May 25, 2012

Spoiler Rooftop Prince Episode 20 : Happy Ending?


Itu pertanyaan yang sering ditanyakan pada saya kemarin. Jadi, apakah Rooftop Prince ini happy ending? Yuk, kita lihat sama-sama.

Spoiler Rooftop Prince Episode 20 


Setelah Yi Gak menghilang dan tubuhnya sudah memadat lagi dengan posisi bersila seperti saat ia muncul di rumah loteng Park Ha. Kali ini ia muncul di sebuah kandang. Sosok yang ia lihat terakhir adalah Park Ha.


Dan saat ia membuka mata, ia melihat.. ayam?


Ia masih berpakaian jas lengkap membuat orang memandangnya dengan aneh. Belum pulih kagetnya, ia bertemu dengan Chi San yang sedang kabur dari kejaran petugas kerajaan. Mereka pun lari bersama dan bisa lepas dari kejaran.


Rupanya mereka terpencar tak jauh dari Young Sul dan Man Bo yang duduk berleha-leha sudah dengan baju penduduk asli Joseon dan makan enak. Ternyata mereka mendapatkan kemewahan ini karena menukar permen yang mereka bawa dari tahun 2012 dengan makan siang yang disediakan wanita pemilik restoran.


Keputusan Man Bo dan Young Sul membawa ransel kemanapun mereka pergi ternyata tepat. Karena di dalam ransel itu tersimpan juga baju kebesaran Yi Gak, sehingga Yi Gak bisa langsung ganti baju.


Ternyata hilangnya keempat Joseoners itu hanya semalam, karena Perdana Menteri  (ayah Hwa Young dan Bu Young) mendapat informasi kalau Yi Gak telah kembali ke istana. 


Ia memberitahukan hal ini pada Tae Moo. What? Tae Moo? Ternyata Tae Moo juga ada dan sebenarnya ia dan kelompoknyalah yang mengejar Yi Gak dan pengikutnya kemarin malam. 


Note : karena saya tak tahu siapa namanya, jadi saya sebut dia Tae Moo, ya.. Kan Tae Moo yang ini hanya keluar di satu episode saja.

Tae Moo sangat marah dan membunuh pengawal yang salah memberikan informasi padanya tentang kematian Yi Gak semalam.


Ketiga Joseoners menghadap Pangeran Yi Gak dan Yi Gak memerintahkan untuk melakukan investigasi khusus dan menahan seluruh keluarga Perdana Menteri atas tuduhan usaha pembunuhan.


Seluruh keluarga Perdana menteri akhirnya ditahan, kecuali Bu Young yang sedang sakit dan mengidap penyakit menular. Perdana Menteri menolak tuduhan itu tapi Yi Gak tetap akan menguak kebenaran akan kematian Putri Mahkota. 


"Putri Mahkota meninggal 7 hari yang lalu.."

Dan terjadi kilas balik, bukan hanya dari perspektif Yi Gak. Tapi sepertinya menceritakan ulang episode 1 dengan lebih detail.


Bu Young memasuki istana dan tak sengaja bertemu dengan Pangeran Yi Gak yang akan melintas.


Buru-buru ia bersembunyi tapi tetap mengintip Pangeran Yi Gak. Setelah puas memandangi Pangeran Yi Gak dari jauh, ia pun beranjak pergi.


Tapi ia tersandung dan terjatuh. Kotak berisi serbuk putih yang ia bawapun juga ikut terjatuh.


Ia akan berdiri tapi ada suara yang menghentikannya, "Jangan bergerak! Apakah kau adalah adik Putri Mahkota, Bu Young?"


Bu Young  mendengar suara yang ia kenal. Pangeran Yi Gak. Ia meminta maaf dan hendak berdiri, tapi Yi Gak menghardiknya lagi untuk tak bergerak. Bu Young tak berani bergerak, tak melihat kalau Yi Gak tersenyum geli melihat Bu Young yang canggung dan tersungkur di lantai.


Akhirnya Yi Gak mengulurkan tangan untuk membantunya berdiri. Sepertinya ini bukan kali pertama mereka bertemu dan bukan kali pertama Bu Young terjatuh, karena Yi Gak bertanya, "Apakah kau jatuh lagi?"


Bu Young meminta maaf akan kecerobohannya. Yi Gak tak memperpanjang hal ini malah bertanya kotak apa yang dipegang Bu Young? Bu Young berkata kalau kotak ini berisi bedak yang dikirimkan oleh kakak laki-lakinya untuk Putri Mahkota. 


Yi Gak menanyakan apakah Bu Young sudah menemukan jawabannya, dan saat Bu Young mengatakan belum, Yi Gak sangat senang. Karena jika besok Bu Young belum menemukan jawabannya, ialah yang akan menang.


Di kamar Hwa Young, Bu Young memberikan kotak bedak dan surat dari ayahnya pada Hwa Young. Ia tak menyadari kalau wajah kakaknya berubah keruh saat membaca surat itu. Ia juga kaget karena dibentak kakaknya saat ia memberikan saputangan yang baru saja disulamnya.


Bu Young pulang ke rumah dan melihat ayahnya berbicara dengan Tae Moo. Ia tak mengenal Tae Moo. Tapi saat ia bertanya pada ibunya, ibu mengatakan kalau Tae Moo adalah saudara tiri Pangeran Yi Gak. Tapi karena ibu Tae Moo melakukan kesalahan, ia dan ibunya diusir keluar dari istana. 


Di kamar, Bu Young mulai memikirkan keanehan yang terjadi pada hari ini. Dari kedatangan Tae Moo, bedak putih yang baunya aneh, kata-kata ibunya untuk tak ikut campur akan urusan ayahnya. Ia juga teringat akan surat ayah yang harus ia bawa pulang kembali setelah Hwa Young membacanya.


