May 31, 2012

Sinopsis Rooftop Prince Episode 20 - Final

`Sinopsis Rooftop Prince Episode 20


Sinopsis Rooftop Prince Episode 20

Yi Gak duduk bersila di kandang ayam. Aura magis masih menyelimutinya. Saat aura itu menghilang, ia tersadar dan membuka mata. Matanya terbelalak, mencoba mencerna ia ada dimana sekarang.

LOL. Seumur hidup ia pasti belum pernah melihat kandang ayam dan bebek.

Everything happened for a reason.



Sinopsis Rooftop Prince Episode 20

Sepertinya Yi Gak mencoba berpikir. Saat ia menghilang dan muncul di masa depan, ia jatuh di rumah Park Ha. Ternyata jawaban misteri yang ia cari adalah Park Ha. Tapi sekarang? Mengapa ia jatuh di kandang ayam? Apa maksudnya?


Tapi ia tak sempat berpikir lebih lama lagi, karena ia jatuh di siang bolong dan berbagai tatapan ingin tahu mengarah padanya. Dandanan dan rambutnya pasti menarik perhatian banyak orang.


Sinopsis Rooftop Prince Episode 20

Tiba-tiba ia mendengar teriakan seseorang yang menyuruh “Tangkap dia!” Ternyata itu adalah kepala pasukan yang menyuruh pasukan mengejarnya.


Reflek, Yi Gak langsung lari terbirit-birit.


Di tengah jalan ia bertemu dengan Chi San yang juga ikut lari. Mereka tak sempat menyapa, karena pasukan kerajaan mengejar mereka. Di jalan bercabang, Yi Gak menyuruh Chi San untuk memisahkan diri. Tapi Chi San tak mau, hingga Yi Gak harus mendorongnya.


Mereka berpencar, membuat kepala pasukan itu sedikit bingung dan akhirnya membagi pasukannya menjadi dua untuk mengejar kedua orang aneh itu.

Tunggu.. apa kepala pasukan itu Taek Soo? Pyo Taek Soo?


Double LOL. You’re so dead, man. Jangan sampai keempat Joseoners (atau mungkin ketiga Joseoners) mengetahui kalau kau yang mengejar-ngejar Yang Mulia Yi Gak saat ia jatuh di masa Joseon ini. :D


Untung Yi Gak bisa bersembunyi sehingga Taek Soo tak berhasil menangkapnya.


Yi Gak buru-buru meninggalkan tempat itu dan mencari yang lain. Betapa terkejutnya saat ia melihat Chi San terkapar dengan mulut berlumuran darah. Ia segera mendudukkan Chi San dan mencoba membangunkannya. Tapi Chi San hanya memanggilnya lirih, “Yang Mulia..” dan tak sadarkan diri lagi.


Yi Gak berteriak memanggil Chi San lagi tak rela kalau pelayan setianya mati, “Bagaimana mungkin kau meninggal seperti ini?”


Dengan mata terpejam, seolah berubah menjadi vampire, Chi San menjilat darah itu dan bergumam, “mmmhhh”. Dan tiba-tiba matanya terbuka dan bertanya, “Apa mereka sudah pergi?”

Tentu saja Yi Gak kaget, namun segera menyadari, “Itu saus tomat?” Chi San mengangguk.


Kwa kwa kwa.. penonton kecewa.

Yi Gak langsung menjatuhkan badan Chi San kembali dan pergi meninggalkan pelayannya dengan kesal. LOL.


Chi San menyusul Yi Gak dan menciumi bungkus hamburger yang masih ia bawa dengan keluhan kalau ia masih tetap lapar. Ia hanya punya satu sachet kecil saus tomat untuk dijilat-jilat, “Jika saja aku bisa makan hamburger lagi.. “ dan ia mencium kertas bungkus hamburger itu dengan penuh sayang.


Yi Gak tak mempedulikan keantikan Chi San, dan menyuruhnya untuk bersiap-siap untuk kembali ke istana. Tapi Chi San tak mau. Dengan dandanan mereka seperti ini, mereka akan langsung diseret ke penjara.


Yi Gak juga menyadari itu. Tak sengaja, matanya tertumbuk pada dua orang lokal yang sedang duduk di kedai makan, dan bersulang dengan.. kaleng bir?
Young Sul dan Man Bo!


Buru-buru Yi Gak dan Chi San memanggil dan menghampiri mereka. Chi San langsung lari menuju ke Young Sul yang juga berlari ke arahnya. Mereka berpelukan?


Tidak. Karena yang dituju Chi San adalah ayam yang ada di atas meja dan melahapnya dengan rakus. Dan Young Sul juga berlari dan memeluk Yi Gak dengan sangat antusias. Yi Gak terkejut dengan pelukan itu namun membiarkannya karena Young Sul juga tersadar akan posisinya yang tak pantas memeluk seorang Pangeran.


Chi San memasukkan banyak-banyak ayam ungkep ke mulutnya dan baru bertanya, “Bagaimana mungkin kalian dapat membeli makanan ini?”


