rotator and add

June 27, 2013

Sinopsis Gu Family Book Episode 24 - 2 (Final)

Sinopsis Gu Family Book Episode 24 - 2


Semua tahu kalau malam ini adalah malam terakhir Yeo Wool. Gon hanya bisa berdiri mematung di halaman, menangis menatap pintu gerbang yang terbuka, “Yeo Wool-ssi..”



Kang Chi duduk termenung di kamar Yeo Wool. Bunga pemberiannya sudah layu. Tae Soo muncul dan berkata kalau tebakannya benar, “Kau pasti ada di sini.”


Kang Chi menatap kosong pada bunga layu itu dan berkata kalau ia tak percaya Yeo Wool sudah tiada, “Orang itu, yang selalu tersenyum dan menangis di depanku beberapa saat yang lalu, telah hilang,” ia menghela nafas.”Aku tak dapat menemukannya atau menemuinya lagi. Aku bertanya-tanya, jika aku tak bertemu dengannya, apakah ia akan lebih baik lagi? Mungkinkah ia lebih berbahagia?”


Tae Soo pun mengatakan kalau jika ia disuruh memilih antara hidup 100 tahun sendiri atau 100 hari bersama orang yang ia cintai, maka ia akan memilih yang kedua, “Yeo Wool merasa lebih berbahagia karenamu. Bukankah itu sudah cukup?”


Kang Chi tersenyum mendengar kata-kata Tae Soo yang menghibur. Tapi ia tak dapat menyembunyikan kesedihannya saat melihat bunga itu lagi.

Tae Soo pun mengajak Kang Chi keluar karena saatnya telah tiba.

Saatnya telah tiba? Untuk apa?


Ternyata Kang Chi berniat untuk meninggalkan Moo Hyung Do. Ia berpamitan dengan seluruh penghuni Moo Hyung Do. Guru Dam bertanya apakah Kang Chi akan memulai pencarian Buku Keluarga Gu?


Kang Chi menggeleng, “Saya berpikir untuk hidup di dunia ini sebagai makhluk abadi untuk sementara waktu. Sampai saya bertemu dengan seseorang yang membuat saya ingin menjadi manusia lagi, saya  berencana untuk menunda pencarian itu.”


Guru Gong Dal menyerahkan sebungkus obat pada Kang Chi, “Kau melakukan perjalanan jauh dan jika kau merasa tubuhmu kurang sehat, makanlah obat ini. Ini obat khusus racikan Gong Dal.”


Ia juga memberikan cincin yang selalu ada di ibu jarinya pada Kang Chi, sebagai tanda ia telah menerima Kang Chi sebagai muridnya. Kang Chi berterima kasih.


Pelayan Choi maju ke depan dan memeluk Kang Chi. Ia tak dapat menutupi kesedihannya namun ia mengerti perasaan putranya, “Jagalah dirimu baik-baik.” Eok Man bertanya apakah Kang Chi akan sering mampir? “Ya, aku akan sering datang kemari.” Pelayan Choi mengusap air matanya, begitu pula Eok Man.


Sebelum Kang Chi benar-benar pergi, Guru Dam memberikan sesuatu pada Kang Chi. Pedang Yeo Wool, “Jagalah pedang ini baik-baik. Kali ini jangan patahkan lagi.”


Kang Chi menatap pedang itu dan sontak kerinduan dan kesedihan itu datang kembali. Matanya berkaca-kaca saat ia mengangguk pada Guru Dam. Sung menangis karena harus melepas hyung-nya. Tae Soo lebih tabah. Ia mengangguk, menenangkan Kang Chi, “Sampai bertemu lagi.”


Kang Chi pun membungkuk, menghormat untuk yang terakhir kali pada semua dan berjalan pergi meninggalkan gerbang Moo Hyung Do.


Gon yang selama perpisahan itu menghilang, ternyata diam-diam mengantar kepergian Kang Chi. Ia menatap punggung Kang Chi dan berkata dalam hati, “Jaga dirimu baik-baik.”


Kang Chi merasakan kehadiran Gon. Tanpa menoleh ke belakang, ia pun melambaikan tangan yang membawa pedang Yeo Wool dan berkata dalam hati, “Hiduplah dengan baik, temanku.”


Chung Jo mendapat kiriman. Rompi yang khusus ia jahit untuk Kang Chi. Ia tersenyum sedih melihat isinya dan berkata, “Cho Ryeon Soo In, Jin Yeon Wan In.”


Gob Dan bingung mendengar ucapan Chung Jo, maka Chung Jo pun menjelaskan isi peribahasa itu, “Cinta pertama membantu seseorang untuk tumbuh dewasa, sedangkan cinta terakhir yang menyempurnakan orang itu. Sepertinya hati Kang Chi sekarang  sudah sempurna.”


Chung Jo mendatangi penjara dan menyuap penjaga agar bisa masuk ke dalam dan menemui Jo Gwan Woong. Jo Gwan Woong sekarang hanya terpekur diam. Tangan kanannya sekarang hanya menyisakan tangan tanpa tangan.


Chung Jo menyapa Jo Gwan Woong yang kelihatannya sudah tanpa semangat hidup. Hmm.. karena kehilangan tangannya atau kehilangan soulmate-nya?


Kedatangan Chung Jo kali ini untuk menemani Jo Gwan Woong minum untuk terakhir kalinya sebelum Jo Gwan Woong diasingkan. Hal yang sangat jarang terjadi. Jo Gwan Woong pun enggan menerimanya, hingga Chung Jo harus menaruh gelas itu ke dalam tangan pria itu.


Jo Gwan Woong menerima gelas itu dengan tatapan hampa. Chung Jo meminta Jo Gwan Woong untuk meminum air di gelas itu, “Sekarang .. ini adalah saatnya kau mengakhiri kehidupanmu yang menjijikkan.”

Jo Gwan Woong heran melihat Chung Jo yang sangat baik padanya. Tapi Chung Jo tak berniat baik, “Aku hanya ingin mengakhiri hidupmu dengan tanganku sendiri.”


Tetap tersenyum, Jo Gwan Woong meminum racun itu dan meminta, “Terus tuangkan.” Chung Jo pun menuangkannya lagi, mendengarkan Jo Gwan Woong yang mengeluh kalau kehidupannya sangat hambar dan membosankan, “Aku tidak serakah, aku hanya ingin merasakan kalau aku hidup.”

Whaa… filosofi hidup yang aneh. Gini kali ya pikiran para koruptor?


Racun itu mulai bekerja. Jo Gwan Woong pun memuntahkan darah. Terus memuntahkan darah.. walau Chung Jo sudah pergi meninggalkannya.


Dan Jo Gwan Woong pun mati sendirian dalam penjara.


Kang Ch berjalan sendiri dalam gelap. Dan ia terkejut melihat Lee Soon Shin berdiri menunggunya seakan tahu kalau ia akan datang. Mereka pun berjalan berdua dengan dikawal beberapa prajurit. 


Lee Soon Shin berkata setelah kejadian di penginapan, anak buahnya tak mau meninggalkannya walau hanya sejenak. Kang Chi  tersenyum, “Jika saya jadi mereka, saya pun juga akan melakukan hal yang sama.”


Lee Soon Shin bertanya kemana Kang Chi akan pergi. Kang Chi sendiri tak tahu, membuat Lee Soon shin bertanya lagi, “Apakah kau akan pergi tanpa tujuan?” Kang Chi mengiyakan.


Maka Lee Soon Shin pun memberi nasehatnya untuk yang terakhir kali, “Tak ada jawaban yang benar untuk menjawab bagaimana kita hidup sebagai manusia, Kang Chi. Tapi untuk menjadi manusia yang lebih baik, kau harus mengerahkan seluruh usahamu.

“Jangan pernah tunduk pada ketakutanmu.  Semakin kau berusaha, kau akan semakin kuat.” Kang Chi mengangguk, memasukkan nasehat itu dalam hati. Lee Soon Shin pun melanjutkan, “Dari sekian banyak orang yang pernah aku temui, kau adalah orang yang paling baik.”


Kang Chi berkata jika Lee Soon Shin membutuhkan bantuannya dalam peperangan nanti, ia akan datang membantunya. Namun ada pertanyaan yang masih mengganjal di hatinya dan ia ingin tanyakan pada Lee Soon Shin, “Menurut Anda, apakah Buku Keluarga Gu benar-benar ada?


Sejenak Lee Soon Shin terdiam, dan kemudian ia berkata, “Kalau kau percaya bisa menjadi manusia, maka buku itu mungkin ada.”


Kang Chi tersenyum, membungkuk pada Lee Soon Shin dan ia pun berjalan pergi di bawah bulan sabit.


Kamar Yeo Wool kosong, tanpa penghuni. Hanya bunga ungu yang telah layu saja yang menghuni kamar itu. Dan hanya cahaya bulan yang menerobos jendela, yang menerangi ruangan itu.


Mendadak muncul butiran cahaya biru yang bertebaran, mengecup bunga itu hingga mekar kembali.


Dan inilah lompatan waktu terbesar di kdramaland. 422 tahun kemudian di Seoul. Tahun 2013. Di sebuah penthouse yang tampak modern, terpajang beberapa barang kuno.


Guci obat yang mirip guci obat milik Guru Gong Dal. Pedang yang terpajang di dalam kotak kaca dengan tiga bunga seperti pedang Gon. Selempang bergambar bunga anggrek milik Soo Ryun dan kotak kayu yang saya tebak adalah milik Tae Soo. Dan di atas semua itu, ada sebuah pedang berwarna kebiruan, yang tak pelak lagi adalah milik Yeo Wool. 


Di atas meja di dalam sebuah vas ada terpajang bunga ungu, mirip dengan bunga yang pernah mekar kembali 422 tahun yang lalu.


Di dalam kamar mandi ada seorang pria yang sedang bersantai, berendam di bathtub sambil membaca majalah yang menampilkan seorang pria yang mirip Guru Gong Dal menerima penghargaan atas penemuan obatnya. Kotak obat berwarna kuning yang mirip dengan guci yang tadi kita lihat di lemari kaca.


Handphone pria itu berbunyi, namun pria itu tak mendengarnya karena asyik mandi, mengeringkan rambut dan memilih baju. Di ibu jarinya, tersemat cincin yang dulu pernah diberikan Guru Gong Dal pada Kang Chi. 


Dan di dalam lemarinya tergantung rompi merah milik Kang Chi.


Ia akhirnya mengangkat handphone yang tak berhenti berdering. Dari Yoo Yeon Seuk (Nama asli Tae Soo). Dan Yeun Seuk pun langsung ngomel karena pria itu belum datang juga, padahal pria itu adalah bintang dalam pesta yang sedang berlangsung.

Kang Chi-kah itu? Atau keturunannya? Atau reinkarnasinya?


Pria itu adalah Kang Chi, karena dari jendela penthousenya, ia menatap bulan sabit dan berkata dalam hati, “Itu adalah bulan sabit yang ke-5221 yang kujalani sendirian.”


Sementara di bawah ada seorang wanita yang berlari terburu-buru, pria itu memandang pedang Yeo Wool dan berkata dalam hati, “Dan ini adalah tahun ke-422..”


Seorang pria memanggilnya, sehingga ia menoleh. Dan benar, itu adalah Kang Chi.


Kang Chi menoleh  dan tersenyum pada Pelayan Choi, yang setelah 422 tahun pun tetap menjadi pelayan.


Kang Chi turun dan disambut dengan Eok Man yang juga tetap menjadi pelayan. Mungkin di jaman dulu Eok Man ini adalah yang mengurusi kuda, karena sekarang ia menjadi petugas valet service. Dan Kang Chi pun sekarang memanggilnya dengan Eok Man.

Dan, eih.. si Eok Man ini memanggil kang Chi dengan panggilan Sajang-nim? Berarti Kang Chi punya perusahaan, dong.