Buru-buru ia membuka surat itu dan isinya sangat mengejutkannya. Melalui surat itu, ayah memerintahkan Hwa Young untuk menyajikan manisan kesemak untuk snack malam Yi Gak. Namun sebelum Yi Gak memakannya, Hwa Young harus menaburkan serbuk putih dari kotak yang menyertai surat ini.


Bu Young menyadari bahaya kematian mengintai Putra Mahkota. Buru-buru ia lari menuju istana meninggalkan surat itu di kamar. Rupanya ayah teringat kalau ia belum menerima suratnya dan menyuruh anak laki-lakinya untuk mengambil surat itu dari Bu Young. 


Kakak Bu Young tak menemukan Bu Young di kamar, namun surat itu telah terbuka. Berarti Bu Young membacanya. Tae Moo yang mengetahui hal ini tak mau rencana pembunuhannya gagal. Ia langsung menyuruh anak buahnya untuk membunuh Bu Young jika perlu.


Walau gugup, Hwa Young melakukan perintah ayahnya. Saat manisan kesemak dihidangkan, ia memberikan saputangan Bu Young yang langsung dikagumi oleh Yi Gak. Yi Gak mengamati saputangan itu, sehingga tak menyadari kalau Hwa Young menaburkan serbuk racun ke atas manisan kesemak. 


Yi Gak melipat saputangan itu dan mengulurkan tangan untuk mengambil manisan kesemak. Tapi ia tak sempat menyentuhnya karena mendengar suara yang memberitahukan kalau Bu Young datang ingin menemuinya.


Ternyata Bu Young datang untuk memberi jawaban akan teka-teki Yi Gak. Dan jawabannya adalah .. bunga teratai. 

Hwa Young tak sabar untuk menyuruh Bu Young pergi, tapi Bu Young bersikeras kalau ia ingin mendapatkan hadiah yang dijanjikan Yi Gak sekarang. Dan hadiah itu adalah manisan kesemak yang ada di meja itu. 


Hwa Young tak dapat berbuat apa-apa, hanya bisa melihat manisan kesemak yang seharusnya untuk membunuh suaminya, sekarang dimakan oleh adiknya.


Satu per satu manisan kesemak itu dimakan Bu Young, menahan rasa sakit yang mulai terasa, ia tetap meneruskan makan manisan itu hingga tak bersisa.


Menyembunyikan sakit yang semakin terasa, Bu Young pun undur diri. Di luar ia memberitahu dayang-dayang Bu Young, jika putri mahkota ingin mencarinya, putri mahkota dapat menemukannya di pondok dekat kolam.


Tertatih-tatih, ia berjalan menuju pondok di tengah kolam. Ia menunggu kedatangan kakaknya sambil menahan sakit.


Akhirnya Hwa Young datang dan memarahinya, karena Bu Young sangat berani menghalangi rencana ayahnya. Walaupun Bu Young memakan semua manisan itu, tapi keberadaan racun itu dapat ketahuan dan keselamatan dirinya dan keluarganya akan terancam. Tapi Bu Young meminta Hwa Young untuk melindungi pangeran Yi Gak. 


Dan ia memberitahukan rencananya untuk menyelamatkan keluarganya sekaligus Pangeran. Mereka akan bertukar pakaian, dan orang akan mengira kalau yang meninggal adalah Putri mahkota. Keluarga mereka akan selamat karena tak ada yang menduga kalau ada usaha pembunuhan pangeran. Dan pangeran juga akan selamat karena setelah 'putri mahkota' meninggal, ayahnya pasti tak dapat mencoba membunuh pangeran karena orang terdekat pangeran telah tiada.


Tak ada cara lain, Hwa Young menyetujuinya. Dan mereka pun bertukar pakaian. Setelah itu Hwa Young keluar dari pondok dengan memakai cadar Bu Young, dan langsung pergi keluar istana.


Sakit semakin tak tertahankan dan darah mulai keluar dari mulut Bu Young. Menggunakan segala tenaga yang tersisa, ia keluar menuju kolam dan berdiri di jembatan.


Mempersiapkan diri akan kematian yang menyambutnya, Bu Young menutup mata dan memanggil, "Yang Mulia.."


Dan ia pun terjatuh ke dalam air.


Kilas balik telah selesai, dan Yi Gak berteriak marah, bertanya apakah benar yang meninggal adalah putri mahkota, bukannya Bu Young? Ayah yakin kalau yang meninggal adalah putri mahkota, karena Bu Young masih ada di dalam rumah.


Maka Yi Gak dan ketiga pengikutnya mencari Bu Young yang terisolasi di dalam sebuah kamar. Mereka menyuruh Bu Young untuk keluar. 


Saat Yi Gak akan menarik cadar Bu Young, Tae Moo dan gerombolannya muncul dan menyerang Yi Gak. Untung ada Young Sul yang melindungi Yi Gak. Hanya saja lawan lebih banyak sehingga Yi Gak terlepas dari pengawalan Young Sul.


Tae Moo memanfaatkan kesempatan itu untuk memanah Yi Gak tepat di dadanya. Dan terkena. 


Namun Yi Gak hanya terhuyung mundur tapi tak terluka. 


Melihat hal itu, Young Sul langsung pergi ke sisi Yi Gak dan menyerbu Tae Moo untuk meringkusnya.


Kembali ke Bu Young yang berlutut ketakutan. Ia semakin ketakutan saat cadar dibuka, memperlihatkan wajah Hwa Young. Yi Gak berteriak marah pada putri mahkota, "Bagaimana mungkin orang sepertimu menjadi putri mahkota?!"