Young Sul menjelaskan kalau mereka menukar makanan ini dengan permen karet yang mereka bawa. Kata bibi penjaga kedai, mereka dapat melakukannya.

Young Sul memberikan permen karet itu pada Yi Gak, tapi bukan permen karet yang ia butuhkan. Sekarang ia sangat haus dan ia mengincar kaleng bir yang ada di atas meja.


LOL, Pangeran mau berbagi minum dengan orang lain? 


Tapi walaupun Pangeran mau, keinginannya menikmati bir harus pupus karena kaleng itu telah kosong. Ia meminta kaleng bir lagi pada mereka berdua.


Young Sul menjawab kalau hanya itu kaleng yang mereka bawa. Dan seolah membela diri, Young Sul menambahkan kalau tiap orang harus bertanggung jawab pada benda yang mereka bawa.

LOL. Kalau mau minum bir, Yang Mulia, anda harus membawanya sendiri.


Yi Gak hanya bisa mendesah kesal. Namun kekesalannya segera terobati karena Man Bo ternyata tak lupa untuk membawa baju kebesarannya di dalam ransel yang sangat besar itu. 


Ia menerima bajunya dan meraba sulaman emas yang ada di baju itu, seakan menerima kenyataan kalau ia memang sudah kembali ke masa Joseon.


Perdana Menteri Hong (ayah Hwa Young dan Bu Young) kaget dan setengah tak percaya saat mendengar laporan dari anak sulungnya kalau Yi Gak telah kembali ke istana. Anak laki-lakinya yakin karena saat ia ada di istana, ia melihat Yi Gak memasuki istana.


Perdana Menteri Hong langsung menemui Pangeran Mu Chang dan memberitahukan informasi itu.


Pangeran Mu Chang mengangkat mukanya, dan ia adalah Tae Moo. Rupanya Tae Moo juga memiliki reinkarnasi di jaman Joseon. Bahkan, ia dan kelompoknyalah yang mengejar Yi Gak dan ketiga josenoers semalam.


Pangeran Mu Chang sangat marah dan membunuh pengawal yang salah memberikan informasi padanya tentang kematian Yi Gak semalam.

Duh.. Nggak Tae Moo dan nggak Mu Chang.. ternyata keduanya sama-sama pembunuh yang selalu gagal saat ingin menghabisi Yi Gak dan reinkarnasinya.


Di istana, ketiga Joseoners, yang sekarang sudah memakai baju istana mereka, memberi hormat pada Yi Gak yang juga sudah memakai baju kebesarannya. Yi Gak bertanya apakah mereka sudah menemui keluarga mereka masing-masing?


Mereka menjawab sudah, namun mereka tak menyangka kalau kepergian mereka selama berbulan-bulan ke masa depan hanyalah semalam di Joseon.


Man Bo menceritakan bagaimana adiknya mendorongnya kesal saat ia ingin memeluk adiknya karena kangen. Bagi Man Bo, ia tak melihat adiknya selama berbulan-bulan. Tapi bagi adiknya, Man Bo hanya tak pulang semalaman. Tentu saja adiknya merasa kesal.


Yi Gak bertanya, apa mungkin yang mereka alami bersama-sama ini hanyalah mimpi?


Mendengar pertanyaan itu, ketiga Joseoners langsung tertawa membantahnya. Chi San bahkan berani mengupil saat  Man Bo berkata, “Aneh-aneh, aja. Kenangan akan Park Ha noona di rumah loteng sangatlah jelas, nggak mungkin itu mimpi. Nggak mungkin kalau hanya mimpi.”


Chi San menimpali ucapan Man Bo dengan menggoyankan tangannya, “Nggak lah..” dan Young Sul menjawab perlahan tapi yakin, “Nggak mungkin banget!”


Yi Gak menatap mereka tajam dan berkata, “Oy! Aneh-aneh aja. Nggak lah. Nggak mungkin banget.”


Ketiga Joseoners langsung membungkuknya badan dalam-dalam dan minta maaf karena kelancangan mereka.

“Kita sekarang ada di jaman Joseon, jadi kita harus bertindak sama seperti orang Joseon.”
Ketiga Joseoners membungkuk dalam-dalam dan meminta maaf lagi, tak melihat kalau Yi Gak sebenarnya tersenyum geli namun senang karena ketiga pengikutnya masih punya takut padanya.

Kembali bersikap serius, Yi Gak kemudian memerintahkan untuk melakukan investigasi khusus dan menahan seluruh keluarga Perdana Menteri atas tuduhan usaha pembunuhan.


Ibu Bu Young panik mendengar kalau seluruh keluarga akan ditahan atas usaha pembunuhan Putra Mahkota. Ia bertanya pada suaminya, mengapa hal ini terjadi, padahal mereka sedang berduka atas kematian putri mahkota yang juga putri sulung mereka?


Perdana Menteri Hong tak dapat memberi jawaban. Tapi ia yakin kalau semua ini akan segera berakhir. Entah ia yang mati, atau Putra Mahkota yang mati.