Eok Man yang sekarang tak mau dipanggil dengan nama itu karena nama sebenarnya adalah Ki Bang. Tapi Kang Chi tertawa dan mengatakan kalau ia selalu mengatakan hal itu karena ia sudah tua. Ki Bang ikut tertawa, tapi setelah Kang Chi pergi dengan mobil putihnya, Ki Bang pun ngomel, “Becanda, ya.. Dia kan lebih muda dariku.”


Kang Chi menikmati suasana Seoul dan berkata dalam hati, “Kehidupan berlalu dengan cepat. Dan cara manusia hidup pun juga sangat berubah,” ia melewati patung Lee Soon Shin dan tersenyum, “Begitu pula sejarah yang ada.”


Mobil Kang Chi berhenti karena lampu merah, dan saat itu ia melihat ada seorang wanita yang berlari melintas di depannya. Mirip, mirip sekali dengan Yeo Wool, dan itu membuat Kang Chi tertegun. Namun ia tak sempat berpikir panjang karena lampu sudah berganti hijau dan mobil di belakang sudah memburunya dengan klakson.


Kemampuan Kang Chi sepertinya semakin terasah, karena sekarang ia bisa mendengar dari jauh teriakan orang minta tolong. Kang Chi yang baru saja turun dari mobil, mendesah kesal dan mencoba mengabaikan teriakan itu. Tapi teriakan itu terus bergaung di telinganya.


Ternyata yang berteriak adalah Gonita yang sedang ditagih hutang. Bukan hutangnya  sendiri, melainkan hutang kakaknya. Oleh siapa? Tak lain dan tak bukan oleh Ma Bong Chul yang sekarang juga menjadi preman plus rentenir.


Eh, ngomong-ngomong sekarang kriting spiral lagi ngetrend, ya? Rambut Gonita itu sekarang dikeriting spiral dan kemudian baru diikat.


Bong Chul merampas tas Gonita, namun tas itu tak bertahan lama ia pegang karena ada seseorang mengambil tas itu. Bong Chul berbalik kesal, dan menantang pria itu.


Kang Chi yang mengambil tas itu. Ia terbelalak kaget namun senang saat melihat Bong Chul dan Guru Yeo Joo ada di hadapannya, “Dan kau masih suka memalak? Bahkan setelah kau lahir kembali pun, bagaimana mungkin..”


Bong Chul tak tahu apa yang Kang Chi bicarakan. Ia tak tahu siapa Bong Chul, ia hanya ingin ta situ. Maka Kang Chi pun berkata, “Pergilah sebelum hitungan ketiga. Satu, dua…. tiga.”

Eih.. bahkan setelah 422 tahun pun Kang Chi pun masih suka menghitung?


Mata Kang Chi berkilat kehijauan sebelum ia melawan Bong Chul cs. Dan seperti 422 tahun yang lalu, ia pun dengan mudah mengalahkan mereka.


Kang Chi mengembalikan tas pada Gonita yang malu-malu menerimanya. Namun terdengar teriakan, “Diam di tempat! Angkat tanganmu!”


Bong Chul pun reflek mengangkat tangannya, tapi sesaat kemudian ia dan kroninya kabur dengan merampas tas Gonita. Gonita pun ikut lari mengejarnya, begitu pula Kang Chi.


Tapi suara itu tetap menyuruhnya untuk diam di tempat atau ia akan menembak Kang Chi. Kang Chi yang akhirnya mengangatkat tangannya lagi, walau dengan menghela nafas, berbalik dan berkata, “Maaf, kau pasti salah sangka. Aku hanya..”


Dan ucapannya berhenti karena ia melihatnya.


Ia melihat bayangan seorang gadis menghampirinya dengan pistol di tangan. Semakin dekat, wajah itu semakin jelas. Wajah milik seseorang yang ia tunggu selama 5221 bulan.



Yeo Wool.


Dan tak sadar, nama itu terlontar dari mulut Kang Chi, membuat gadis itu terkejut, “Bagaimana .. kau tahu namaku?”


Kang Chi tetap diam terpana, dan Yeo Wool pun menurunkan pistolnya dan bertanya lagi, “Bagaimana kau tahu namaku?”

“Jika aku bertemu denganmu lagi, maka saat itu aku akan mengenalimu lebih dulu. Jika aku bertemu denganmu lagi,maka saat itu aku akan mencintaimu lebih dulu.”


“Apakah kau mengenalku?” tanya Yeo Wool ragu.


Mata Kang Chi berkaca-kaca, larut dalam kebahagiaan dan menjawab, “Mungkin aku mengenalmu. Mungkin juga tidak.”


Dan ia menyadari kalau ia menemukan Yeo Wool di sebuah tempat dengan pohon sakura yang berdiri di bawah bulan sabit.

“Dan waktuku yang berhenti itu, sekarang berjalan kembali.”


Ia pun tersenyum.  Tanpa keraguan, tanpa ketakutan.

Komentar :

Err… Saya tak tahu harus komentar apa, karena banyak sekali yang ingin saya komentari. Kalau boleh jujur, saya tak begitu puas dengan endingnya. Ending di 10 menit terakhir.


Bagaimana mungkin seorang makhluk gaib, atau mungkin disebut makhluk abadi, bisa hidup di dunia manusia yang bisa tumbuh dewasa, menua dan mati? Wol Ryung bisa survive selama 1000 tahun karena ia hidup sendiri di gunung.

Jawaban yang mungkin memuaskan saya adalah karena mungkin Kang Chi hidup seperti highlander. Tahu kan Highlander? Manusia abadi yang hidup sudah ada dari jaman Sebelum Masehi. Dan highlander pun hidup berpindah-pindah.

Mungkin begitulah Kang Chi hidup selama 422 tahun. Berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dan mungkin tinggal suatu tempat, maksimal 10 tahun. Karena jika tidak, orang akan curiga dengan wajahnya yang selalu imut. Kan jaman dulu botox belum ditemukan.

Dan berkat penemuan botox dan facelift, Kang Chi bisa lebih lama tinggal di Seoul. Dua puluh tahun mungkin bisa. Lebih dari itu, mungkin Kang Chi akan dikejar-kejar oleh para wanita dan dokter bedah plastik, untuk ditanyai dimana Kang Chi melakukan plastic surgery-nya.   


Lalau bagaimana Kang Chi bisa kaya? Helloww.. 422 tahun gitu lohh.. Selama itu ia hidup, ia pasti juga bekerja. Yang pasti, Kang Chi masih tetap berhubungan dengan Gon, Tae Soo, Soo Ryun, Guru Gong Dal dan Guru Dam. Barang-barang kenangan itulah yang membuktikan. Dan mungkin bunga ungu itulah yang meyakinkan Kang Chi ia dapat bertemu dengan Yeo Wool. Bunga berumur 422 tahun. Whhoa..

Pasti rasanya menyakitkan bagi Kang Chi saat melihat semua orang menua dan meninggalkan dirinya hanya dengan benda kenangan itu. 

Mungkin ia berpetualang dari satu daerah ke daerah lain, satu negara ke negara lain. Mungkin juga ia sempat berlayar ke tanah Jawa yang katanya dulu gemah ripah loh jinawi. Siapa tahu? Mungkin ia adalah salah satu awak kapal Jenderal Cheng Ho yang sempat bermukim di Semarang.

Dan jika Kang Chi cukup pintar, ia akan menyimpan emas. Logam, yang 422 tahun yang lalu dengan sekeping emas hanya bisa dipakai membeli beras puluhan karung, sekarang bisa dipakau untuk membeli beras berjuta-juta karung. *kumat lebaynya*

Hhh… walaupun dengan premis yang sedikit tak masuk akal, tapi saya memutuskan untuk menerimanya. Seperti kata Biksu So Jung pada Kang Chi, “Bagaimana jika itu adalah takdirmu juga? Kau tak punya pilihan lain selain menerimanya. Pergi dan temanilah Nona Yeo Wool. Hanya itulah yang bisa kau lakukan.”

“Bagaimana jika itu adalah takdirmu juga? Kau tak punya pilihan lain selain menerimanya. Pergi dan buatlah komentar yang menyesuaikan drama ini. Hanya itulah yang bisa kau lakukan.”
Tapi tetap saja.. kenapa semua orang yang mengenal Kang Chi lahir di jaman yang sama? Kemunculan semua orang itu malah  membuat Yeo Wool tidak spesial. 


Tekhnologi Informasi sekarang berbeda dengan TI 422 tahun yang lalu. Bahkan 20 tahun yang lalu pun juga sudah berbeda. Sekarang semuanya berbasis data. Dan bagaimana mungkin seorang makhluk abadi mempunyai data kelahiran, orang tua, tempat tinggal. Akte kelahiran? Mana sempat Papa Gu dan Mama Gu buat akte.

Tapi seperti di Indonesia di tahun 1980-an, punya KTP ganda aja gampang, apalagi memalsu sesuatu. Di Korea pun pasti mengalami jaman itu. Dari tak ada menjadi ada. Kang Chi pun pasti bisa membuat identitas palsu di jaman itu.


Namun sayangnya, sekarang di Korea, data pribadi sangatlah detail. Kita bisa melacak siapakah leluhur kita. Identitas Kang Chi mungkin mencurigakan, sehingga ada pegawai pemerintah yang menemuinya. Kedua orang ini muncul di akhir drama. Setelah ending title.


Kang Chi kaget campur senang melihat Gon datang dan menunjukkan kartu identitasnya, Bang Sung Joon. (Nama asli Gon. Jadi jangan panggil dia Mas Sung Joon, ya..) 


Dan ada Lee Soon Shin di sebelahnya.


Untuk apa? Mungkin untuk menyelidiki identitasnya. Atau untuk memberi petunjuk kalau akan ada Season 2? Bukankah ternyata judul resmi drama ini adalah Kang Chi The Beginning? 


Dan menurut saya, drama ini tidak berakhir dengan open ending, tapi happy ending. Karena, walau ada pohon sakura dan bulan sabit di pertemuan mereka ini, kali ini Kang Chi tak takut lagi dengan ramalan Biksu So Jung. Saya rasa ucapan Lee Soon Shin lebih membekas di hatinya dibanding ucapan Biksu Sojung. Jika kau percaya kalau kau bisa menjadi manusia, maka buku itu memang ada.

Jika Kang Chi takut kalau ramalan itu benar, maka ramalan itu akan terbukti.


Maka Kang Chi sekarang tak akan takut lagi. Ia memilih untuk tak takut dan tak peduli apakah ramalan itu masih berlaku atau tidak dengan reinkarnasi Yeo Wool sekarang. 


Pada saat Kang Chi melamar sesaat sebelum Yeo Wool meninggal, saya langsung terpikir, “Jangan-jangan lagu Lee Seung Gi yang akan muncul, nih.” Lagu Will You Marry Me-nya Lee Seung Gi ini rekor loh. Pernah diputar di 4 drama populer. Shining Inheritance, Prosecutor Princess, A Gentleman’s Dignity dan Big. Hanya drama Big yang belum saya tonton. Adakah lagu itu?

Karena lagu itulah yang akan dinyanyikan Kang Chi saat melamar Yeo Wool versi modern nanti, caranya seperti ini.


Fanny, thank you. So much. Banyak sekali recap yang aku buat ketunda, karena ini karena itu. Juga men-take over preview dan BTS GFB ini karena aku bener-bener nggak sempat untuk mampir ke forum soompi. You're the best, chingu.. :)


Dan semuanya, terima kasih telah menemani kami. This drama would never been fun without you. :)

Note :


Drama dan sinopsis ini selesai pada bulan Juni 2013. Dan, entah mengapa, banyak yang merasa kurang puas dengan endingnya. Oleh karena itu, di pada akhir Juni saya mengadakan Giveaway Kutudrama : Let's Make Your Fanfiction - Gu Family Book.

Dan pada awal Juli, sudah didapatkan pemenangnya. Giveaway ini diikuti oleh 71 readers kutudrama, dan semuanya keren-keren. Ingin baca fanfiction mereka? Baca di bagian Comment di postingan ini.