Hwa Young meminta Yi Gak untuk mengampuninya, tapi Yi Gak malah menjawab, "Kau tak seharusnya meminta ampun untuk dirimu sendiri. Kau seharusnya meminta ampun karena telah mengambil nyawa Bu Young." Ia menyuruh pengawal untuk membawa Hwa Young pergi. 


Young Sul bertanya tentang kondisi Yi Gak yang tadi tertusuk anak panah. Yi Gak meraba dadanya, dan mengeluarkan sebuah kalung yang bandulnya rusak. Ia sadar kalau Park Ha kembali menyelamatkan nyawanya dan teringat bagaimana Park Ha memintanya untuk selalu memakainya.


Ia hanya dapat bergumam, "Si bodoh."


Semua yang bersalah telah ditahan. Ayah dan kakak laki-laki Bu Young dihukum mati, begitu pula Tae Moo. Karena Bu Young, ibu dan Hwa Young tak akan dihukum mati, tapi mereka akan diturunkan statusnya hingga sudra dan diasingkan ke pulau terpencil.


Misteri kematian putri mahkota telah terpecahkan. Dan sekarang Yi Gak kembali terkenang akan Park Ha. Ia berjalan-jalan di kolam dan masuk ke dalam pondok, tempat terakhir Bu Young sebelum Bu Young meninggal. Ruangan itu sama seperti ruangan kosong yang lain. Bersih tapi tak berpenghuni.


Tapi saat melihat pembatas ruangan, kupu-kupu yang ada di pembatas ruangan itu bersinar sejenak. Seperti ingin memberitahukannya suatu hal.


Ia menyentuh pembatas itu dan menemukan kalau ada surat yang tersembunyi di balik pembatas itu. Yi Gak segera menyobek kertas dinding dan mengambil surat itu.


Ternyata surat itu berasal dari Bu Young yang menulis surat itu di saat-saat akhirnya,
"Yang Mulia, jika Anda membaca surat ini, berarti Anda selamat. Dan hal itu membuat saya, Bu Young, merasa bahagia. Ada hikmahnya yang dapat dipetik dari kematian. Semua perasaan yang hanya bisa aku pendam dalam hati, dapat kukatakan. Aku mencintaimu. Sepanjang hidupmu, aku selalu menyukaimu. Apa yang mati padahal hidup dan apa yang hidup padahal mati? Walaupun beratus-ratus tahun berlalu, aku akan selalu mencintaimu."

Yi Gak menangis membaca surat Bu Young. Dan ia pun menulis surat. Kali ini pada Park Ha, "Park Ha-ya.. Aku tiba di sini dengan selamat. Bagaimana keadaanmu?"


Dan ia menyembunyikannya di bawah gazeboo tempat ia menggali keping giok untuk Park Ha.  


Park Ha pergi ke istana Yi Gak. Seolah mengharapkan sesuatu terjadi, ia menggali tanah di bawah gazeboo, tempat Yi Gak dulu pernah menggali keping giok yang diberikan untuknya.


Dan ia menemukannya. Tersimpan dalam sebuah tabung, ada surat yang menguning dan tergerus usia. Tapi tulisan yang ada adalah tulisan Hangul bukan Cina. Dalam surat itu tertulis,
"Jika kau membaca surat ini, berarti 300 tahun telah berlalu. Dan jika kau bisa membaca surat ini, aku akan menarik pendapatku yang menyebutmu bodoh. Apakah usaha cafe juice-mu berjalan baik? Aku hanya dapat membayangkan apa yang sekarang sedang kau lakukan, tapi tak mampu menyentuhmu. Aku sangat merindukanmu. Aku ingin mendengar suaramu dan menyentuhmu. Jika aku bisa mati untuk menemuimu, aku akan mati sekarang juga."

Kata-kata Yi Gak dari dalam surat sepertinya terekam dalam benaknya. Park Ha tak memperhatikan apa yang ia lakukan di cafenya. Ia melakukan semuanya seakan otomatis seperti robot.


Karena itu ia tak menyadari kalau ada seseorang yang memesan jus apel.


Tae Young? Yi Gak? Yoo Chun?

Tapi Park Ha tak melihatnya, karena ia teringat kata-kata Yi Gak, "Seharusnya aku mengatakan cinta padamu lebih banyak lagi. Park Ha ya, aku mencintaimu. Aku kangen dan ingin sekali melihat senyuman di wajahmu. Kau harus jaga diri baik-baik."


Park Ha membuat jus apel tanpa melihat siapa yang membelinya. Dan pria itu hanya memperhatikan Park Ha, dengan senyum, berharap Park Ha menatapnya. Tapi sia-sia saja. Park Ha masih tenggelam dalam ingatan akan Yi Gak.


Ketiga joseoners juga memiliki usaha sendiri yang sangat laku di Joseon. Restoran omurice. Mungkin restoran itu jadi trending topic di masyarakat.


Dan mereka juga menemani Pangeran di istana. Mengenang kembali saat-saat bersama Park Ha.


Dengan memakai baju training dan memakan omurice. Tapi tetep.. topi kebesaran tak boleh terlepas. LOL.


Mereka makan seperti saat pertama kali merasakan omurice. Lahap karena kelaparan. Dan saat piring licin dan tandas, Yi Gak malah berkaca-kaca dan terkenang pada gadis yang mengenalkan omurice padanya.


Ketiga Joseoners khawatir melihat junjungannya bersedih, tapi Yi Gak menenangkannya. Ia beralasan kalau ia seperti ini karena omuricenya sangat enak sekali.


Dan untuk menghibur Yi Gak, Man Bo menyodorkan pemen peppermint untuk dikunyah. Yi Gak tersenyum melihat permen itu dan mengambil satu diikuti yang lainnya.


Lagi-lagi Young Sul mendapat hardikan dari Yi Gak karena ia mengunyah permen itu dengan lembuh.