Seluruh keluarga Perdana menteri akhirnya ditahan, kecuali Bu Young yang sedang sakit dan mengidap penyakit menular. Perdana Menteri menolak tuduhan usaha pembunuhan itu tapi Yi Gak tetap akan menguak kebenaran akan kematian Putri Mahkota.

"Putri Mahkota meninggal 7 hari yang lalu.."
Dan terjadi kilas balik, bukan hanya dari perspektif Yi Gak. Tapi sepertinya menceritakan ulang episode 1 dengan lebih detail.


Bu Young datang ke istana dan hampir saja berpapasan dengan Yi Gak akan melintas.


Buru-buru ia bersembunyi, namun ia tetap mengintip Yi Gak dari balik tembok. 


Saat hendak berjalan lagi, tak disangka ia jatuh tersungkur hingga kotak bedak yang ia bawa ikut terjatuh. Serbuk bedak itu beterbangan di udara dan tercium olehnya.


Rasa ingin tahunya akan aroma bedak itu sangat besar sehingga ia tetap pada posisinya yang tersungkur. Ia sepertinya sedang menebak-nebak aroma bedak yang aneh itu saat terdengar suara di atasnya.

“Jangan bergerak,” kata suara yang dikenal oleh Bu Young, bahkan beberapa saat yang lalu ia sempat mengintipnya. “Apakah ini adalah adik Putri Mahkota, Bu Young?”


Bu Young mencoba berdiri dan menyapa Yi Gak, “Yang Mulia, saya..”


“Sudah kukatakan jangan bergerak,” hardik Yi Gak keras, membuat Bu Young tak berani bergerak. Ia tak  melihat kalau sebenarnya Yi Gak tersenyum geli melihat Bu Young yang tersungkur dengan canggung di lantai.


Yi Gak akhirnya mengulurkan tangan untuk membantu Bu Young berdiri. Tapi Bu Young tak melihatnya. Akhirnya Yi Gak mengetuk lantai dengan sepatunya, sehingga Bu Young menoleh kepadanya.

“Bangunlah,” kata Yi Gak dengan tangan masih terulur.


Park Ha menutup kotak bedak itu sebelum menerima uluran tangan Yi Gak yang kemudian membantunya berdiri.


Sepertinya ini bukan kali pertama mereka bertemu dan bukan kali pertama Bu Young terjatuh, karena Yi Gak bertanya, "Apakah kau jatuh lagi?"


Bu Young meminta maaf akan kecerobohannya. Yi Gak hanya men-ckckck pada kebiasaan Bu Young tapi tak memperpanjang hal itu lagi. Ia malah bertanya kotak apa yang dipegang Bu Young? Bu Young berkata kalau kotak ini berisi bedak yang dikirimkan oleh kakak laki-lakinya untuk Putri Mahkota.


Yi Gak menanyakan apakah Bu Young sudah menemukan jawabannya, dan saat Bu Young mengatakan belum, Yi Gak sangat senang. Karena jika besok Bu Young belum menemukan jawabannya, maka dialah yang akan menang.


Di kamar Hwa Young, Bu Young memberikan kotak bedak dan surat dari ayahnya pada Hwa Young. Ia tak menyadari kalau wajah kakaknya berubah keruh saat membaca surat itu. Ia juga kaget karena dibentak kakaknya saat ia memberikan saputangan yang baru saja disulamnya.


Putri Mahkota menyegel amplop surat itu kembali sebelum dikembalikan pada ayahnya dan menyuruh Bu Young untuk segera pulang.


Bu Young pulang ke rumah dan melaporkan pada ayahnya kalau ia telah menemui Putri Mahkota dan memberikan titipan ayah. Ayah menyuruhnya untuk segera kembali ke kamar. Sebelumnya, ia sempat melirik pada lawan bicara ayah yang tak ia kenal.


Ia bertanya pada ibunya tentang pria itu. Ibu menjawab kalau ia adalah Pangeran Mu Chang, saudara tiri Putra Mahkota. Tapi karena ibu Pangeran Mu Chan melakukan kesalahan, maka ia dan ibunya diusir keluar dari istana. Ibu menyuruhnya untuk tak bertanya-tanya lagi dan segera kembali ke kamar.


Bu Young memang kembali ke kamar dan meneruskan sulamannya. Tapi ia tak henti-hentinya berpikir tentang berbagai keanehan yang terjadi pada hari ini.


Dari kehadiran Pangeran Mu Chan, bedak putih yang baunya aneh, kata-kata ibunya untuk tak ikut campur akan urusan ayahnya. Ia juga teringat akan surat ayah yang harus ia bawa pulang kembali setelah Hwa Young membacanya, tapi tak sempat ia berikan tadi.


Buru-buru ia membuka surat itu dan isinya sangat mengejutkannya. Melalui surat itu, ayah memerintahkan Hwa Young untuk menyajikan manisan kesemak untuk snack malam Yi Gak. Namun sebelum Yi Gak memakannya, Hwa Young harus menaburkan serbuk putih dari kotak yang menyertai surat ini.