Saya sudah menentukan 5 orang pemenang dengan 1 pemenang utama. 4 pemenang lainnya adalah setara, urutan ini bukanlah dari yang paling bagus atau yang paling panjang. Randomly order. Dan inilah versi fanfiction Gu Family Book yang saya pilih :

Mocca

221 comments:

  1. FIRST see


    ida dedabes

    ReplyDelete
  2. Akhir x cerita xa selesai juga,mudah mudahan season 2 xa ada
    *e,d,r*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mudhan aj... amin..

      Delete
  3. Endingnyaaa seperti membuktikan ramalan biksu yaaah.
    KENAPA PAKE MATI SEGALA...PAKE REINKARNASI..
    DAN KENAPA SEMUA REINKARNASi
    tapi karena dari awal ini cerita imajinasi,,,WAJAR SIH Endingnya GA WAJAR.

    Mba dee kayakx KANCHI sama dengan CULLEN SEKELUARGA..tajirrr uyy..
    Harusss tajir donk..masa hidup 400 tahunan kerja..ga tajir2..HAHAHHAA

    thanks mba dee & mba Fanny
    WAIT NEXT PROJECTNYAAA...

    Ida dedabes
    first see
    first comment
    24-2 ( ending ) ^__^

    ReplyDelete
  4. Makasih sinopsisnya >< sukses bikin nangis..
    Oia, Kak Dee, jgn2 perusahaan yg dimiliki Kang Chi sekarang itu sebuah hotel? Kan dia bilang ke Jo Gwan Woong klo bakal mengambil penginapan 100 tahun di eps ini.. hihihi, trus susasana pas Kang Chi ngambil mobil, kyak suasana hotel.. cuma nebak aja sih ;;) ditunggu sinop selanjutnya. Gomaweo unnie :)

    ReplyDelete
  5. dtunggu fan fictionnya mbak dee...ngarep.com

    gumawo mbak dee

    ReplyDelete
  6. Melihat endingnya dmna kangchi hidup sbg manusia abadi d jaman modern, jadi inget sama Guru Dong Ju di MGFIG.. Sama2 dr masa lalu dan ttp hidup d jaman modern.. Heee..

    ReplyDelete
  7. gak nyangka sama Endingnya , tapi tetep keren kok...
    thanks buat mbak Dee dan Mbak Fany , di tunggu ya karya selanjutnya
    #semangat mbak

    ReplyDelete
  8. Huaaaaq endingnya bagus walau ga seperti yang kubayangkan, kang chi guanteng deh apalagi pas sama mobil putihnya hahaha

    ReplyDelete
  9. thank you, Dee^^
    Selalu menyenangkan bisa bekerja bersama Dee *hug*

    ReplyDelete
  10. Akhirnyaaaah... The end.. (˘̩̩̩.˘̩ƪ) Makasih yaa Dee *,*
    Oiya, Dee, abis ίиί mo nyinop drama Λρɑ Ɩǻƍί yaa (selain My daughter Seoyoung) ??? #paling suka baca tulisan Dee & Fanny
    (Vi)

    ReplyDelete
  11. teori mba dee ttg ramalan itu menarik, jd sebenernya sebelum kang chi tau ttg ramalan itu, bisa ajh ramalannya g terjadi, kn yeo wool g percaya, hubungan mereka jg lancar2 ajh, tp semua berubah saat kang chi tau ramalannya, dia mulai takut, dan saat itu ramalan yg dia takutkan justru terjadi. Nice teory, memberikan pencerahan.
    Klo d forum soompi bnyk yg nanya, knp pas yeo wool modern bertanya apakah kamu mengenalku? kang chi menjawab “Mungkin
    aku mengenalmu. Mungkin juga tidak.”. ada teori bagus.


    "one thing for sure, after their reunion,
    kang chi said, i dont know, not sure
    wether i know u or not ..right? i think it
    means he didnt know for sure wether she
    is the YW that he was looking for after all
    these years and wether she is the same
    YW that promised him to meet again..
    then he suddenly saw the peach tree with
    crescent moon hanging above it... and
    then he smiled... its like in his mind is; YES,
    SHE IS YEO WOOL THAT I HV BEEN SEARCHING
    FOR... just because the peach tree and
    moon, the same hint of their fate
    together... and after that the narration
    of a nd now, my time that had freezed
    started to flow again..."

    aarrgghh, bnyk teori dan spekulasi niih, tp mba dee mw bikin fanfiction kn?jd mudah2an fanfiction nya bisa memuaskan para healer yg msh ngerasa kurang sreg sm ending GFB ini, uuppss bukan denk tp Kang Chi The Beginning.

    daebaakk..

    ReplyDelete
  12. Sukaa sukaa sukaaaaa,,,,

    ReplyDelete
  13. akhirnya galau selama ini berakhir juga,,, makasih banyak buat mbak fanny dan mbak dee yg telah membuat sinopsisnya ^_^.
    ngeliat ending dramanya jadi ke inget Twiligt series,, sepertinya kehidupan kang chi dan keluarga Cullen tu sama,, setelah beberapa tahun menetap di suatu kota berpindah ke kota lainnya, begitu seterusnya sampai akhirnya di Seouldan bertemu dengan Yeo wol
    berharap ada sesion 2 nya dimana kang chi di jaman sekarang benar2 mencari buku keluarga Gu.. ^_^

    1x lagi Gumawo mbak dee n mbak fanny

    ReplyDelete
  14. thankz mbak fandee couple, hehehe
    yang udah bekerja keras share sinopsisnya sampai akhir...
    berharap ada season 2 nya....
    drama korea emg ga pernah bikin bosen, selalu berkesan dan bikin galau....
    bakalan kangen sama kangdam couple nih.....T.T

    ReplyDelete
  15. terima kasih yaaa buat mbak dee n mbak fanny yg udah nyempetin wktu bikin sinop GFB ini, jeongmal kamsahamnidaaa
    pasti bakalan kangen sama kangch dan gon,
    ep 24 awal bikin nabgis kejer, dan endingnya momen kangchi yeowoolnya agak kurang gimana gitu yaa.
    tapi tetep salut buat seluruh crew dan cast yg udh ketja keras hingga drama ini selesei . kamsahamnidaaaaaa

    *betiibeb*

    ReplyDelete
  16. nah itu yang ku maksud, identitasnya kang chi dicurigai sama petugas keamanan (Gon sama LSS). jadi ngayal kalo LSS jadi direktur NIS dengan Gon sama Yeo Wool jadi agennya. nah kang chi akhirnya terlibat dalam intrik menghadapi JGW versi moderen. nama nya orang jahat tetep ada disemua zaman kan, trus ternyata gonita nim maksa Yeo Wool buat nemenin ketamu peramal (reinkarnasi SJ) buat ngeramal jodohnya, eh peramalnya malah ngeramal YW. trus dengan entah bagaimana caranya mungkin dengan bantuan SJ, YW teringat kembali masa lalunya dengan KC. tentang janji mereka bertemu kembali. gak rela soalnya YW reingkarnasi gak ingat dalamnya cinta mereka.gara-gara open ending jadi ngayal sendiri ...

    ReplyDelete
  17. Aaaah, Kang Chi The Beginning selesai! Tp aku tetep suka kok endingnya! XD Makasih Mbak Dee dan Mbak Fanny untuk duet kalian dalam merecap drama ini, tanpa kalian aku tak tahu bagaimana cerita ttg GFB ini! *eeaak* Sekali lg gumawo eonni! ^^ Ditunggu FF-nya mbak!

    ReplyDelete
  18. Kyakyakyakya ternyata udah selesei. Adakah drama yang seru lg ? Pengen baca sinopsisnya. Ada yang mau rekomendasi,n ? Ckckkck

    @badriyah1820

    ReplyDelete
    Replies
    1. I hear your voice ama The Queen Classroom seru critanya...

      Delete
  19. @badriyah : suka drama musikal g?monstar bisa jd pilihan, mirip2 fream high gituu. Lumayan siih, buat ngilangain sedih ditinggal KC dan YW.

    ReplyDelete
  20. wahhhhhh akhirnya gu family book end
    aduh sedih banget :(
    moga aja ada drama lagi yang sekeren gfb
    makasih buat mba dee dan mba fanny yang udah buat sinopsis gfb sampai selesai thankyu thankyu

    maaf selama ini jadi silent reader^^
    kamsahmnida

    ReplyDelete
  21. yaa ending nya
    tpii gpp ittu jgha menarik
    mkasih mba dee sma bma fanny
    re olin

    ReplyDelete
  22. Jujur, aku oke oke aja tuh dgn ending drama ini , aku bakalan sedih atau galau bgt apabila endingnya cuman disini aja. Menurut aku emang perlu obat penawar rasa galau kita atas kematian yoewol dn berpisahnya yoewol ama kangchi oleh karena itu SW- nim membuat cerita masa depan mereka dan sedikit mengobati rasa galau penonton dgn secercah harapan mereka akan bersatu kembali . .
    Walaupun ada yg bilang ga nyambung aku cukup terobti . Malahan aku pengem bgt ada edisi special tntg kehdupan era 2013 pengen bgt liat stylish mereka. . Aplg pas liat di akhr ada gon ma lee soon shin pake kaca mata hitam bareng XD LOL bgt. . Lucu + ngakak dh. .
    Buat mba deefanny gumawo postingan kalian menemani hari hari ku
    _latifah

    ReplyDelete
  23. ​​τнanκ чoü dou FanDee..... Ditunggu duet maut buat sinop selanjutnya
    ^^, huuuggggg, love both of you dear
    Ternyata ending nya gak spt yg dibayangkan
    Jo gwan woong edan matinya cepat amat, gak sebanding ama perbuatannya
    *sejak awal berharap woong edan diasingkan ke pulau terpencil, menderita krn hrs bekerja sbg budak, trus mati perlahan2 sbg tawanan
    Drama ini benar2 drama fantasi dan menguras emosi + air mata

    ReplyDelete
  24. ahkhirnyaaaa selesai, aku ngikutinnya dari awal sampai akhir. makasih buat mbak Fanny Kurniawan dn Dee. do'ain aja semoga ada Gu Family Book season 2. rasanya nggak puas dng ending yg satu ini.. sekali lagi Gomawo !

    - Wulan -

    ReplyDelete
  25. Selesai sudah ... Benar2 berharap ada season2nya nih... Terima kasih banyak buat mba Dee dan Mba Fanny utk sinopnya ... ^^

    ReplyDelete
  26. kereeeeeeeeeeen,tp jd sedih jg endingnya gitu sih

    ReplyDelete
  27. Thankyou mbak dee mbak fanny buat sinopsis nya selama ini..ahh endingnyaa sumph bikin banjr air mata tapi ngakak jugga.kkk.
    ehh bikinin fanfiction nya mbak dee..hhhehee.

    ReplyDelete
  28. Jujur, aku oke oke aja tuh dgn ending drama ini , aku bakalan sedih atau galau bgt apabila endingnya cuman disini aja. Menurut aku emang perlu obat penawar rasa galau kita atas kematian yoewol dn berpisahnya yoewol ama kangchi oleh karena itu SW- nim membuat cerita masa depan mereka dan sedikit mengobati rasa galau penonton dgn secercah harapan mereka akan bersatu kembali . .
    Walaupun ada yg bilang ga nyambung aku cukup terobti . Malahan aku pengem bgt ada edisi special tntg kehdupan era 2013 pengen bgt liat stylish mereka. . Aplg pas liat di akhr ada gon ma lee soon shin pake kaca mata hitam bareng XD LOL bgt. . Lucu + ngakak dh. .
    Buat mba deefanny gumawo postingan kalian menemani hari hari ku
    _latifah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mian, Sebenernya aku mau posting coment ini di bagian 1 tapi ga bisa bisa . Gak apa2 kn hehe
      gumawo
      _latifah

      Delete
  29. Wuaahh akhirnya beres juga~
    makasih banget yaa mbak Fanny & Mba Dee yang udah ngeluangin waktunya buat nulis sinopsis gu family book...

    lumayan ngehemat waktu kalau baca... maklum, baru punya orok pengen nyari hiburan yang ga ngabisin waktu, susah~

    and... sampai akhirnya kita gatau apakah buku keluarga gu itu ada apa enggak ya ^^;
    endingnya rada konyol sih menurutku, tapi oke lah~

    ReplyDelete
  30. uuaaa.. thanks mba harus ada season 2 nie, kejar2an pake polisi lagi wih keren

    ReplyDelete
  31. wah akhirnya endingnya lompat ke seoul 2013 sungguh tidak terduga. dan profesi tokoh-tokohnya juga mirip dengan kehidupan mereka dulu, reinkarnasinya juga dijaman yg sama. lalu kmana chung jo ya... kalo 2013 kira2 chung jo jadi apa ya... (abaikan). tengkyu kutudrama n kdramatized kalian daebak....