LOL. Old time never dies..


Park Ha yang akan membuka tokonya melihat ada sebuah kartu pos untuknya. Yang kali ini kartu pos bergambar Namsan Tower.


Deja vu, anyone?


Dan sama seperti kartu pos Liberty yang dulu pernah ia terima, di balik kartu pos itu ada sketsa dirinya yang sedang membuat juice dan inisial Tae Young. Juga pesan untuk menemui pengirim kartu pos itu di taman di Namsan Tower.


Park Ha mendatangi taman itu, mencari sosok yang ingin ditemuinya. Tapi tak ada. Hanya berbagai kelompok turis yang lalu lalang. Tak ada orang itu di keramaian taman.



Saat kelompok turis itu berlalu pergi, hanya tinggal dirinya berdiri di taman.

Dengannya.


Menatap Park Ha yang seolah tak percaya, ia tersenyum sambil berkata, "Kenapa kau lama sekali? Aku telah menunggumu sekian lama."


Park Ha balik bertanya, "Kau sendiri ada dimana? Aku sudah ada di sini sekian lama."


Ia mengulurkan tangannya.


Saat Park Ha menyambut tangannya, ia menjadi Yi Gak yang menitikkan air mata bahagia dan berkata,

"Walaupun 300 tahun telah berlalu.."

Park Ha meneruskan kata-katanya, 

"Aku mencintaimu."
Komentar :


Happy ending? Perfect happy ending?

Untuk saya, iya.


Surat Bu Young yang ditujukan pada Yi Gak, dan surat Yi Gak yang ditujukan pada Park Ha. Seolah berbalasan. Park Ha adalah Bu Young dan Tae Young adalah Park Ha.


Ucapan Tae Young pertama kali saat melihat Park Ha di taman adalah :  "Kenapa kau lama sekali? Aku telah menunggumu sekian lama." Kata-kata itu seperti kata-kata Yi Gak yang telah menunggu Park Ha selama 300 tahun lamanya.


Dan jawaban Park Ha :  "Kau sendiri ada dimana? Aku sudah ada di sini sekian lama." Seperti jawaban Bu Young, yang sebenarnya telah hadir di sini sekian lama, menunggu kedatangan Yi Gak yang tak juga mengenalinya.


Dan kata-kata terakhir mereka, "Walaupun 300 tahun telah berlalu, .. aku mencintaimu" adalah kata-kata terakhir Bu Young di suratnya, yang hanya Yi Gak yang tahu.

Note : sinopsis episode 20 sebenarnya akan sama dengan spoiler. Akan ada beberapa tambahan di sana-sini dan gambar yang lebih lengkap. 

76 comments :

  1. keren bangettttttt...jadi ga pengen ending dramanya..hehehe..ditunggu sinopsisnya ya kak..

    ReplyDelete
  2. Thanks Spoiler ny....
    Ending ny keren,.
    walaupun Park Ha gk sma Yi Gak....
    Pling gk Park Ha bahagia sma reinkarnasi Yi Gak (Tae Young)....
    Tp gmna nih? Q msih gk bsa ngrelain RTP tamat...... Eotteokkhae?
    Lanjutin bwt sinopsis ny y,, Mbk dee?

    ReplyDelete
  3. gara-gara episode terakhir drama ini semalam sampai ribut di Grup FB hahaha....

    ReplyDelete
  4. Endingnya sedih bercampur bahagia

    ReplyDelete
  5. OMG ending yg perfect...bkin cenat cenut hahaha bner kan tae yong ttp mmlki jwa yi gak..... tp ksian yi gak di joseon jd sndrian deh

    ReplyDelete
  6. mbak dee.. kok diriku malah nangis lihat endingnya ya? kenapa ini mbak? kenapa bukan yi gak dan park ha saja? kasian kan yi gak sendirian di joseon, hiks huaaa.... masih berkaca-kaca ni mata

    ReplyDelete
  7. hahaha...
    lucu bgt liat yi gak dan chi san dikejar-kejar petugas kerajaan pake baju modern.
    kasin yi gak dan park ha gak bisa bersatu.

    gak rela gak rela RTP tamat....

    ReplyDelete
  8. bagus bagus dan lebih lengkap
    tinggal nunggu sinopsisnya aja
    huaa akhirnya tamat juga ya drama ini
    tp sinopsinya kira-kira kapan mbak dee? yang episode 19 juga jangan lupa ya
    oh ya yang jawaban teka-teki itu kan teratai(reinkarnasi), soalnya aku baca di blognya mbak Hazuki Airin kalo bunga teratainya mati, bijinya bakaljatuh ke kolam dan tertanam lagi... kan jadi mirip reinkarnasi(menurutku lho)

    wah... bakal kangen sama drama ini(terutama F4 joseon,haha)
    kira-kira setelah drama ini mau ngerekap drama apa mbak dee? lanjut terus ya nulisnyaaa!!

    -DANA RIZKY-

    ReplyDelete
  9. Sedih liat bu young meninggal, walo masih berharap lee gak yang sama park ha.. tapi beber kata mbak dee tae yoong itu lee gak , dan park ha itu bu young ^^

    ReplyDelete
  10. ga rela ma endingnya RTP....nggantung bgt. Pengen ceritanya Tae Yong sama Park Ha diterusin dikiit lagi

    ReplyDelete
  11. happy...happy end...seneng nya...wktnya cr dvd nya ni..thx u mb dee..^^(fe)

    ReplyDelete
  12. *anggraini*

    TT__TT
    tp buatku akn lbh perfect lg klo seumpama part terakhr di taman park ha berubah jd bu yong..
    Hmmm, spt cinta sejati yg terpisah lalu tersambung lg....