Bu Young menyadari bahaya kematian mengintai Putra Mahkota. Buru-buru ia lari menuju istana dan meninggalkan surat itu di kamar. 


Rupanya ayah teringat kalau ia belum menerima suratnya dan menyuruh anak laki-lakinya untuk mengambil surat itu dari Bu Young.

Kakak Bu Young tak menemukan Bu Young di kamar, namun ia menemukan kalau surat itu telah terbuka. Berarti Bu Young membacanya.


Ia melaporkan hal ini pada Mu Chang yang segera memanggil anak buahnya. Mu Chang yang tak mau rencana pembunuhannya gagal, langsung menyuruh anak buahnya untuk membunuh Bu Young jika perlu. Ia pun juga bersiap untuk ke istana.


Di istana, Hwa Young yang walaupun gugup, tetap melakukan perintah ayahnya. Saat manisan kesemak dihidangkan, ia memberikan saputangan yang disulam oleh Bu Young untuk mengalihkan perhatian Yi Gak. Yi Gak tak menyangka kalau Hwa Young mampu menyelesaikan saputangan kupu-kupu lagi untuknya. 


Ia menerima saputangan itu dan mengaguminya, sehingga tak menyadari kalau Hwa Young menaburkan serbuk racun ke atas manisan kesemak dengan gemetar.


Yi Gak melipat saputangan itu dan menerima teh yang dituang oleh Putri Mahkota. Ia menceritakan kalau ia bertemu dengan Bu Young hari ini. 


Hwa Young kaget mendengarnya, apalagi mendengar kalau Bu Young sempat menjatuhkan kotak bedak yang ia bawa.


Yi Gak yang tak menyadari perasaan Putri Mahkota yang kacau, mengulurkan tangan untuk mengambil manisan kesemak. Tapi ia tak sempat menyentuhnya karena mendengar suara yang memberitahukan kalau Bu Young datang ingin menemuinya.


Ia bertanya-tanya mengapa Bu Young datang menghadapnya di malam yang selarut ini? Tapi ia tetap menyuruh pelayan untuk mempersilahkan Bu Young masuk.


Bu Young masuk dan melihat kalau manisan kesemak itu sudah dihidangkan, berarti nyawa Putra Mahkota hanya tinggal sejengkal saja. Yi Gak bertanya alasan Bu Young datang menghadapnya sekarang.

“Maafkan saya yang terlalu lancang datang ke istana, tapi ada sesuatu yang ingin saya sampaikan pada Yang Mulia.”


Hwa Young langsung menyela ucapan adiknya, mencegahnya bicara dan membocorkan rahasia persekongkolannya lebih jauh lagi. Ia mengingatkan Bu Young kalau di istana ada peraturan yang harus ditaati dan menyuruhnya untuk pulang dan kembali keesokan harinya.


Mereka sama-sama tahu apa yang mereka inginkan, dan keinginan mereka bertolak belakang. Bu Young hanya diam tak menjawab tapi juga tak pergi.


Akhirnya Yi Gak menengahi dan mengatakan kalau ucapan Putri Mahkota ada benarnya. Tapi ia membuat perkecualian untuk malam ini.


Hwa Young menoleh dan memandang putra mahkota dengan putus asa. Yi Gak meminta Bu Young untuk segera mengatakan alasannya datang.

Bu Young terdiam, memandang manisan kesemak itu. Begitu pula Hwa Young, hingga Bu Young berkata,

“Yang Mulia, saya telah menemukan jawaban dari teka-teki Paduka.”


Hwa Young kaget namun lega mendengarnya, dan Yi Gak tertawa mendengar alasan Park Ha sesepele itu. Tapi ia memang akan menang jika Bu Young tak memberi jawaban sampai esok hari, maka iapun berkata, “Ayo kita dengarkan jawabanmu. Apakah yang mati meski ia hidup dan apa yang hidup meski ia mati?”


Bu Young berkata, “Jawabannya adalah Bu Young.”


Yi Gak sepertinya tak puas akan jawaban Bu Young. Ia menghela nafas dan memejamkan mata. 

Hwa Young menyela dan bertanya mengapa adiknya menjawab Bu Young? “Jangan bercanda di sini. Kau seharusnya pergi dan segera pulang ke rumah.”


Bu Young menunduk mendengar kemarahan kakaknya. Yi Gak menenangkan Hwa Young dan memintanya untuk mendengar alasan mengapa Bu Young memberi jawaban itu.


“Mengapa kau menjawab bu young?”

“Bukankah Bu Young adalah nama lain dari bunga teratai, bunga yang berkembang di kolam?”

“Benar,” sahut Yi Gak mengiyakan, “Kita juga menyebut bunga teratai dengan Bu Young.”