    ReplyDelete
  32. thanks mb dee and mb fanny..
    bner2 seneng bgt bisa bca sinopsis yang kalian buat,
    ckup terkejut sih dengan ending yang lompatan wktu ny jauhhhhh bgt, tp kita harus terbuka kan dengan ending yang tak terkira dan mngejutkan, dan aku pribadi suka dengan ending yang seperti itu.
    berharap akhir tahun nnt mreka dateng breng ke acra mbc drama awards, bila perlu performance, duet apa kek, nyanyi ost guga jg boleh, trs menang awards. hahahaha #hope
    salut sama akting semua cast, apalg lee seung gi dan suzy (dia improve bgt sekrg).

    ReplyDelete
  33. Aaahhhhh akhir a sekesai jug... Ini coment prtma ku... Aq ngikuti dr awal ampe akhr...
    Mksh mb Dee n mb Fany...
    Pokokna Daebak....

    ReplyDelete
  34. wahhh.... ending nya mengejutkan .. tanks


    rika shinhye

    ReplyDelete
  35. akhirnya........yg dtunggu2 dtang jg.buat fanny & dee aku ksi jmpol 4//heeh.

    _lika_

    ReplyDelete
  36. Seasooonnn 2 HARRUUUUSSS ADAAAA !!!!

    ReplyDelete
  37. Kemaren smpt ketawa ketiwi cause banyak reader yg hampir percaya mb Dee cmn nulis part 1.. Hahaha.. Gak mungkin banget krn perjlanannya sdh sejauh ini..
    Ada byk pertanyaan di ending drama ini, tp kyk mb Dee sy coba menerima dan membuat alasan2 n jwbn2 sendiri agar semua tampak masuk di akal hehehehe....
    Makasih utk kerja kerasnya slm ini mb Dee.. *Boww..
    Smpe ketemu di episode akhir MDS hehehe... Semangatttt!

    ReplyDelete
  38. ending yg menarik...
    thanx for fanny en dee...i'm sure will be the next season of choi kang chi...

    ReplyDelete
  39. SETUJUUU !! ,,season 2 hrus adha, ,aq agk krang sreg liat kya gtu doang ending'a. .pngin liat gmna mreka merajut cinta mreka lg di msa depan :D. .. I hope :*

    ReplyDelete
  40. berharap..berharap dan sangat berharap klo ending di sini akan jadi opening di season 2...wahhh...ga kebayang deh, klo ampe mereka ngumpul lagi...seru banget..apalagi si Gon, pas dia buka kacamatanya itu lo....wkwkwkkwkwkk...ekspersi mukanya lucu....keren......

    ReplyDelete
  41. akh akhirnya selesai jg ni drama,nggk da lg yg ditunggu2 senin & selasa mlm,bkl kangen dgn GFB trutama Kang Chi & Yeo Wool..endingnya q suka,mgkin inilah ending yg terbaik dr SW-nim buat pntn setia GFB..walaupun berharap mrk happy endingnya dijaman Joseon..
    Semoga ada Kang Chi The Beginning 2 tpi hrs Lee Seung Gi & Suzy lg pemeran utamany...
    Trima Kasih yg sebesar2nya buat PD-nim,SW-nim seluruh Cast & Kru GFB yg sdh mmberikan Drama & Akting Terbaik..
    Buat Mb Dee trima kasih udh buat Sinopsis yg bagus & komentar yg keren..
    *mimi*

    ReplyDelete
  42. Ternyata hayalan aku tentang yeowool meninggal duluan dan reinkarnasi jadi nyata :D
    Tpi knpa aku ga dpet feel ending nya ya ,hmmm (-.-)
    Trus dtik ² perpisahan yeowool dan kangchi kok ga sesedih kaya moment soohwa ama wolryung ya , hmm lagi (-.-")
    Buad aku yg plg sedih justru acara kumpul ² terakhir di dapur guru gongdal, moment ayah-anak bikin aku berurai air mata (╥﹏╥)

    But over all thanks a lot bget buad FANDEE unnie couple *kisshug* aku tggu recomended drama kren lain temen semua yaaaaaaa *hope ada yg reply (ˇʃƪˇ)

    ReplyDelete
  43. Mb Dee & Mb Fanny....Thanks atas sinopsisnya selama ini yaaaaa......OKEEEE......we love you..... :) :) :)

    ReplyDelete
  44. Thanks mb dee n mba fanny buat sinopsisnya,,,,,,,,,,
    Aq seneng banget ngikutin ceritanya dari awal sampe akhir,
    Tapi liat endingnya kenapa kurang puas ya,,,berharap ada season 2,,,,
    Pengin liat choi khang chi n yeo wool sampe nikah gitu deh baru puaasss.

    ReplyDelete
  45. Wah akhirnya selesai juga nih, makasih mbak dee sm mbak fanny buat sinopsisnya :D
    Kira2 mau bikin sinopsis drama apa lagi nih? Hehe...
    Kalo aku sih suka sama ending kayak gini daripada yeo woolnya mati , kan kasihan Kang Chi kalo ga bisa sama yeo wool. Aku suka semuanya yang tiba-tiba aja muncul, sayang ga ada Chung Jo nih. Jangan2 Chung Jo jadi artis lagi. Berharap ada season 2.. Ditunggu fanfictnya ya mbak Dee :D

    -Dana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya ini komen pertamaku, mian ya baru sempet ngomen..

      Delete
  46. Katanya semua terlahir kembali kecuali Kang Chi, anehnya mn Guru Dam, Chung Jo, Dan Sung? Kok gk liat dri td.. ._.
    Semoga nnt bakalan ada Kang Chi The Beginning Season 2

    ReplyDelete
  47. uwaaaaa,,part2 nya udah ada
    masa depannya bt pensaran,,tp akhrnya kang chi ama yeowool ketemu lagi^^

    gumawo mba fan..

    *nisa

    ReplyDelete
  48. Season 2 bakal ada ..GFB 2 The Return Of Kang Chi :D

    ReplyDelete
  49. Hemm..akhirnya selesai..tapi aku ngga rela...mau liat kebahagiaan kang chi sama yeo wool...
    muda2an beneran ada season 2.,perjalanan kang chi jadi manusia sebenarnya.,trus endingnya kang chi bahagia sama yeo wool sampe punya anak.

    makasih..makasih..makasih buat mba dee n mba fanny yg sangat cepat bikin sinopsis gu family book,makasih juga buat analisis-analisisnya,berguna banget apalagi buat aku yg kadang suka 'lola' sama jalan cerita drama :D
    selalu menunggu sinopsis-sinopsis selanjutnya,soalnya kebanyakan drama yg aku tonton sinopsisnya dibuat sama mba dee :)

    ReplyDelete
  50. wahhhhh.. thank's mbak. semoga ada season 2 nya yaa..

    ReplyDelete
  51. finallyy~~~!!! Yaampun duo fandee~ thx bnget untuk sinopsisnya dri awal sampe akhir, thx untuk komen komen kalian di stiap akhr crita~ i appreciate you guys~ ^_^

    ReplyDelete
  52. yaaaaah, ga terlalu suka endingnya. *Berharap lebih dari itu.
    mkasih buat mba Fanny juga mba Dee, yang udah bikinin kita sinopsisnya selama ini....
    Gomawo..............

    "Dewi"

    ReplyDelete
  53. الْحَمْدُلِلَّهِرَبِّالْعَالَمِينَ sujud syukuurr
    [н̲̅]ɑ[н̲̅]ɑ[н̲̅]ɑ[н̲̅]ɑ[н̲̅]ɑ Lebaayy

    Trjawab sudh semua keraguan,ciee

    Gomawo fandee coupLe,,nunggu season 2 X ajh ada :P

    ReplyDelete
  54. masih nyesekk, pgn rerun lgi ni drama, tp qo bru jg liat lgsg sedih y?bnr2 blm bisa move on,, perasaan baru kali ini sebuah ending drama bnr2 berpengaruh ke perasaan kehidupan nyata..andwae andwaeee..blm ada serial baru yg bnr2 exciting niih. klo monstar cuma buat selingan ajh, tp karna mainnya seminggu sekali dan dikit bgt info yg ngomongin tg monstar jdi malah bulak balik nyari info ttg lee seung gi dan suzy.
    Suka liat foto2 press interview mereka, kyknya emg udh dekt bgt. seandainya itu YW dan KC :'(:'(
    huuufffttt

    ReplyDelete
  55. thankkkssss mba dee dan mba fanny....kutunggu sinop untuk drama-drama yang lebih seru lagi,,,

    ReplyDelete
  56. Tq mba Dee and mba Fanny, akhirnya selesai juga, walau ga memuaskan endingnya, tapi tetap berharap ada session 2...
    Banyak cerita yg ngambang, masalah keluarga SW dan keluarga CJ yg dituduh jadi pengkhianat ga dibersihkan namanya, dan yang utama buku keluarga Gu ny mana??? (Qlo judulnya KC beginning, makin yakin akan ada lanjutannya)
    Mengenai ramalan dari biksu SJ, qlo YW mati lagi, ga masalah kan KC tinggal nunggu ribuan bulan sabit lagi.. Toh dunia ga se sepi jaman dulu..baru nunggu .422 thn aja, uda punya ini itu, nunggu sabit2 selanjutnya, KC bisa punya satu negara :p trus tinggal bikin session 3 nya, dan session2 lainnya...dst(Wkwkwk ga ada abisnya)

    ReplyDelete
  57. woowww,,, akhirnya,,, susah diungkapkan dengan kata2,,
    thanks mba dee n mba fanny untuk sinopsisnya,,, keren,,,,
    GFB bikin hati ku gembira, hancur berkeping2 dan menyatu lagi karena gembira,,,
    Kang Chi & Yoe Wool, best couple,,,
    Bang sung joon,,,,,, lupphh youuuuu,,,,,,*orang ini seperti Indo betawi - Korea,,, hehe

    ReplyDelete
  58. super duper sedih nih krn ng ad lgi yg ditungu tunggu setiap hri senin dan selasa.semoga dgn ending yg bgtu pak produser mau bikin lg yg season 2.pokokny
    kamsahamnida buat fandee couple yg dh share sinopsny.tetep semangat.di tunggu project slnjtny..