    ReplyDelete
  13. kasian bu yong..
    cnta nya abadi..
    huaaaa...
    gk ikhlas klo RTP tamat...
    Y__Y

    ReplyDelete
  14. Spoilernya aja bikin aq nangis,.hiks,.hiks,.T_T
    Tp aq penasaran lho mbk dee,.
    Apa ya kira2 yg bikin Park Ha nangis pas baca sejarah Joseon di Perpus wktu itu,.??Apa berkaitan dgn Yi Gak ya??
    Kasihan Yi Gak sndirian di Joseon,.sama aku aja ya Yi gak,.Aq rela kok kembali ke zaman Joseon,.
    Wkwkkk,..

    ReplyDelete
  15. sedih tuh denger 300 thn lagi
    gak iklas film nya tamat
    tapi cool dech

    ReplyDelete
  16. mungkin intinya begini ya mbak dee: bahwa takdir itu memang tak bisa diubah, bahwa yi gak di jaman joseon tidak bisa hidup bersama dgn park ha di jaman sekarang, seperti drama 49 days juga mbak, walaupun sudah mengumpulkan 3 tetes air mata murni, jika sudah tiba ajalnya akan pergi juga, dan sedihnya lagi yoochun akan ikut wamil (huuaaaa....)

    ReplyDelete
  17. ya karena bou yung kan matek di jaman joenson jadi kasih mereka baru terwujud dizaman sekarang ini

    ReplyDelete
  18. Lee Gak ksian di Joseon ga bsa sm Bu Yong.

    ReplyDelete
  19. endingnya sedih bgt,,,kenapa yigak ga dapetin satupun(buyong or park ha) kasian yigak kesepian di joseon,,

    ReplyDelete
  20. omo . . . poor lee gak
    dia di joseon ga sama syp2
    happy ending buat jaman modern
    tapi sad ending buat jaman joseon

    ReplyDelete
  21. Drama yg brhasil mngalihkan dunia ku utk sesaat;-) Happy ending sih tp tetap aja mnrut ku porsi utk park ha dan tae yong kurang sharusny bs lbih bnyak biar endingny lbih greget..tp ya sdh la mgkn krn yoochuny hrs ngjar deadline buat wamil jd g mgkin dprpanjang y,huft..brarti hrs nggu 2 thn lg br bs liat putra mahkota ini akting lg..lama!!!

    ReplyDelete
  22. happy end,,,tp kok rasanya ga bisa napas nahan sedih aku lihat yigak-buyoung diJoseon,,, maunya diceritain ttg kbrsamaan parkha-taeyoung 1 eps aja ditambah,,,biar bisa merelakan klo RTP udah tamat... Thanks mbak Dee,,,masih ditunggu sinopsis lengkapnya,,,hehe...^^

    ReplyDelete
  23. aku rasa itu LG yg reinkarnasi di tubuh nya TY..kata2 300 tahun cuma LG yang tau...tangan dikepal kebelakang begitu itu juga gayanya LG..jd jelass IT LG & PH

    thanks a lot mba dee selama ini sinopsis nya amat sgt membantu...:):)

    ReplyDelete
  24. benarkah yochun mau wamil???duh sedihnya,,, :'(
    sebenernya aku agak bingung,apa gazebonya dari zaman joseon ampe sekarang ga berubah ya?kok bisa ketemu suratnya?? ah,namanya juga drama fantasi,,,bisa aja kali ya :-)

    ReplyDelete
  25. Happy ending untk jaman modern,,,?!
    Sad Ending untuk Jaman Joseon??

    lucu lht f4 joseon di kejar2 :D

    tp msh ada yg nge gantung :
    1.kenpa ga ada adegan saat Tae yoUNG sadar dr koma, dia jg belum tahu klo nenek nya meninggal dan Tae mo di penjara.jd msh bingung yi gak or tae young?

    2.terus knpa Park Ha nangis saat baca buku sejarah di Perpus?
    (kLO ini mungkin dia bca sejarah Yang Mulia Yi Gak yg tidak bisa bersatu dgn Bu Young, dan bgaiman tragis nya Bu Young meninggal demi melindungi Yang Mulia?)
    "ini menurutku loch mba dee" asal nebak hehehehe :)

    betul adegan tae youn sm park Ha sedikt berharap ada stu episode lg saat merka bersama.

    iNTi dr cerita ini sich sebenarnya"walaupun di kehidupan yg lalu ditakdirkan tdk bs bersama, tp di kehidupan mendatang merka bersama"
    itu mnurut ku

    sinopsis nya jgn lupa mba dee eps 19 n 20 nya biar lebih lngkap :D

    Rencana nya mau buat sinop Drakor Apa hbs ini?

    Maaf comment nya kepanjangan heheheh :D

    GOOD LUCK MBA DEE :D

    ReplyDelete
  26. wah endingnya kereeeen banget. walau endingnya bahagia tetap saja rasanya ingin menangis.

    ReplyDelete
  27. keren banget dramanya. awalnya bikin kita tertawa n akhirnya bikin kita sedih. Thanks ya mba dee.
    T...O...P... B...G...T...

    ReplyDelete
  28. udah end ? beneran end ? aduuuuuh~ ga siap ga siap.. #mewek
    masih kebayang Yi Gak, Park Ha, Joseoners, #pemain lain numpang lewat doang...
    huwaaaa~ T.T
    lengkapnya d tunggu mba dee.. fighting^^

    ReplyDelete
  29. mau tanya dong unni
    blm ngerti
    yg ketemu di taman Tae Young atau Yi Gak?