“Setiap makhluk hidup akan dikubur di tanah saat ia mati. Bunga teratai harus mati dan terkubur dalam lumpur sebelum bisa berubah menjadi bunga. Jadi bunga teratai ini mati meskipun sebenarnya ia hidup. Dan untuk hidup, bunga itu harus mati dan menjatuhkan bijinya ke tanah. Jadi bunga itu hidup meski sebenarnya ia mati.
Jadi apa yang mati meski ia hidup, dan apa yang hidup meski ia mati? Itu adalah Bu Young."
Yi Gak tersenyum, seakan memahami kelanjutan jawaban Bu Young, tapi ia tetap bertanya, “Apakah sudah semuanya?”

“Sebagai tambahan, lambang Budha yang menjelaskan tentang sebuah kehidupan yang mati dan kemudian bereinkarnasi adalah juga bunga teratai.”


Yi Gak tertawa dan mengakui kalau kali ini ia kalah lagi. Hwa Young meminta Bu Young segera pulang jika urusannnya telah selesai.

Tapi urusan Bu Young  belum selesai, karena ia meminta hadiah yang dijanjikan oleh Yi Gak sekarang.

Hwa Young menatap adiknya putus asa. Misinya tak juga segera terselesaikan. Tapi Yi Gak pun juga bingung. Apa yang diminta Bu Young di malam selarut ini?

“Hadiah yang saya inginkan adalah .. saya mohon agar saya dapat memakan manisan kesemak ini.”

Hwa Young terkejut mendengarnya. Begitu pula Yi Gak yang tak menyangka kalau Bu Young hanya ingin mendapatkan manisan kesemak di atas meja. Apakah Bu Young benar-benar serius dengan permintaannya?


   “Benar, Yang Mulia. Bagi saya, lebih dari seluruh isi dunia ini, saya sangat membutuhkan dan sangat menghargainya. Saya memohon agar Paduka memberikannya.”
Oh.. my.. 

Yi Gak tersenyum mendengar permintaan adik iparnya. Ternyata adik iparnya suka memberi kejutan padanya. Tapi karena Bu Young berhasil menjawab teka-tekinya, maka ia pun memberikan manisan kesemak sebagai hadiah.


Hwa Young tak dapat berbuat apa-apa. Ia  cemas, tapi tak sanggup menatap adiknya yang mengambil manisan kesemak itu. Manisan kesemak yang seharusnya untuk membunuh suaminya, sekarang sedang dimakan oleh adiknya.


Satu demi satu manisan kesemak itu dimakan Bu Young. Tangan satu mengambil manisan kesemak itu, sedangkan tangan lainnya, yang tersembunyi di bawah meja, mencengkeram kain roknya, menahan rasa sakit yang mulai terasa. Tapi ia tetap meneruskan makan manisan itu hingga tak bersisa.


Menyembunyikan sakit yang semakin terasa, Bu Young pun undur diri. Masih tersenyum melihat uniknya kelakuan adik iparnya, Yi Gak mempersilahkan Bu Young untuk pulang.


Menatap putra mahkota untuk terakhir kalinya, Bu Young yang sudah mulai berkeringat karena menahan sakit, pamit dan berkata, “Yang mulia, tetaplah selalu sehat.”


Di luar ia memberitahu dayang-dayang Bu Young, jika putri mahkota ingin mencarinya, putri mahkota dapat menemukannya di pondok dekat kolam.
Tertatih-tatih, ia berjalan menuju pondok di tengah kolam. Ia dapat merasakan kalau ajalnya sudah mendekatinya. Tapi ia tetap menunggu kedatangan Hwa Young.


Hwa Young menunggu sampai Yi Gak tertidur. Setelah itu, ditemani oleh kedua dayang-dayangnya, ia pergi menuju ke pondok tengah kolam.


Saat ia menemui Bu Young yang sudah pucat pasi, bukannya ia menanyakan kondisi tubuh Bu Young, Hwa Young malah memarahi Bu Young, “Apakah kau pikir jika kau makan kesemak itu dan mati karena keracunan, aku dan keluarga kita akan selamat?”

Tak menjawab, Bu Young malah balik bertanya dan menuduhnya, “Yang Mulia, kenapa Yang Mulia dapat terlibat dalam konspirasi yang sangat jahat ini?”

Hwa Young tak dapat menjawab pertanyaan Bu Young. Ia hanya dapat mengeluh kalau Bu Young telah merusak semuanya.


“Kakak..” kata Bu Young tiba-tiba. Ia tak pernah memanggil Hwa Young dengan sebutan kakak lagi semenjak Hwa Young dinobatkan menjadi putri mahkota. “Kakak, dengarkanlah permintaanku. Putra Mahkota, lindungilah dia.”


Hwa Young terkejut mendengar permintaan adiknya yang tiba-tiba. Tapi ia tetap mendengarkan penjelasan adiknya, “Saat pagi datang, pihak istana akan menemukan mayatku. Mereka akan langsung tahu kalau aku memakan racun dan mati. Jika mereka mengetahui tentang racun itu, mereka pasti akan mencurigai keluarga kita. Dan kakak, kau juga akan kehilangan nyawa.”