    ReplyDelete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. Tq mba Dee and mba Fanny, akhirnya selesai juga, walau ga memuaskan endingnya, tapi tetap berharap ada session 2...
    Banyak cerita yg ngambang, masalah keluarga SW dan keluarga CJ yg dituduh jadi pengkhianat ga dibersihkan namanya, dan yang utama buku keluarga Gu ny mana??? (Qlo judulnya KC beginning, makin yakin akan ada lanjutannya)
    Mengenai ramalan dari biksu SJ, qlo YW mati lagi, ga masalah kan KC tinggal nunggu ribuan bulan sabit lagi.. Toh dunia ga se sepi jaman dulu..baru nunggu .422 thn aja, uda punya ini itu, nunggu sabit2 selanjutnya, KC bisa punya satu negara :p trus tinggal bikin session 3 nya, dan session2 lainnya...dst(Wkwkwk ga ada abisnya)

    ReplyDelete
  62. Tq mba Dee and mba Fanny, akhirnya selesai juga, walau ga memuaskan endingnya, tapi tetap berharap ada session 2...
    Banyak cerita yg ngambang, masalah keluarga SW dan keluarga CJ yg dituduh jadi pengkhianat ga dibersihkan namanya, dan yang utama buku keluarga Gu ny mana??? (Qlo judulnya KC beginning, makin yakin akan ada lanjutannya)
    Mengenai ramalan dari biksu SJ, qlo YW mati lagi, ga masalah kan KC tinggal nunggu ribuan bulan sabit lagi.. Toh dunia ga se sepi jaman dulu..baru nunggu .422 thn aja, uda punya ini itu, nunggu sabit2 selanjutnya, KC bisa punya satu negara :p trus tinggal bikin session 3 nya, dan session2 lainnya...dst(Wkwkwk ga ada abisnya)

    ReplyDelete
  63. makasih buat mb fandee couple dh d share sinopsisny slm ini.smg ada season 2ny.

    ReplyDelete
  64. makasih buat mb fandee couple dh d share sinopsisny slm ini.smg ada season 2ny.

    ReplyDelete
  65. Mbak Deee,,, mkasih
    saya sbenernya sdh nton Endingnya ni, tpi blum bsa mencerna and harus lihat2 diblog mbak ma mbk Fanny kekeke ^_^ Setujuuu dah ma komen mb' Dee....Fighting dech bwt mbak ditunggu Drama2 lain yg memikat hati... :)

    ReplyDelete
  66. waaaaaa.....akhirnya tamat jugaaa..... -__-
    mungkinkah nanti ada sequelnya.....*berharap ada oppa seunggi lagi :)
    koq endingnya kangci malah jdi kayak park dong jo yg di my girlfriend is gumiho ya...xixixiii

    thanks mb fanny n mba dee sinopsisnya....daebaaakk ^.^
    -tika-

    ReplyDelete
  67. Tak di sangka dramanya lebih bagus dari pada big yg dimainkan suzy sbelumnya :)

    Moda Άϑå .☀̤̈ yg kedua ηчά Ɣª??

    Penasaran,apa yg terjadi slanjutnya??

    ReplyDelete
  68. endingnya kurang enkny. . . . .
    ga ada crta kang chi jadi manusia apa ga. .
    semoga ada season 2 nya. . :-)

    ReplyDelete
  69. LOL Endingnya :D
    awal dan akhirnya tetep kocak ...

    Iya di BIG ada lagu "will you marry me", dinyanyiin Min Jung di bis waktu dia dpt rice cooker karena menang kisah cinta terbaik di radio :D

    Gimana tuh kaLo season2 ttg kangci modern :D

    ReplyDelete
  70. Margareth ImmanuelJune 27, 2013 at 12:33 PM

    ngarep pake banget, ada Gu Family Book season 2,3, ato bahkan 4 deh biar ga kalah sm cinta Fitri.. wkwkwkkw yaa buat menuntaskan ending yg menurut sy kurang pas gitu. kurang gigit. kurang bikin greget. hahahahaa..#lebay. Dee Eonni, Fanny Eonni, gomawo so muchh karna dah buat sinopsis ini. btw, komen yg terakhir itu bikin ngakak, wkwkkwkw.. salut buat kalian berdua, wonderful partner ^^.. ak juga menunggu sinop kalian yg lain lohh ^^

    ReplyDelete
  71. Sedih selesai baca sinopsis.a..;(
    but,, akhirnya ending juga

    ReplyDelete
  72. Eehh sedikit ngga nyambung nih..
    Lagu "will you marry me" nya Seung Gi starring Park Shin Hye juga lucu, enak buat ditonton.. he..he..

    Tuh kan.. beneran ngga nyambung .. :)

    ReplyDelete
  73. wah.. keren endingnya..
    cintanya kang chi awet, sampe 500 tahun lebih
    sampe nunggu yeo Wool berabat-abat. tapi apa dia bakal pindah ke tempat lain lagi
    supaya gk ditangkap sama gon, tapi yeo Woolnya gimana,..
    ditunggu season 2nya ya...

    ReplyDelete
  74. tapi klw di season 2 kang chi nikah sama yeo wool, maka dia akan tetep jadi setengah manusia kan, terus dia gk akan menua, dan ia akan kehilangan yeo wool lagi saat yeo wool meninggal

    ReplyDelete
  75. akhirnya selesai juga..:),sedih se.:(
    makasih mba buat sinopny..^^

    ReplyDelete
  76. Thanks mbak dee and mbak fanny ats sinopsisnya. Jgn bosen2 bwt sinopsis ya walau sering kita uber2 *nyengir*
    Walau aq bingung knpa yeo wool reinkarnasinya lama bget. Pdahalkn matinya duluan. Mbak dee boleh reqs lagi gk? Tanyain dong sm biksu so jung akan ada season 2 gk. Secara ramalan dia kn slalu bener.

    *meniq*

    ReplyDelete
  77. Senang banget ama ending'y :D
    Mudah2an dach sesaon 2 y..

    ReplyDelete
  78. kerennn acting suzy ama lee seung gi,,,benar2 daebak,,,mampu buat aku nangis,,,slama ini ngak pernah nangis nnton drama,,,tapi ni drama buat aku mewek hancur-hancuran,,,hahe,,lebay,,

    ReplyDelete
  79. walaupun endingny kurang memuaskan, tp tetep brharap ad season 2 ny..:)
    buat mba dee n mba fanny makasih y buat sinopny..^^

    ReplyDelete
  80. Wahh...akhirnya Gu Family Book berakhir.. tapi sedih juga gak bisa lagi liat kelucuan trio kwek-kwek(Kang Chi,Yeo Wool,Gon) sama gak bisa liat romantisnya cinta Kang Chi dan Yeo Wool :'(
    Moga-moga aja ada Gu Family Book/Kang Chi The Beginning season 2...
    And gomawo banget buat mb Fanny sama mb Dee... Nanti klau ada season 2 nya jangan lupa buat sinopnya ya.. Hehehe....
    Kira-kira kpn ya DVD nya keluar??pingin banget beli nih...
    Btw,Seung gi ganteng ya.. cocok jadi pasa nganku...hehehe... *komen gak penting*
    -Feby-

    ReplyDelete
  81. ceritanya bener2 keren, suka banget deh..
    Moga ada season 2 atau penerusnya lah..

    I Love KangDam Couple.

    ReplyDelete
  82. ending nya random abis /,\

    wolryung n seohwa apa kbr ?????????? 3')/

    tp gmn pun, ttp bagus, makasih mb dee n mb fanny, di tunggu gu fam book 2 versi mb dee n mb fanny deh \(^o^)/

    "nina"

    ReplyDelete
  83. ya moga ada season 2, tapi jgn sampe pemainnya diganti, ga relaa, tambah kecewaa nti,, pengalaman dari DH 2..>.<

    ReplyDelete
  84. ending nya random abis /,\

    wolryung n seo hwa apa kabar ??????? 3')/

    tp gmn pun ttp bagus the best deh, makasi mb dee n mb fanny, di tunggu gu fam book 2 versi mb dee n mb fany \^o^)/

    "nina"

    ReplyDelete
  85. Omg?knp ending nya seperti ini,andai aja,ada penjelasan/episode special dr gu book family ttg bagaimana cara ny kang chi bisa hidup sampai zaman modern.sebenernya menurut saya,diepisode terakhir setting nya berubah ke zaman modern itu amazing bgt...kalo ada season 2,mgkn akan jd aneh cerita nya,aq sih berharap ada tambahan 1 episode sebagai episode special saja.dibanding dg season 2..
    Semoga ada penjelasan dr pihak gu book family nya...dan kalo ada artikel ttg gu book family,semoga mba dee n mba fanny selalu mengabari nya
    Gomawo unnieduel.you're the best^ ^
    dari pembaca setia mu...

    ReplyDelete
  86. bener" gak rela drama ini abs...semoga ada season 2 wlpun harapanya sgt tipis secara drama korea gak suka buat sequel kayak gitu dan klw pun ada castnya pasti yg baru :(
    haha lucu bgt sm renkarnasi mereka, masa profesi mereka sm wataknya gak jauh beda jauh sm mereka yg dulu :D
    sedih bgt pas scene mereka berpisah astaga sukses buat aku terharu plus nangis...eh pas loncat ke scene 2013 malahan sukses buat ketawa haha
    overall aku suka sm endingnya...soalnya perasaan aku campur aduk gak tau mesti seneng atau sedih, kan emang khdupan itu gak slalu happy dan gak slalu sad
    jd menurutku drama ini sukses dan aku gak ada kenganjalan apa", daebak deh ^^
    buat mbak dee dan mbak fanny gomawo ya udh buat sinopsisnya, sgt sgt berterima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan meskipun endingnya hepi tp tetep ajh g berani rerun lgi ni drama, msih kebayang banget pas yeo woolnya meninggaaall..
      sediiihhh abisss..nyesek nyesek..
      -elva-

      Delete
  87. untuk kesekian kalinya sy dibuat kagum oleh duet hebat mba dee en mba fanny..
    4 jempol deh buat mba dee dan mba fanny, thanx yah udah ngeluangin waktu buat ngerecap GFB..
    Dan thanx jg karna skarang aku tau siapa mbah gugel itu sebenernya (choi kang chi toh ternyata^^)
    ditunggu duet mautnya lg ya.. gomawo ^^

    ReplyDelete
  88. Kok saya jadi keinget ama Twilight, Edward Cullen dan keluarga juga harus pindah2 biar lingkungan ndak curiga kalo mereka ttp muda :o

    Dan kalo bener ada season 2, mudah2an aja tetep kece dan mengena di hati, akhirnya gomawo buat recap nya #bowing to onnie Dee dan onnie Fanny

    ReplyDelete
  89. Wah ending nya sedikit ga memuaskan. Semoga afa season 2 dong hehe. Kirain td si yeol woo bakal hidup lg pas ada butira biru di kamarnya. Ternyata ending nya gini.

    Makasih ya mba sinopsisnya. Aku update dri mba terus loh

    ReplyDelete
  90. makasih bgt bwt mba dee dan mba fanny yg sdh bwtin sinopsis gu family book...:)

    ReplyDelete
  91. endingnya bikin ngakak...
    thanks mba dee n mba fanny bwt sinopsisnya,,,
    ditunggu sinopsis drama lain yg lbh seru...

    ReplyDelete
  92. wah...mks bnyk mbk mb dee... slama kanci the beginning g pernah comment ni,tp ttp pngikut stia kok...hehe
    bang sung joon jadi mas sung joon lgsg ngkak g berenti2 mb dee, sblmnya g smp kesana si pikiranku bang/mas...hahahaha

    d tggu projec slanjtnya ya mb dee mb fanny fitgtiing!!

    ReplyDelete
  93. Senang banget ama ending'y :D
    Mudah2an dach sesaon 2 y..

    ReplyDelete
  94. Well..klo ngarepin season 2 mungkin agak susah yha... soalnya season 2 di korea tuh,biasanya udah "beda" cerita, bukan ngelanjutin kisah selanjutnya...

    Klo aq sih, cuma minta 2 atau 3 episode spesial aja deh kaya playfull kiss gtu, yang nyeritain kisah Kang Chi setelah ktemu Yeo Wool...
    Bener juga kata dee eonni, krna smua orang trdekat Kang Chi hidup dijaman yang sama, khadiran Yeo Wool jadi kurang gmana gtu...

    Coba aja kisahnya diganti dikit,, misalnya Kang Chi jadi anak angkatnya Chung Jo ma Gon gtu..haha..#ngayal.com

    But, over all... aku suka koq ma endingnya, cukup manis..hehe

    Kang Chi~ya.. kau bilang kau laki-laki yg setia, tapi kenapa kau selingkuh dengan Ha Ji Won, Shin Min Ah, Han Hyo Joo dll sebelum kau kempali padaku? eh, pada Yeo Wool mksudnya...