    ReplyDelete
  30. Huaaaa...ngak relaaa...maunya yi gak sama park ha hikzzz

    ReplyDelete
  31. ngakak pas yi gak balik tapi di kandang ayam.....hahahha

    ReplyDelete
  32. Sweet ending :)

    ReplyDelete
  33. ini bagaimana taeyong bangunnya???haduuuhhhh.......kurang panjang ini drama.hahhaa

    ReplyDelete
  34. ending nya gak mantap aaahh...huaaaaa bener-bener pengen park ha sama lee gak..
    sebelum nya ada adegan park ha baca buku sejarah di perpus...tapi kok gak dijelasin dia baca apa ya..hhmm...lupa kali sutradaranya.hahaha
    masi tak rela lee gak di joseon sendirian.T_T paling gak suka ending film yg "tatap menatap penuh arti".

    ReplyDelete
  35. Demi drama ini aku sampai gali informasi dari sana sini. . Pernah nyampek forum apa gitu, terus ada artikel yg mengejutkan. . .
    Katanya karakter yi gak itu mirip sama putra mahkota anak raja sukjong dari ratu jang hee bin. . *jadi inget dong yi*
    cz perhitungan umur yi gak wktu dtanya park ha di episode awal pas bgt ama umur putra mahkota. Katanya juga disejarah aslinya putra mahkota meninggal 2 tahun stlah putri mahkota meninggal secara misterius *nah loo. . Masa yi gak meninggal 2 th stlh bu yong?*

    ada juga sejarah yg blg putra mahkota meninggal karena alergi kepiting ato apa gitu ama keracunan buah persimon *lha mirip kan? Buahnya diracuni?*

    aku jg g terlalu yakin, cz artikelny pakek b.inggris. . Tp lumayan membantu untuk berimajinasi ttg kehidupan yi gak di zaman joseon. .
    Tapi masak pangeran yeoning itu tae moo?
    *aah. . Lupakan kl g tertarik*

    maav kbnyakan comment^^
    semoga sinopny cpt slesai. .
    Makasih. .

    ReplyDelete
  36. Aaaaaaaaaaaa
    I will miss this drama so fcuking much!!!
    *sobbing cry*

    ReplyDelete
  37. nangiiiisss... hwaaaa... T_T

    ReplyDelete
  38. suka banget sama rooftop prince...walaupun happy ending tapi mengharukan..jodoh memang ga kemana, ga dapet yg di jaman joseon dapetnya di jaman modern...hehe.
    berarti tae young memiliki ingatan yi gak dong ya mbak dee?
    ditunggu sinopsis lengkapnya mbak dee...semangat :D
    *aulia

    ReplyDelete
  39. park ha adalah bu young, tae young adalah yi gak...

    ReplyDelete
  40. Endnya bikin gregetan deeh

    ReplyDelete
  41. Gregetan neeh baca endnya..menurutku sih yg ktm sm park ha ya yi yak yg bereinkarnasi jd tae young.pnginnya ditmbh dikiiiit crtnya mis gmn tae yong ingetin park ha ttg kisah mrk slm brsama biar jd yakin gt klw yg dtg mmg yi gak...yg ada ditbh tae yong

    ReplyDelete
  42. mkasii ya mba dee uda bkin spoiler.na>>
    aq sueneng bgt drama ini...hmpir stiap hrii ke blog emba' untk nyari snopsis RP slnjud.na
    ...skali lagii mkasii ya mba... udah buad.inn spoiler.na.....

    ReplyDelete
  43. Mestinya dibikin RTP part 2 ya..., cerita Tae Yong - Pak Ha.
    Hehehhe..gak rela drama ini dah habiss..

    ReplyDelete
  44. *heri-chan*
    walaupun happy ending, q koq terus2an aja menitikkan air mata? Sediiih banget ngeliat pasangan joseon ga bisa bersama. Hiks..hiks...hiks...
    Dan akhirx ke-3 joseoners versi modern ga muncul. Benar2 mesti nyari dvdx deh. Kalo mw nunggu tayang dtv nasional kt sih kemungkinan thn dpn, lamax...

    ReplyDelete
  45. *heri-chan*
    walaupun happy ending, q koq terus2an aja menitikkan air mata? Sediiih banget ngeliat pasangan joseon ga bisa bersama. Hiks..hiks...hiks...
    Dan akhirx ke-3 joseoners versi modern ga muncul. Benar2 mesti nyari dvdx deh. Kalo mw nunggu tayang dtv nasional kt sih kemungkinan thn dpn, lamax...

    ReplyDelete
  46. *heri-chan*
    walaupun happy ending, q koq terus2an aja menitikkan air mata? Sediiih banget ngeliat pasangan joseon ga bisa bersama. Hiks..hiks...hiks...
    Dan akhirx ke-3 joseoners versi modern ga muncul. Benar2 mesti nyari dvdx deh. Kalo mw nunggu tayang dtv nasional kt sih kemungkinan thn dpn, lamax...

    ReplyDelete
  47. *heri-chan*
    walaupun happy ending, q koq terus2an aja menitikkan air mata? Sediiih banget ngeliat pasangan joseon ga bisa bersama. Hiks..hiks...hiks...
    Dan akhirx ke-3 joseoners versi modern ga muncul. Benar2 mesti nyari dvdx deh. Kalo mw nunggu tayang dtv nasional kt sih kemungkinan thn dpn, lamax...

    ReplyDelete
  48. *heri-chan*
    walaupun happy ending, q koq terus2an aja menitikkan air mata? Sediiih banget ngeliat pasangan joseon ga bisa bersama. Hiks..hiks...hiks...
    Dan akhirx ke-3 joseoners versi modern ga muncul. Benar2 mesti nyari dvdx deh. Kalo mw nunggu tayang dtv nasional kt sih kemungkinan thn dpn, lamax...