Hwa Young menyalahkan adiknya yang telah melakukan hal ini. Jadi apa yang bisa mereka lakukan sekarang?


“Kita akan saling menukar baju. Jika aku memakai baju putri mahkota, mereka akan berpikir kalau putri mahkota meninggal karena tenggelam. Dan tak ada yang menduga kalau ada percobaan pembunuhan pada Putra Mahkota. Karena itu kau dan keluarga kita akan selamat.”
“Dan karena kau bukan putri mahkota lagi, ayah tak akan bisa memiliki celah untuk membunuh Putra Mahkota lagi. Karena itu kita juga mampu melindungi Putra Mahkota.”


Tak ada cara lain, Hwa Young menyetujuinya. Dan mereka pun bertukar pakaian.


Setelah itu Hwa Young keluar dari pondok dengan memakai cadar Bu Young, dan langsung pergi keluar istana. Mu Chang melihat kedua pelayan Hwa Young yang mendekati pondok tengah kolam dan membunuhnya. Ia juga melihat sosok Bu Young yang lari menuju ke kegelapan.


Sakit semakin tak tertahankan dan darah mulai keluar dari mulut Bu Young. Ia memegang sebuah surat dan tertatih-tatih ia menuju pembatas dinding dan menyembunyikan surat itu di balik pembatas itu.



Menggunakan segala tenaga yang tersisa, ia keluar menuju kolam dan berdiri di jembatan. Merasakan kematian yang menyambutnya, Bu Young menutup mata dan memanggil, "Yang Mulia.."


Dan ia pun terjatuh ke dalam air.


Kilas balik telah selesai, dan Yi Gak berteriak marah, bertanya apakah benar yang meninggal adalah putri mahkota, bukannya Bu Young?


Ayah yakin kalau yang meninggal adalah putri mahkota, karena Bu Young masih ada di dalam rumah.


Maka Yi Gak dan ketiga pengikutnya mencari Bu Young ke seluruh penjuru rumah. Akhirnya Young Sul yang menemukan Bu Young terduduk di sebuah kamar. Mereka menyuruh Bu Young untuk keluar.



Yi Gak menyuruh Bu Young membuka cadarnya, tapi Bu Young hanya diam saja. Maka ia mengulurkan tangan untuk menarik cadar Bu Young. Tapi Mu Chang tiba-tiba muncul beserta gerombolannya untuk menyerang Yi Gak.


Untung ada Young Sul yang melindungi Yi Gak. Hanya saja lawan lebih banyak sehingga Yi Gak terlepas dari pengawalan Young Sul.


Mu Chang yang terdorong ke samping memanfaatkan kesempatan itu untuk memanah Yi Gak tepat di dadanya. Dan kena!


Chi San dan Man Bo yang ada disampingnya terkejut. Namun Yi Gak hanya terhuyung mundur tapi tak terluka.


Mu Chang mengambil panah lagi namun Young Sul lebih cepat lagi. Ia menghunuskan pedang ke leher Mu Chang, siap membunuhnya jika Mu Chang berani melepaskan anak panah itu lagi.


Kembali ke Bu Young yang berlutut ketakutan. Ia semakin ketakutan saat cadar dibuka, memperlihatkan wajah Hwa Young. Yi Gak berteriak marah pada putri mahkota, "Bagaimana mungkin orang sepertimu menjadi putri mahkota?!"


Hwa Young meminta Yi Gak untuk mengampuninya, tapi Yi Gak malah menjawab, "Kau tak seharusnya meminta ampun untuk dirimu sendiri. Kau seharusnya meminta ampun karena telah mengambil nyawa Bu Young." Ia menyuruh pengawal untuk membawa Hwa Young pergi.


Young Sul bertanya tentang kondisi Yi Gak yang tadi tertusuk anak panah. Yi Gak meraba dadanya, dan mengeluarkan sebuah kalung yang bandulnya rusak.


Ia teringat bagaimana Park Ha memintanya untuk selalu memakaikan kalung itu dekat dengan hatinya dan ia sadar kalau Park Ha kembali menyelamatkan nyawanya.


Dengan nada penuh kasih, Yi Gak bergumam, “Bodoh.”


Semua yang bersalah telah ditahan. Ayah dan kakak laki-laki Bu Young dihukum mati, begitu pula Tae Moo. Karena Bu Young, ibu dan Hwa Young tak akan dihukum mati, tapi semua gelar kebangsawanan mereka akan dicopot dan merka akan diasingkan ke pulau terpencil dan tak diperbolehkan untuk kembali.


Misteri kematian putri mahkota telah terpecahkan. Dan sekarang Yi Gak kembali terkenang akan Park Ha. Ia berjalan-jalan di kolam dan masuk ke dalam pondok, tempat terakhir Bu Young sebelum Bu Young meninggal.


Ruangan itu sama seperti ruangan kosong yang lain. Bersih tapi tak berpenghuni. Tapi saat melihat pembatas ruangan, kupu-kupu yang ada di lukisan pembatas ruangan itu bersinar sejenak. Seperti ingin memberitahukannya sesuatu padanya.