    Oh iya, thank you so much bwt duo eonni terkece cetar membahana kita, FANDEE COUPLE, karena sudah meluangkan waktunya yang berharga untuk menulis sinopsis yang tak kalah cetar bwt kita para readers... love you so much.. and ditunggu proyek duet selanjutnya yha... I'M yours BIGGEST FANS...<3<3<3

    ReplyDelete
  95. semoga ada season 2!!! Pemainnya mg2 jgn digantiiiii!!! hehehe

    ReplyDelete
  96. Bagi aku akhir drama kang chi, the beginning ini adalah episode 24 part 1 kemaren. Karena kisah cinta kang chi sama yeo wool berakhir diepisode itu, kalo di akhir episode ini yeo wool yang ketemu kang chi modern bukan yeo wool yang dulu, yang mencintai kang chi apa adanya, yang selalu disisi kang chi walaupun dia tau bahwa dia akan mati karena kang chi. Yeo wool modern ini adalah reinkarnasi dari yeo wool yang dulu mungkin dia nggak mengingat kang chi (kec. Ada sesuatu dan lain hal) :D *lebay*
    aduh duhduh mbak dee mbak fanny belum bisa move on saya dari ini drama, masih kebayang gimana yeo wool meninggal. Tolong bantuin dong biar nggak galau terus mbak *+lebaybadai*
    seperti yang lainnya aku juga berharap bahkan sangat berharap akan ada kang chi, the beginning season 2 yang berakhir happy happy dan happy ending. Bukan cuma buat kangdam tapi buat semuaaaaaaaaaaaaaanyaaaa
    makasih buat mbak fanny mbak dee yang udah buatin sinopsis full kang chi, the beginning buat para readers. Gini gini aku fans mbak fanny sama mbak dee lho. Candu lho baca sinopsis dari kalian. Setiap katanya itu berasa kaya nonton dramanya.
    Maaf mbak comentny puanjaaaaang maklum masih galau :D
    Sekali lagi makasih mbak. Love you full dah mbak fandee XD

    _lia_

    ReplyDelete
  97. wahhhhhhhhhhhhhh kerend bangat......
    pokox bener2 bikin wahhh...sedihx dapet...trus ending'y sempurnah...
    q tunggu season 2 nya ya...heheh
    kang chi....sarang_heo

    ReplyDelete
  98. Semoga sw-nim sgra mndapat ilham bwt bikin GFB/Kang Chi The Ending,aamiin...


    Gomawo ya bwt mbak Dee n Mbak Fanny uda bersedia memberikan bacaan yg menghibur kita semua,,semoga gak bosen nulis recap dramkor2 yg berkualitas bwt referensi qt para pcinta dramkor :)

    ReplyDelete
  99. Waaaaa adain season 2 nya aja mending
    Soalnya kurang apa gitu, ending tpi ngegantung hrus ada yg dijelasin ._.
    Gomawo chingu atas kerja keras pembuaan sinopsis ini ^^

    ReplyDelete
  100. Sampai jumpa di season 2 ya.....*maksa*

    ReplyDelete
  101. akhirny....gomawo meski akhrny gantung tapi,bguz bgt....
    part 1ny TOP BGT

    ReplyDelete
  102. banyak yg mengharapkan season 2...
    sm kayak Saya...
    mwnya bt season 2 dijaman sekarang... pasti bnyk yg nonton.

    ReplyDelete
  103. Akhirnya....end of season 1...hehe ngarep.
    Jadi senyum2 sendiri baca komennya m' dee.
    Dari mama papa gu bikin akte,ikut jenderal cheng ho, mampir ke semarang, ngumpulin emas, aduh m'dee dapet aja inspirasinya.
    Belum lagi botox and facelift. :-)
    Tetap semangat ya m' dee.
    Ditunggu next projectnya dgn m' fanny.
    Terimakasih utk kerja kerasnya selama 3 bln ini.

    ReplyDelete
  104. kalau pun ada season 2 pasti pemain2 dan ide cerita akan berbeda,dan lagi pula rata2 drama korea yang di ulang tidak terlalu dapat perhatian karena pasti nya netizen disna akan membandingkannya dengan yang gfb yang pertama.

    ReplyDelete
  105. Haduh, gimana ya aku comment-nya. Dramanya ngga terlupakan lah, such a happy ending! :D Semoga "season 2"-nya bener2 ada :D

    ReplyDelete

  106. De, Fanny trims ya akhirnya part 2 nongol juga, sedih nggal lihat Seunggi Suzy lagi
    proyek selanjutnya apa nih ? I hear your voice kah ? ngarep . com, sekali trims ya.

    ReplyDelete
  107. Ga mau tahu mesti ada SEASON 2 nyaaaaaaa >_< Suzy dgn pistolnya mau liat lebih lamaaaaa lagiiii dan sung gi dengan jasnya mau liat lebih lama lagi masa cuma 10 menit terakhir. Mau SEASON 2 nyaaaaaaaaaaaaaa.

    ReplyDelete
  108. Huawaaaaaaaa....
    akhirnya selesai juga bacanya :D
    SENANG walaupun endingnya nga terlalu menarik :)

    Moga ajha ad season 2 nya

    MAKASIH MBA atas SINOPSISNYA

    ReplyDelete
  109. Berharap Ada Season 2 ,,,, dg cerita Kelanjutan dari Kisah Season Sebelumnya dan dengan Pemain yang Sama Pula,,,,Biar dapat FeeLnya,,,,Paling enggak Sampe Kang Chi and Yeo WoL Nikah gitu,,,,,yah Ngobatin Rasa Kecewa Fans yang diakhir Season Mereka Belum Sempat Nikah kayak Papa Mama Gu,,,,(*Ngarep.com*)hehee

    ReplyDelete
  110. acting lee seung dan suzy bagus bgt......pgen dech ad season 2 x.....
    ngrep bgt......

    ReplyDelete
  111. hhmmmm...seru banget...
    tpi endingnya gak sesuai dgn harapanq...
    q pgen banget ngeliat mama n papa kang chi tu hidup kmbali...trusss kang chi ma yeo wol nikah...

    ReplyDelete
  112. Anyway agak aneh juga liat endingnya kyk gini haha-__- tapi sukses deh bikin mewek pas Yeo Wool nya mati T^T

    Akhirnya sy bisa ngikutin drama korea dgn paham sampe habis karena sambil baca sinopsis. huaaah ngebantu bgt loh, gomawo bangeeet mba dee & mba fanny:')

    ReplyDelete
  113. over all.. this drama its fantastic...
    tp syg di endingnya ngegantung... dan brharap bgt ad season 2 nya...

    ReplyDelete
  114. over all.. this drama its fantastic...
    tp syg di endingnya ngegantung... dan brharap bgt ad season 2 nya...

    ReplyDelete
  115. over all.. this drama its fantastic...
    tp syg di endingnya ngegantung... dan brharap bgt ad season 2 nya...

    ReplyDelete
  116. Gumawo mba dee, mba fanny....
    berkat kalian berdua drama ini jadi lebih...lebih...lebih...lebih.... lebih deh pokoknya...

    ditunggu karya selanjutnya.. ;)

    sekali lagi Gumawo... #peluk cium

    _janah_

    ReplyDelete
  117. Ending nya ko .....
    tapi cukup lah ngeliat rambut seung gi ganteng>//<

    ReplyDelete
  118. Ending nya ko .....
    tapi cukup lah ngeliat rambut seung gi ganteng>//<

    ReplyDelete
  119. Terima kasih atas sinopsisnya, wah senangnya akirnya happy ending juga :D

    ReplyDelete
  120. "Pergi dan buatlah komentar yg menyesuaikan drama ini. Hanya itu yg bisa kau lakukan"..hahahaha mb dee bisa aja. Yah, bgmanapun juga si penulis berkuasa/memiliki kehendak atas apa yg ingin dituliskannya. Thankss. Oh ya gara2 drama ini aku ngikutin sinop dari dramabeans juga dan diskusi di forum soompi. Lucu2 komentarnya. Tapi tetap komennya mb dee yg okeehh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, o ya penggemar GFB dukung Lee Seunggi sbg star male drama, Suzy sbg star female drama & Lee Yubi/Chung Jo sbg starbooming drama di Mnet choice 20's (maaf ga bisa kasih link krn online pake hp jadul :D, tpi bisa search di google dgn ketik mnet award/mnet choice 20's). Let's vote temans :D

      Delete
  121. Sebenarnya agak kecewa liat ending Gu Family Book ini, kok nggak relevan yaaa, mana epilog terakhirnya aneh gimana gimana gitu, disitu Agent Sung Joon dan Admiral Lee Soon Shin maksudnya apaa, apa jangan2 Kang Chi direkrut jd super agent, krn punya kemampuan lebihkayak Soo Haa yg bisa baca pikiran, ahhhh kuciwa jadinyaaa, di koment Drama Beans malah rame ngomentarin how this ending hapened this way, gak tau deh forum di soompi kayak apa, pdhal castnya keren2 , hikss

    ReplyDelete
  122. aduh.......................endingx gwak seru blassssssssssss

    ReplyDelete
  123. Kyaa~! Ngakak aQ baca ending.a . . Jdi pengen cepet'' baca streaming.a . .
    Lee seung gi jadi ganteng bgt #emng dri dlu ganteng sich
    Kyak.a klo ni drama di lanjutin season 2.a bakal seru dech . . Truz aQ jga udah bayangin season 2.a . . Nnti bakal jdi drama baru dech . .
    Nati LSS sma Gon nylidikin identitas kang chi . . Abiz tu si ye wool di suruh nylidikin kang chi .. truz lama''d dket ma kang chi Abiz tu cinlok dech .. truz nanti bong chul jdi sekutu.a kang chi kyak 422 tahun yg lalu. . Truz buku keluarga gu.a muncul di masa ini . . Jdi keren kan drama.a . . Udah bsa bayangin . . Di jamin pasti seru . .
    sekutu.a kang chi kya 422 tahun yg lalu ..

    ReplyDelete
  124. ya ampun aku sampe nggak nyadar kalo kang chi ini cuma 24 episode -,- moga aja ada season 2 nyaa :D #wishing

    ReplyDelete
  125. mbak..makasih ya atas sinopnya selama ini,
    aq cm comment sekali pas awal" dulu, tp aq selalu ngikuti sinopnya nya..

    btw di BIG emng ada lagunya Will You Marry Me, pas Gil Da Ran (Lee Min Jung) lg di bus request lagu itu di radio

    ReplyDelete
  126. gumawoo mba dee n mba fanny
    kita bertemu lagi dii sinopsis berikutnya.
    ada yang mau Recoment Drama baru ???aku tnggu yy :)

    ReplyDelete
  127. akhirnyaaaa keluar juga haha
    endingnya keren sageukfantasinya jauh tiada tara tapi keren!
    hoho makasih udah posting sinonya :)

    ReplyDelete
  128. haha,,
    tidak ada satu nasibpun yang berubah :D
    reinkarnasi park tae soo, Yoo yun suk tetep jadi best friend-nya kang chi;
    reinkarnasi ok man, kim ki bang tetap menjadi penjaga kendaraan;
    reinkarnasi choi ma reum, choi tetap jadi pembantu;
    reinkarnasi gonita, tetep jadi orang yang teraniyaya;
    reinkarnasi ma bong chul dkk, tetep jadi penjahat;
    reinkarnasi lee shon shin tetep jadi atasan yang dihormati;
    reinkarnasinya Gon Yi, Bang Sung Jun tetap jadi pembela kebenaran;
    dan, reinkarnasi dam yeo wool, tetap yeo wool yang kang chi cinta <3 <3

    ReplyDelete
  129. kayak bukan kang chi tp seung gi ^^

    ReplyDelete
  130. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  131. WOUW DAH FINISH YA...
    So Sweet...

    * Cho Ryeon So In - Jin Yeon Wan In*
    ...LOOP...

