya ia bisa membuktikan kalau ia bisa mengatasi kekurangannya. Apakah itu mungkin? Mungkin sekali. Ada seseorang yang menceritakan kalau ia memiliki teman kuliah yang biasa-biasa saja. Namun ternyata dulunya waktu kecil, temannya itu adalah anak autis. 


Drama ini mengajarkan kalau apapun bisa terjadi. Bukan karena ini adalah sebuah drama sehingga cerita bisa diarahkan kemana penulis naskah ingin bercerita. Tapi itulah yang ingin ditekankan oleh penulis naskahnya. Seperti ucapan dr. Choi saat rapat penerimaan residensi Park Shi On. 

"Autisme sangat menyulitkan pengidapnya, tapi bukan tak dapat disembuhkan. Walau hal ini tergantung oleh kondisi pasien, tapi  bisa disembuhkan. Dan kasus Park Shi On adalah contohnya. Dan yang kita akan lakukan sekarang adalah memberi harapan pada pasien autis dan keluarganya di negara kita. Mohon pertimbangkan kembali dengan segala kerendahan hati.”

Melalui drama in, scriptwriter-nim seakan ingin memberitahukan kalau lingkungan adalah salah satu pemicu yang mempercepat penyembuhan orang dengan autisme. 

Dalam kasus Park Shi On, dr. Choi adalah orang yang pertama yang merangsang perkembangan kepribadian Shi On. 

Yoon Seo, Perawat Jo dan In Hye adalah tiga orang pertama yang menerima Shi On. Tapi hal itu belum cukup untuk Shi On mengatasi kepanikan dalam ruang operasi. Namun setelah Do Han membuka hatinya dan mulai melatih Park Shi On, berangsur-angsur kondisi Shi On membaik.

Jadi, kembali lagi pada lingkungan. Lingkungan yang baik yang akan mempercepat proses kesembuhan anak autis. 


Walau drama ini berpusat pada Shi On yang autis, tapi saya tersentil juga dengan cara dr. Choi membesarkan Park Shi On. Dr. Choi membesarkan Park Shi On dengan penuh kasih sayang tapi tidak memanjakan. Park Shi On dilatih untuk mandiri dan teratur, sehingga memudahkan Shi On saat ia dewasa. 

Proses yang amat sangat panjang dan lama yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki kesabaran. Entah apa jadinya jika Shi On masih tetap dirawat oleh kedua orang tuanya. 

Bagi saya, Good Doctor bukan hanya sebuah drama pengisi waktu hari Senin-Selasa, tapi juga nasehat untuk saya sebagai orang tua agar bisa sabar dalam mengasuh dan mendidik anak. Autis ataupun bukan, anak tetaplah anak yang dibentuk oleh orang yang membesarkannya. 

Let's be a good parents for our children.  

Note :


Irfa, terima kasih banyak sudah menemani saya untuk menulis sinopsis ini. Ternyata susah juga ya ngerecap drama medis. So many ups and downs through this journey, and I feel grateful for you being my partner. Jangan kapok, ya, Fa...

Untuk semua yang mengikuti sinopsis Good Doctor, terima kasih banyak karena tetap sabar menunggu sinopsis yang tak sesuai dengan jadwal tayangnya. Ternyata ngerecap drama medis jauh lebih sulit dari drama romcom. *Ya iyalah... tepok jidat* Terima kasih atas kesabarannya dan pengertiannya. You're the best readers I ever have. 


9 comments :

  1. Terima kasih sudah merekap drama good doctor mba dee ....
    *membungkuk

    ReplyDelete
  2. Zma2 mba..!
    "nde,ceonamanayeo" -"ghamsahamnida" :D
    mkzih jga dah mw lnjutin,,wlaupun dah zlezai film'y..! :D

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih jg bwt mbak dee dan irfa yg uda mau merecap drama ini. Krna aku jd tau istilah penyakit2 dlm drama GD ini. Klo gk baca sinopsis dr mbak dan irfa mugkin aq uda tersesat *puyeng*

    ReplyDelete
  4. sama-sama mba dee^^ makasih juga karena dah diajakin,,, iya mba,, aku juga ngerasa banget, recaps drama medis lebih sulit dibanding recaps drama lain, apalagi Good Doctor termasuk yang banyak dialognya, jadi lumayan susah juga untuk menterjemahkan beberapa adegan.

    dari pengalamanku menonton beberapa drama medis, drama ini memang drama medis lain dari drama medis kebanyakan, pesan yang disampaikan bukan hanya tentang hubungan dokter-pasien dan intrik RS, tapi juga tentang perjuangan PSO sebagai dokter, penerimaan orang-orang sekitar pada kondisinya dan dukungan mereka yang membuat PSO berusaha menjadi dokter yang baik seperti yang diharapkan banyak orang, bukan dokter yang baik seperti yang ada di pikirannya...

    thanks juga buat semua reader yang udah setia baca dan menunggu postingan kami berdua^^

    ReplyDelete
  5. Aaaa~~~ Keren banget...
    Apalagi oppa aku yg keren (Jo Woon )..

    Kamsahamnida !! *bow

    ReplyDelete
  6. Keren mbak, salut dg ceritanya....kita jd tau tentang dunia medis, projek selanjutnya brain donk mbak irfa kuk cm ampe episode 7 aja

    ReplyDelete
  7. masih on the way nonoton film nya nih... asli keren... nangis sampe nontonnya,...

    filmnya berspusat terus sama shi on, jadi penasaran banget sama hubungannya sama yoon seo, soalnya hampir ga ada scene yang melihatkan gimana perasaan sebenernya si yoon seo... jadi merasa bener2 jadi shi on.. :')

    ReplyDelete
  8. Semoga good doctor ada season 2, karena park shi on dan yoon seo endingnya belum nikah , yoon seo belum mengenalkan park shi on ke ibunya yoon seo dan ibu yoon seo belum tau setuju atau tidak tentang hubungan yoon seo dengan park shi on karena sebelumnya ibu yoon seo mengenalkan (dijodohkan) yoon seo dengan seorang jaksa.. berharap ada good doctor lagi.. hehe

    ReplyDelete