Ia menyentuh kupu-kupu yang bersinar itu. Tak sengaja matanya melihat ke balik dinding dan melihat ada celah bekas sobekan di balik pembatas itu. Yi Gak segera menyobek celah itu lebih lebar dan menemukan kalau ada surat yang tersembunyi di balik pembatas itu.


Yi Gak segera mengambil surat itu dan membukanya.


Ternyata surat itu berasal dari Bu Young yang menulis surat itu di saat-saat akhirnya,



 "Yang Mulia, jika Anda membaca surat ini, berarti Anda selamat. Dan hal itu membuat saya, Bu Young, merasa bahagia. Ada hikmahnya yang dapat dipetik saat kita menjelang ajal. Semua perasaan yang hanya bisa saya pendam dalam hati, dapat saya katakan.


Aku mencintaimu. Sepanjang hidupmu, aku selalu menyukaimu. Apa yang mati meski ia hidup dan apa yang hidup meski ia mati? Walaupun beratus-ratus tahun berlalu, aku akan selalu mencintaimu."


Isi surat itu terngiang-ngiang di telinga Yi Gak. Seakan menyadari sesuatu, ia berlari dan kembali ke pondok tengah kolam.


Duduk di meja dan kursi yang sama dengan saat Bu Young menulis surat untuknya, Yi Gak juga menulis surat. Kali ini ia menulis surat untuk Park Ha, "Park Ha-ya.. Aku tiba di sini dengan selamat. Bagaimana keadaanmu?"


Dan ia memasukkan surat itu ke dalam sebuah tabung dan menyembunyikannya di bawah pondok tengah kolam, tempat ia pernah menggali keping giok untuk diberikan pada Park Ha.


Park Ha pergi berjalan-jalan ke istana Yi Gak. Seolah mengharapkan sesuatu terjadi, ia menggali tanah di bawah pondok, tempat Yi Gak dulu pernah menggali keping giok yang diberikan untuknya.


Dan ia menemukannya. Tersimpan dalam sebuah tabung, ada surat yang menguning dan tergerus usia. Tapi tulisan yang tergores di dalamnya adalah tulisan Hangul modern, bukan Cina. Ia mulai membaca surat cinta yang dikirim oleh suaminya,


"Jika kau membaca surat ini, berarti 300 tahun telah berlalu. Dan jika kau bisa membaca surat ini, aku akan menarik pendapatku yang menyebutmu bodoh. Benar-benar akan kutarik.”


Walau berurai air mata, Park Ha tersenyum membaca kata-kata Yi Gak, “dasar bodoh.”
“Apakah usaha cafe juice-mu berjalan baik? Aku hanya dapat membayangkan apa yang sekarang sedang kau lakukan, tapi tak mampu menyentuhmu. Aku sangat merindukanmu. Aku ingin mendengar suaramu dan menyentuhmu. Jika aku bisa mati untuk menemuimu, aku bersedia mati saat ini juga."

Kata-kata Yi Gak dari dalam surat sepertinya terekam dalam benaknya. Ia masih dapat menyibukkan diri saat banyak pelanggan yang berdatangan.


Tapi setelah jam sibuk telah lewat, toko mulai sepi pengunjung. Hanya ada satu atau dua pelanggan datang membeli jus, Park Ha mulai teringat akan isi surat Yi Gak lagi. 


Ia juga tak menyadari kalau ada seseorang yang menghampirinya dan memesan jus apel. Ia tersadar kalau ada seseorang, saat orang itu mengetuk meja konter dan mengulangi pesanan jus apelnya lagi.


Tae Young telah sadar kembali?


Tapi Park Ha tak melihatnya. Karena yang ia lihat, ia dengar dan ia rasakan sekarang adalah isi surat Yi Gak.
"Seharusnya aku mengatakan cinta padamu lebih banyak lagi. Park Ha-ya, aku mencintaimu. Aku kangen dan ingin sekali melihat senyuman di wajahmu. Kau harus jaga diri baik-baik."


Park Ha membuat jus apel tanpa melihat siapa yang membelinya. Dan pria itu hanya memperhatikan Park Ha, dengan senyum, berharap Park Ha menatapnya. Tapi sia-sia saja. Park Ha masih tenggelam dalam ingatan akan Yi Gak.


Park Ha menyelesaikan pesanan pria itu, dan menerima uang tanpa melirik sedikitpun pada pembelinya. Pria itu hanya tersenyum dan pergi meninggalkan Park Ha.


Ketiga joseoners juga memiliki usaha sendiri yang sangat laku di Joseon. Restoran omurice Park Ha. Mungkin restoran itu jadi trending topic di masyarakat, karena antrian untuk makan di restoran itu sangatlah panjang.


Para pegawainya? Tentu saja mereka sendiri. Man Bo sebagai pelayan merangkap kasir dan Young Sul sebagai juru masak.


Sedangkan Chi San, si master saos tomat, merubah tomat segar menjadi saos tomat yang menjadi andalan dalam membuat omurice.