    ReplyDelete
  132. kang chi ganteng banget

    ReplyDelete
  133. Akhirnya selesai jugha sinopsisnya ...
    Buat yang ngerecap terima kasih n salam knal.

    *WINDA NOVITA*

    ReplyDelete
  134. ceritanya menarik moga" ada season 2 nya trims ya buat yg bikin sinopsis nya seru banget ini komen pertama q

    ReplyDelete
  135. Finally....
    seDiH hrus pisah zm drama ni :')
    thnkyu kak dee kak fanny...
    d tngGu pRoject slanjuTnya...

    ReplyDelete
  136. terima kasih mba dee & mba fanny untuk sinopsisnya :*

    ReplyDelete
  137. akhirnya slesai juga gomawao mba fandee

    ReplyDelete
  138. terima kasih udah update sinopnya mba dee dan funny.. serasa menonton langsung dramanya..
    Love ~Writer couple~

    ReplyDelete
  139. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  140. Karena saya tidak cukup puas dengan ending Gu Family Book yang melibatkan reinkarnasi semua orang dalam lompatan waktu yang jauuuhhh sekali. Jadi saya membayangkan ending yang seperti ini. Dimulai dari adegan saat Kang Chi memutuskan untuk mengasingkan diri setelah kematian Yeo Wool.....

    Part I

    Kang Chi sudah berada jauh dari perguruan guru Dam, ia terus berjalan tanpa tujuan selama berhari-hari. Sesekali ia beristirahat, berburu makanan lalu melanjutkan perjalanan lagi. Kang Chi sama sekali tidak menyadari berapa lama ia berjalan berputar-putar seperti itu, bahkan tidak ada yang benar-benar dipikirkannya. Ia seperti sudah sangat putus asa dan tidak memiliki harapan apapun. Bahkan keinginan untuk menjadi manusia yang dulu sangat menggebu-gebu, sekarang seakan menguap. Seperti yang telah dikatakannya, ketika ia sudah bertemu seseorang yang bisa membuatnya kembali ingin menjadi manusia, maka di saat itulah semangatnya tumbuh karena hidupnya memiliki tujuan.
    Tanpa sadar, kakinya sudah melangkah terlalu jauh ke atas Gunung Jiri, tepatnya kembali ke taman bulan, tempat yang dulu pernah ia singgahi.
    Kang Chi merasa familiar dengan gua yang tertutup oleh rimbunnya tumbuhan lebat.
    "Sepertinya tumbuhan-tumbuhan itu masih belum terlalu lebat sejak terakhir aku kemari." Gumamnya.
    Tiba-tiba ia melonjak karena teringat sesuatu.
    "Ah, apakah aku sudah berjalan selama bertahun-tahun ? Puluhan ? Ratusan ?" Dia masih bergumam sendiri.
    "Ya !" Biksu So Jung datang dan langsung memukul pundak Kang Chi dengan tongkat.
    "Apa yang kau lakukan di sini ?" Tanya Biksu So Jung.
    Kang Chi meringis kesakitan dan menatap biksu So Jung tak percaya.
    “Oh, bagaimana bisa kau masih hidup ?”
    “Aishh...” Biksu So Jung memukul Kang Chi lagi dengan tongkat. “Maksudmu apa seharusnya aku sudah mati ?”
    “Se..seharusnya begitu...” Jawab Kang Chi ragu.
    “Aigoo....”
    “Memangnya ini tahun berapa ?”
    “Jangan mentang-mentang karena umurmu panjang, jadi bertingkah sok polos begitu.”
    Biksu So Jung menggerutu karena masih ngambek dikira sudah mati.
    “Ini sudah dua puluh tahun sejak kau memutuskan untuk mengasingkan diri.” Lanjut Biksu So Jung.
    “Ah... aku mengerti. Pantas saja kau kelihatan lebih tua dari yang kuingat.” Kang Chi merasa bodoh.
    “Kau tidak menjawab pertanyaanku, kenapa kau kembali ke sini, Kang Chi ah ?”
    “Aku tidak tau. Tanyakan saja pada kakiku, mereka yang membawaku kemari.” Kang Chi mengangkat bahunya lalu duduk di atas batu diikuti oleh biksu So Jung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Part II

      “Dulunya tempat ini adalah tempat dimana kau dilahirkan. Tempat tinggal kedua orang tuamu.” Pandangan Biksu So Jung menerawang.
      “Aku tau.”
      “Orang tuamu tinggal di sini, sampai sekarang.”
      Mata Kang Chi membelalak. Biksu So Jung menunjuk gua yang tertutup tumbuhan lebat dengan dagunya. Tanpa pikir panjang lagi, Kang Chi langsung menghambur masuk ke dalam gua sambil berusaha menyingkirkan tumbuhan-tumbuhan yang menghalangi jalan masuk. Matanya tertumbuk pada gundukan hijau yang dipenuhi tumbuhan merambat di depannya.
      “Bahkan setelah kematian Seo Hwa, cinta mereka tetap abadi.” Biksu So Jung berdiri di belakang Kang Chi yang nampak terpukul.
      “Kenapa rasanya sakit sekali ? Padahal aku tidak mengenal mereka seperti aku mengenal keluarga tuan Park.” Kang Chi tak mampu menahan kesedihannya.
      “Berapa banyak lagi perpisahan yang harus kutanggung ?” Lanjutnya sedih.
      “Awalnya aku juga ingin memberitahumu beberapa hal mengenai Buku Keluarga Gu yang belum pernah kuberitahu pada Wol Ryung ataupun kau. Tapi kudengar kau sudah tidak tertarik untuk menjadi manusia sampai kau bertemu seseorang yang bisa membuatmu berubah pikiran.”
      Kang Chi berhenti menangis dan berbalik pada Biksu So Jung.
      “Aku sudah pernah mengatakan pada Wol Ryung kalau manusia tidak dapat dipercaya. Tapi karena cintanya yang begitu besar pada Seo Hwa, dia bahkan tidak memedulikan kekhawatiranku. Tapi langit sudah menentukan takdir setiap makhluk yang hidup di bawah naungannya. Siapa yang menyangka kalau Wol Ryung yang kau kenal sebagai iblis seribu tahun berubah lagi menjadi wujudnya semula karena Seo Hwa.”
      “Apa maksudmu ?” Kang Chi benar-benar bingung dengan apa yang sedang dikatakan oleh biksu So Jung.
      “Aku ingin menunjukkanmu sesuatu.”
      Biksu So Jung mengajak Kang Chi untuk turun gunung dan pergi ke sebuah desa yang jauhnya bermil-mil. Bahkan mereka berdua harus menempuh perjalanan berhari-hari dengan berjalan kaki. Walaupun Kang Chi amat penasaran dengan hal yang ingin ditunjukkan oleh Biksu So Jung, dia tetap diam dan tak menanyakan apapun. Dan sesampainya mereka di desa, biksu So Jung menyuruh Kang Chi bersembunyi di balik pohon.
      “Kenapa kita harus bersembunyi ?” Tanya Kang Chi polos.
      “Itu, coba lihat itu !” Biksu So Jung menunjuk sebuah rumah di bawah mereka. Kang Chi menuruti permintaan biksu So Jung dan terus memperhatikan rumah yang dimaksud. Dan alangkah terkejutnya Kang Chi ketika dia melihat seorang pria yang mirip dengan Wol Ryung- ayahnya sedang berjalan masuk dari gerbang depan sambil membawa kayu bakar.

      Delete
    2. Part III

      “Seo Hwa ! Aku sudah pulang !” Seru pria itu ceria.
      “Ah, kau sudah pulang, suamiku. Masuklah ! Aku sedang menyiapkan makan malam.” Seorang wanita muda yang wajahnya mirip dengan ibu Kang Chi menghampiri si pria.
      Kang Chi nampak shock. Belum lagi hilang keterkejutannya, sebuah anak panah melesat melewati kepalanya hingga menancap ke batang pohon yang mereka buat sebagai tempat persembunyian. Keduanya jatuh terduduk dengan wajah pucat.
      “Ini.. benda ini hampir mengenai kepalaku...” Kata Biksu So Jung dengan mata terbelalak.
      “Ahhh.... aku meleset !” Seorang gadis kecil berlari menghampiri mereka sambil mendengus kesal.
      “A..apa ?! Meleset ? Salah sasaran sedikit, anak panahmu bisa menembus kepala kami !” Seru Biksu So Jung kesal.
      “Justru kepala pencuri seperti kalian-lah yang menjadi targetku.”
      “Pencuri ??” Pekik Biksu So Jung tak percaya.
      “Kalian mengendap-endap dan bersembunyi sambil memperhatikan rumah kami, apalagi namanya kalau bukan pencuri ?” Gadis kecil itu menarik busurnya lagi ke arah Kang Chi yang sedang menatapnya penuh haru.
      “Yeo Wool-ah...” Ujar Kang Chi.
      “Apa kau mengenalku ?”
      “Yeo Wool-ah...” Ulang Kang Chi dengan nada suara penuh kerinduan.
      “Aku bertanya, apa kau mengenalku ?”
      “Yeo Wool-ah !” Kali ini suara pria yang tadi dilihat Kang Chi terdengar dari kejauhan.
      “Ya, ayah !” Gadis kecil itu balas berseru pada ayahnya. Kemudian dia menurunkan busurnya lalu berlari turun kembali ke rumah setelah sebelumnya menjulurkan lidah pada biksu So Jung.
      “Yeo Wool-ah..” Kang Chi yang tak rela melihat gadis itu pergi, berupaya mengejarnya namun ditahan sekuat tenaga oleh biksu So Jung.
      “Itu Yeo Wool ! Itu Yeo Woolku !!” Kang Chi meronta ingin menyusul gadis kecil itu.
      “Itu memang Yeo Wool ! Kau puas ?!” Kali ini Kang Chi berhenti meronta. “Itu Yeo Wool di masa ini. Alasan kenapa aku menunjukkanmu adalah karena aku pikir kau berhak atas kebahagiaan yang seharusnya bisa kau dapatkan untuk bisa menjadi manusia. Dan sekarang apakah alasanku cukup untuk membuatmu berhenti putus asa dan memulai segalanya lagi dari awal ?” Lanjut biksu So Jung.
      “Sekarang aku punya tujuan. Aku sudah putuskan untuk menjadi manusia, aku akan berdoa selama 100 hari demi Yeo wool.” Jawab Kang Chi senang.
      Tunggulah aku, Yeo Wool-ah... Akan kutepati janjiku untuk lebih dulu mencintaimu, lebih dulu mengejarmu.....