    ReplyDelete
  49. *heri-chan*
    walaupun happy ending, q koq terus2an aja menitikkan air mata? Sediiih banget ngeliat pasangan joseon ga bisa bersama. Hiks..hiks...hiks...
    Dan akhirx ke-3 joseoners versi modern ga muncul. Benar2 mesti nyari dvdx deh. Kalo mw nunggu tayang dtv nasional kt sih kemungkinan thn dpn, lamax...

    ReplyDelete
  50. Mba dee buat sinopsis queen in hyun's man..
    Kisahnya hampir mirip rtp and sama seruuuuunya...
    Buat yach mbah..... ???!?

    ReplyDelete
  51. lucu dan mengharukan huhu T.T

    ReplyDelete
  52. stelah sekian hari aku menunggu ep trakhirr,, akhirnyaa,, happy ending,, aku terharuu sampe* nangis *lol,, maksihh atas spilernya,, aku tunggu sinopsissnya yang lainn

    ReplyDelete
  53. stelah sekian hari aku menunggu ep trakhirr,, akhirnyaa,, happy ending,, aku terharuu sampe* nangis *lol,, maksihh atas spilernya,, aku tunggu sinopsissnya yang lainn

    ReplyDelete
  54. ayo sinopnya... ep 19 & 20.. q tunggu...

    ReplyDelete
  55. masih belum move on ternyata saya.... masih nangis2 baca spoilernya aja, dan ya,,, sampe 'berantem' via email sama temen :D
    tapi ada satu yg bikin,agak lega...dengan adanya analisis bahwa ini terinspirasi kisan nyata jaman joseun, dan dibilang bahwa istri pertama putra mahkota meninggal 2 tahun sebelum putra mahkota mati gara2 kesemek beracun. then, ijinkan saya nyambungin dengan RP. bahwa sebenernya lee gak ntar nya nikah lagi, walaupun cinta sejatinya tetep bu young. (sebenernya yg bikin ngenes adalah kesendirian lee gak) setelah 300 tahun akhirnya mereka bersatu.
    oke mbe dee, perfectly happy ending yaaa,,, dengan harus nekenin kalo lee gak dan tae young adalah orang ysang sama....
    hahahaha..maafkan atas asumsi dan pemaksaan dari saya, terima kasih atas kerja kerasnya mba... sampai bertemu di (kegalauan) drama berikutnya :D

    ReplyDelete
  56. walpn bikin sedih nagis2,,,,
    q merasa endingnya menurutq terlalu dipaksakan dan ada yang membuatq penasaran,,,, hmmhmm...
    - tae young udah lama koma dirumah sakit tiba2 bisa nongol didepan park ha??? kpn sadarnya trz jg kpn inget waktu yang dia lalui sebagai Le gak,,,
    - surat yang ditulis Le Gak untuk park ha, itukan baru di sembunyikan knp bisa ditemukan park Ha....
    - Gmana Hubungan Tae young ama park ha... ko gag bgtu jelas krang greget,,,,

    wlpn bgtu q ttp suka happy end,,, kegalauan sudah terobati semua....
    cukup susah mengucapkan perpisahan sama Yang Mulia (Le Gak dan Park Ha),,,

    ReplyDelete
  57. duh ga penasaran lagi dan ternyata aq suka akirnya,walo sangat mengharukan.ingin jd seperti park ha dan dapet seperti yigak.oh so cute banget

    ReplyDelete
  58. sedih2 tapi kereeeeeen aq mpe terharu...........park ha ma yi gak pasangan TOP lah.......kok udah slese padahal keren bgt
    di tunggu sinopsis panjangnya ya biar lebih greget bacanya

    ReplyDelete
  59. masih bingung,, ni happy atau sad

    ReplyDelete
  60. aku bilang sih ini happy ending dengan cara yg cerdas.... terkesan gak murahan.... perfect lah...


    yi gak pasti dengan berbesar hati terima takdir bu young meninggal dengan terhormat, meninggal untuk menyelamatkan dirinya...

    yi gak pasti bahagia....

    masih bisa kirim2an surat lewat gazebo, masih bisa menyentuh park ha lewat tae young wakakakakak... ngayal....

    daebak lah drama ini ^^ top markotop^^

    mbak Dee..... nu;is apa lagi habis ini ya? hehehehe keren kereeennnn....

    ~ happy katrie ~

    ReplyDelete
  61. Mbak dee.. Walau pun dramanya sudah end, tapi teteup d tunggu sinopsisnya ^_^

    ReplyDelete
  62. Mba dee, mana sinopsis eps 19 n 20 nya aq penasaran nich.. hehehehe :D
    (maaf agak maksa.com)bis penasaran

    bis ini mau nulis sinop apa mba ? aq mau request dong Time Slip Dr.Jin bis di drakor itu ada Song Seun, Park min Young, n Jaejong penasaran kya nya cerita tentang kedokteran tp ini kebalikkan RTP klo dia k masa lalu, sepertinya ... (sok tau.com)

    hehehehe :D

    sEMAngat yach Mba Dee
    AQ tunggu sinop RTP senjutnya n Drakor terbaru nya.

    ReplyDelete
  63. Kereeennnn mb...rooftop prince nyaa..emang top bgt dehh..
    ditunggu film yg bgus2 lagi yaa mb... hehhe :D

    ReplyDelete
  64. hampir 1 minggu dah kelewat...tp tetep ngarep drama ini g berakhir. klo menurutku sih...lee gak di kirim ke masa depan tuh bwt nyelamatin park ha,supaya nasibnya g kaya bu yong,meninggal demi nyelamatin pangeran. and bikin dia sadar klo bu yong adalah org yg tulus mencintai dia. klo lee gak g k masa depan g jamin deh park ha bakal selamat,sena bakal sadar dan tae mu bakal ditahan.
    so...saat cinta mereka tak bisa bersatu di jaman joseon,takdir menyatukan cinta mereka di jaman selanjutnya.... endless love

    ReplyDelete
  65. kok endingnya semakin membuatku pusing ya?? itu bu young yang betulan mati ya??

    ReplyDelete
  66. Mbak dee sy msh bnr2 blm nrima klo drma ini udh end,soalny stlah RTP abis blm ada drma yg seru n dtggu2 krn bkin pnsran lg..saking kangeny sm drama ini sy smpe ngubek2 youtube cm buat nyri all about RTP mulai dr BTS,OST,intrview pemain2ny pkokny sy bnr2 blm smbuh dr virus RTP;-( Smalam liat intrview f4 joseoners walaupun g ngrti artiny tp kliatan bgt kkmpakan mrka abisny spanjang intrview ktawa ktwi mulu kykny seru bgt!! Jd mnghayal gmn klo f4 joseoners bkin boy band wkwkwk mksdny biar bs ngliat mrka truss utmany y yoochun si prince itu:-D #sorry mbak dee komen yg ni skdar curcol#

    ReplyDelete
  67. kayaknya t magic serial drama d bikin menggalau di akhir drama.. kalo king 2 hearts kan jelas banget t akhirnnya.. kalo rtp "hepi ending tp gantung".. dan di stu magicnya.. penulisnya gw rasa pinter banget dah bikin para penontonnya menggalau.. denagna membiarakan penontonnya berimajinasi sendiri buat membayangakan mereka mengenang kembali memori masa2 yigak-park ha.. cuma yg bikin aq penasaran...APAKAH PARK HA MEMILIKI INGATAN HWA BU YOUNG? sori di caps lock, bagi yg tau kabar2in dunk jawabnnya hahaha.. pensaran ni.. kan yg inget cuma si yigak-tae yong kan?

    ReplyDelete
  68. buyong berarti teratai yaitu bunga yang mekar di kolam. segala sesuatu yang hidup dimakamkan di tanah ketika mati. teratai harus mati di lumpur untuk hidup dan menjadi bunga. mati meskipun hidup,maksudnya adalah untuk hidup bunga teratai harus mati dan menjatuhkan bijinya di tanah. hidup meskipun mati maksudnya meskipun mati teratai akan tumbuh dan hidup kembali melalui bijinya. menurut ajaran budha,teratai adalah suatu kematian yang hidup dan suatu kehidupan yang mati karena teratai adalah simbol dari kelahiran kembali(reinkarnasi)

    ReplyDelete
  69. aku seneng sekaligus sedih,,,huhu >_<
    pengen nagis pas yigak baca suratnya bu young trus park ha baca suratnya yigak,,,menurut ku di bagian itu nyiksaaa bngt T_T,,,etah kenapa menurutku ini sad ending,karna aku berharap yigak dan park ha bukan tae yong dan park ha biar pun tetap yochun tp aahhhh,hati ku kurang puas...tapi pada intinya aku sangat menyukai rooftop prince karna alur cinta masa lalu mereka yg indah dan menyakitkan...O'geez 2 jempol dch,,aku nangis bombay nich

    ReplyDelete
  70. mba dee...
    salam kenal sebenarnya aq dah langganan baca sinop2 mba dee terutama sejak oppa yoochun d rooftop prince cuma ga pernah komen hehe....coz semua galau and khayalan udah terwakilkan semua di komen2 yg masuk.
    Btw ne satunya2nya drama yg bikin q ngikutin setiap detil perkembangannya mpe segininya...beneer2 dah....selain karena da oppa yoochun..juga ceritanya TOP BGT BANGET LAH....
    dan q g sengaja nemu tulisan ttg DBSK pas lg browsing2 secara oppa kan dulu anggotanya hehe. Tulisannya nyebutin klo sebenernya lo yg digugat DBSK tu CEO SM as kim kyung wook ma kim young min yg ngeganti secara sepihak kontak mereka dr 7 thn jd 13 tahun (ampyuun dah g salah dibilang kontrak budak, bukan lee so man produser mereka. Dua org ne lah pemegang kekuasaan tertinggi di SM. dUA member lain (changmin&yunho) g bisa gabung nuntut cz kontrak mereka berbeda ma JJ, Yochun,junsu. jd kenapa mpe skrg yunho en changmin ttp di SM bisa jadi krn kontrak mereka bnr2 memberatkan dunk....entahlah antara percaya ato tidak cz stlh 2 thn pun ttp gbs kluar dr SM.

    Btw ne cm curcol maaph2 lo da yg g berkenan...hwaiting...

    ReplyDelete
  71. bagaimana dgn lee gak sementara bu yong meninggal..??

    ReplyDelete
  72. RTP kerennnn bgt,,,baru slesai nnton ga rela uda tamat aja,,,
    kenapa park ha ga sama lee gak sihh ??
    Kasiann lee gak sndirian,,
    tp kayanya lee gak berbesar hati deh,,makanya bs lbh kuat dibnding park ha..
    Tp so sweet bgt surat"annya ;(
    apalagi pas ending di episode 19,,pas dia nikah ucapin jnji trkhir kali trs mnghilang,,,uuuhh itu bgian yg palingg ngeneessss ;( ;(
    ga berenti ngucurin air mata,,hikss,,
    terbayang oppa yoo chun terus jadinya,,;(
    saranghae oppa <3
    menjiwaii bgt peran K2 nya ;( masiihh ga relaaaaaaaaa hiks

    ReplyDelete
  73. galak, romantiz, bingung,

    ReplyDelete
  74. happy ending tapi sedih juga soalnya park ha ga sama lee gak soalnya banyak bgt masa masa indah bareng dia tapi gapapalah sama ini kan orangnya.
    kalo aku jadi park ha bakalan kangen bgt sama tingkah laku kekocakan mereka beempat:') sediiihhhhhhh.

    ReplyDelete