      Delete
    3. Part IV

      “Tapi… kenapa kau melakukan ini semua ?” Kang Chi tiba-tiba menatap biksu So Jung.
      “Aku sudah cukup menderita melihat sahabatku menderita untuk mempertahankan kebahagiaannya. Jadi aku tidak bisa membiarkan keturunannya melakukan hal yang sama. Sebisa mungkin aku akan membantumu menjadi manusia seutuhnya. Seperti yang kau inginkan.”
      Senyum Kang Chi mengembang. Ia memeluk biksu So Jung dan mengucapkan terima kasih berulang kali.
      ***
      Selama 100 hari Kang Chi berdoa dan melakukan pantangan yang diberitahu oleh biksu So Jung dengan semangat. Ia tak mengeluh sedikitpun karena di pikirannya, setelah ia menjadi manusia maka ia bisa bersama lagi dengan Yeo Wool dan menua bersamanya. Seperti yang telah dijanjikan, biksu So Jung membantu Kang Chi melewati 100 harinya dengan baik. Dan keajaiban-pun datang..
      Suatu pagi, Kang Chi terbangun dengan perasaan was-was. Dia langsung menyambar pisau kecil lalu mulai menggores tangannya. Seketika goresan itu menimbulkan luka dan darah-pun mengalir. Ia menunggu beberapa saat sambil memejamkan mata.
      “Satu… dua.. tiga..” Kang Chi membuka matanya dan menemukan kalau lukanya masih terbuka dan mengeluarkan darah. Dia melonjak kegirangan.
      “Aku manusia ! Aku manusia !”
      ***

      Delete
    4. Part V

      Di ruang tamu, (reinkarnasi) Wol Ryung dan (reinkarnasi) Seo Hwa duduk sambil sesekali berpandangan bingung. Di depan mereka, Kang Chi juga duduk bersimpuh dengan khidmat. Dia merasa lega karena telah mengatakan maksud tujuannya datang ke rumah itu.
      “Biar kuulang sekali lagi. Kau datang kemari ingin meminta restu kami agar kau bisa bertunangan dengan Yeo Wool ?” Tanya Wol Ryung.
      Kang Chi mengangguk sopan.
      “Yeo Wool kami masih sangat kecil. Umurnya baru sepuluh tahun, tuan.” Lanjut Seo Hwa.
      “Aku akan menunggu.” Jawab Kang Chi mantap.
      “Eomonnie, aku tidak mau menikah dengan ahjussi ini.” Rengek Yeo Wool yang duduk di dekat mereka.
      “Siapa yang mau menikahimu ? Aku baru akan bertunangan denganmu.” Sahut Kang Chi sedikit kesal karena ditolak mentah-mentah. Bagaimanapun juga ia sudah berjanji akan mencintai Yeo Wool lebih dulu.
      “Tunggulah beberapa tahun lagi, maka kau boleh bertunangan dengannya.” Cetus WoL Ryung akhirnya.
      “Aboji…” Yeo Wool merengut.

      Dengan senyum mengembang, Kang Chi keluar dari rumah keluarga Yeo Wool. Saat di tengah jalan dia berhenti karena mendengar seseorang berseru memanggilnya.
      “Ya ! Yibang !” Seru Yeo Wool dan membuat Kang Chi berhenti.
      “Dia tetap tidak berubah !” Gumam Kang Chi namun langsung tersenyum manis saat berbalik.
      “Dengar baik-baik ! Aku tidak mau menikah denganmu ! Tapi datanglah beberapa tahun lagi, maka mungkin aku bisa berubah pikiran. Kalau kau tidak datang, maka jangan menyesal kalau aku lebih dulu menikah dengan orang lain !!” Seru Yeo Wool dan langsung berbalik pergi sambil berlari meninggalkan Kang Chi yang melongo bingung. Namun bebrapa saat dia tersenyum
      “Ya, Yeo Wool-ah ! Tunggu saja !” Kang Chi balik berseru.

      ^TAMAT^

      Delete
    5. Memang gak terlalu bagus, tapi semoga menghibur :)

      Delete
  141. SEASON 2 nya dongg !!! :D

    ReplyDelete
  142. ngak nyanka ni film udah tamat,,tapi aku kangen gu family book,,,,

    ReplyDelete
  143. jadi sebenernya kangchi ini di jaman modern udh jadi manusia seutuhnya apa blm sih?????? Atau jadi manusia abadi? Help me

    ReplyDelete
  144. kok aku mikirnya selama 422 tahun itu mungkin prosesnya kangchi jd manusia entah dia udh dpt buku family gu nya atau apalah itu hehe.. Soalnya kalau tnyt di dunia modern kang chi ttp jd manusia abadi, drama ini malah terlihat gak berujung.. (lg2 kangchi harus berusaha buat jd manusia) tapi gatau jg sih. Ada yg bs bantu? Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya (lagi2 kangchi harus berusaha jadi manusi sewajarnya, yg bisa mati atau apalah)

      Delete
  145. dan menurutku si penulis gak ada maksud apa2 narok temen2 kangchi kembali ada di jaman modern. Justru yg bikin spesial adl satu2nya yg masih make nama yg sama tu cuma yeo wol. Eh tapi tapi, kenapa ada part di ending sung joon sm jendral lee nyariin lee seung gi ya -_- mungkin ada keperluan lain lah -_-

    ReplyDelete
  146. hemmm ... eman bgt yah endingnya gtu. seharusnya reinkarnasiny yeo wool tetep inget kang chi dong. hehehe ...
    trus dikasi sdikit cuplikan mereka saat berbahagia. hehe ...
    apa emang sengaja ada gu family book 2 saat kang chi bner2 jd manusia dg HAPPY ENDING BNERAN. GG SETENGAH SETENGAH KYK GNI. hehehe ...

    ReplyDelete
  147. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  148. wuah.. terimakasih ya mbak. saya juga mengikuti dari awal ampe akhir.. seneng banget bacanya.. hehe.. yang bikin seru koment2nys. ditunggu season ke 2nya.. salam kenal.

    ReplyDelete
  149. semoga ada season 2nya deh....apa mungkin jodoh kang chi si miho..!!!!!dalam my girlfriend is gumiho!!!!,pastinya yeo wool bakalan mati lagi kan!!!.peace

    ReplyDelete
  150. SETUJUH!! SEMOGA ADA SEASON 2NYA!!!! ntar jo gwang gon jadi pejabat korup yang jahat bwahahahahah, atau reinkarnasi jadi babi ajah! wah pasti seru!! drama saeguk keren selaen DOng yi, faith, and Seondeok yg pernah kutonton!!! >,<
    Betewe, wajah Suzy, yoo eun hye sama park shin hye kok mirip ya? jangan2 oplasnya satu dokter hohohoho....

    ReplyDelete
  151. kang chi jauh lebih keren dari vampire, nephillim, atau makhluk immortal dari barat manapun hohohohoho >,<

    ReplyDelete
  152. Saya jadi penasaran, kalo semuanya punya reinkarnasi, ada reinkarnasinya Mas Kang Chi gak ya?? ._.v

    ReplyDelete
  153. Semoga ada seson ke 2 :D pengen banget nontonnya lagi :D

    ReplyDelete
  154. semoga ada part II nya...karena kan belum ad jwban akhirnya kang chi jadi manusia atau gak?? dan gu family book jg msih misteri...smoga ada.. :D
    oh iya..thanks a lot buat sinopsisnya eonnie..slm kenal..ini pertama kalinya aku ngoment..hehehe :)

    ReplyDelete
  155. Author, aku sependapat kalau 10 menit terakhir di endingnya kurang.
    Kalau dalam imajinasi aku,endingnya Kan Chi nemu gu family book dan bisa hidup jadi manusia, tapi bukan di jaman jeoseon. tapi pas jaman modern (jadi kayak reinkarnasi Kangchi yang setengah makhluk mitos jadi manusia nantinya.
    semoga ada part 2,penasaran >.<

    ReplyDelete
  156. stuju!!!!season 2!!!!!plizz y!!mr.Lee Chang Sub!!!plizz!!tp kn modern year..jd agk berbeda gtu!!gpp deh!!!q pngin leat lg Yeo Wool & Kang Chi!!!+mr.Bang Sung Joon!!!

    ReplyDelete
  157. endingnya g bangeeeettttt..... tp seru, kok... dan sepertinya msh byk cerita utk 578thn lg...wkwkwkwk......

    ReplyDelete
  158. walau endingnya aneh, tetep bisa buat nangis >,< huhu....
    secepatnya ditunggu season 2, Lee Chang Sub-ssi.. :)

    gomawosimnida, untuk Fanny unnie dan Dee unnie..
    sukses selalu untuk sinopsis berikut-rikutnya....

    FIGHTING!! =) =)

    ReplyDelete
  159. pernah nonton my GF is gumiho ? tokoh yg dimaenin no min woo kan jg makhluk abadi yg udah hidup ratusan tahun, hidupnya pindah2, kaya bgt juga sama kyk kang chi di ending ini ...

    ReplyDelete
  160. hahhh berharap ada GU FAMILY BOOK season 2....

    dan ceritanya di zaman modern sekarang ini. amiennn

    ReplyDelete
  161. choa ,,,, choaaaaaa
    saya sangat menyukai drama ni ,
    mudahan ada season 2
    aminnnn

    ReplyDelete
  162. choa ,,,, choaaaaaa
    saya sangat menyukai drama ni ,
    mudahan ada season 2
    aminnnn

    ReplyDelete
  163. Nice.....
    thanks dah buat sinopsisnya...
    >_<

    ReplyDelete
  164. mudah-mudahan ada season2nya...





    ReplyDelete
  165. seharusnya ini ad seoson 2 nya.. maksa :) ..
    saya pengen liat kang chi menikah ma yeo wool di jaman modern..
    critanya tentang kangchi yg mencoba mengingatkan yeo wool pada masa lalunya.. pasti lebih mengalir nih air mata T_T

    ReplyDelete
  166. keren lahhhh.....
    bentuk gini2 an lah critanya shoobbb

    ReplyDelete
  167. aaaaarrrrggggghhhhh... bgus bgt!!!!! tpi knapa endingnya cma liat2tan aja??? pelukan kek kan lbh seru wkkkkk... biar lbh wow hahahahaha...

    ReplyDelete
  168. setuju dengan author nya... ending nya kurang bagus, atau malah ga bagus sama sekaliii... ga nyambung banget ceritanya.. pantes gw agak males nonton ni drama, padahal download an nya udah lama banget tersimpan di laptop, tapi malah tertarik nonton drama lain dulu, sebelum nonton GFB. yg pasti gw tertarik nonton GFB cuma karena Oppa Lee seung gi yg main,, coba kalau bukan lee seung gi, pasti gw ga bakal nonton GFB sampai habis kalau udah tau endingnya kyk gini. kalau boleh jujur, ending nya ga jauh beda jeleknya sama Fashion King.. Bad drama...

    ReplyDelete
  169. Hahahaa..ending yang aneh...tapi drama ni bagus, ada Lee Seung Gi soalnya hehehe...

    ReplyDelete
  170. Annyoung,,
    drama nya keren, drama yg kesekian kalinya berhasil buat ku mewek :'(
    (y)

    ReplyDelete
  171. Q ska ending y kang ci lbih klihatan tampan.....tpi klo critaya rda gymna gytu msax cma ktmu dn ngmong gytu donk..tpi q ttp suka ma dramani lbih baik dri my girl friends gomiho.. thanks ya untuk unnie yg dh nlis sinop walaupn q rda tlatbaca good job deh.

    ReplyDelete
  172. Judulnya ga cocok dikasi gu family book. Karena kang chi sama ayahnya sama2 ngga bisa menemukan bukunya itu. Bakhan kita tidak pernah melihat bukunya itu -_-

    ReplyDelete
  173. kereeennnnnnnn cerita nya.....makasih ya sinopsis sudah dilampirin dgn poto2 nya jadi seolah2 nonton bukan membaca^_^ sooo nga boring deh
    wah....rengkarnasi selalu yg "menang" hehehheee

    ReplyDelete
  174. Sumpah, keren bangeet... ^_^
    Makasih buat sinopsisnya kak :D

    ReplyDelete
  175. akhirnya selesai juga baca sinopsisnya, :D
    aduh berharap bngt ada lanjutnya ini drama, :) pengen lht kang chi sma yeo wol bsa bersatu lagi :') mdh2an bagian terakhir tuh bnr2 tanda buat season 2 :D hihihi

    ReplyDelete
  176. aaaaahhhhh,,,
    ceritany bkin nangis,,,,
    tpi kok akhirny gantung yaaaa???
    smoga aj bneran ad season 2 ny... dramany suzy eonni sllu berakhir gini deh,, ckckck

    ReplyDelete
  177. seru banget, sehala perasaan tertumpahkan saat baca sinopsis ini thanks banget............ walaupun endingnya rada gantung, tapi semoga dapet seson 2nya. pasti lebih asyik. tapi pemainnya jangan di ganti, malah kalo bisa ditambah sama yang lebih bagus lagi.
    NB: gon versi moderennya g kelihatan imut2 kaya versi kunonya. rada sebel

    ReplyDelete
  178. sy pun merasa tidak puas dengan eningnya.. Sangat.. Sangat.. Sangat berharap ada Gu Family Book Part 2 ...

    ReplyDelete