Dan hidangan omurice mereka sangatlah higenis, hingga membuat Dae Jang Geum malu pada diri sendiri jika ia melihat Young Sul dan Chi San meracik dan memasak omurice itu. Karena mereka memasak dengan memakai masker plastik yang hanya bisa didapat di masa depan.

LOL, sepertinya mereka telah berencana untuk membuka restoran, deh, sampai sempat-sempatnya membawa masker untuk memasak.


Man Bo mengajukan complain pada Chi San karena saos tomat yang dibuat terlalu asin. Tapi Chi San tak mendengarkan ocehan Man Bo. Ia malah memasukkan sesuatu ke telinganya dan ..


.. itu Ipod? Ha!


Hanya saja ia tak dapat mengabaikan teriakan Young Sul di telinganya yang segera membuat pesanan antar.

Ada pesanan antar?


Jika ada pesanan antar ada di masa depan, begitu pula di masa Joseon. Pelanggan mereka adalah Yang Mulia Pangeran Yi Gak yang telah menunggu kedatangan ketiga abdinya dengan tak sabar.

Saat mereka datang, Yi Gak memarahi mereka yang datang terlambat.


Chi San meminta Yi Gak untuk sekali-kali datang mengunjungi restoran mereka dan berkilah keterlambatan mereka karena mereka amat sangat sibuk bekerja keras.

Man Bo juga meminta agar Yang Mulia Pangeran Yi Gak membereskan tagihannya yang menumpuk. Tapi Yang Mulia Pangeran Yi Gak hanya menjawab pendek, “Aku tak punya uang.”

LOL. Nggak jaman Park Ha atau jaman mereka sendiri, jawaban Yi Gak tetap sama.

Dan tadaa… Omuraiisee…


Mereka menikmati omurice itu seperti saat mereka berada di rumah loteng.


Memakai baju training namun topi tetap bertengger di kepala. Yi Gak makan di meja, sedangkan ketiga Joseoners makan di lantai.


Dalam sekejap, omurice di piring telah tandas. Namun sekejap itu pula, arus kenangan membanjiri pikiran Yi Gak membuat matanya berkaca-kaca teringat pada gadis yang mengenalkan omurice padanya.


Ketiga Joseoners khawatir melihat junjungannya bersedih, tapi Yi Gak menenangkannya. Ia beralasan kalau ia seperti ini karena omuricenya sangat enak sekali.


Dan untuk menghibur Yi Gak, Man Bo menyodorkan pemen peppermint untuk dikunyah. Yi Gak tersenyum melihat permen itu dan mengambil satu diikuti yang lainnya.


Kali ini ia mengunyah dengan penuh kelembutan, tak seperti pertama kali memakannya, dan tersenyum merasakan manisnya permen itu.


Namun terdengar suara gemeletuk yang berasal dari mulut Young Sul. Ia langsung melirik tajam pada Young Sul yang bingung, kesalahan apa yang ia lakukan kali ini?


Chi San langsung memukul kepala Young Sul dengan sendok, diikuti dengan sendok Man Bo yang mendarat ke tubuhnya.

LOL, pendekar ini benar-benar adalah pelengkap penderita, deh..


Park Ha yang akan membuka tokonya melihat ada sebuah kartu pos yang terselip di gagang pintu. Kartu pos itu bergambar Namsan Seoul Tower.


Seakan déjà vu, Park Ha membalik kartu pos itu. Di balik kartu pos itu ada sketsa dirinya yang sedang membuat juice dan sama seperti kartu pos sebelumnya, ada inisal di ujung kanan bawah, EO. Tae Young.


Park Ha berdebar-debar melihat kartu pos itu, apalagi di sana juga tertempel post it kuning yang meminta agar Park Ha menemuinya di Namsan Seoul Tower.


Park Ha mendatangi taman itu, mencari sosok yang ingin ditemuinya. Tapi tak ada. Sosok itu tak ada. Hanya berbagai kelompok turis yang lalu lalang. Park Ha tak menemukan sosok itu di keramaian taman.

Saat kelompok turis itu berlalu pergi, hanya tinggal dirinya berdiri di taman.


Dengannya.


Ia menatap Park Ha yang seolah tak percaya, dan tersenyum sambil berkata, "Kenapa kau lama sekali? Aku telah menunggumu sekian lama."


Park Ha balik bertanya, "Kau sendiri ada dimana? Aku .. selalu ada di sini."


Ia mengulurkan tangannya.


Saat Park Ha menyambut tangannya, ia menjadi Yi Gak yang menitikkan air mata bahagia dan berkata,

“Walaupun jika 300 tahun telah berlalu,

“.. aku masih tetap mencintaimu.”


Komentar :

Setelah banyak yang bertanya drama ini happy end atau tidak, pertanyaan berikutnya yang muncul di spoiler 20adalah : siapa yang menemui Park Ha?

Yi Gak? Ataukah Tae Young?


Saat di spoiler, saya mengatakan kalau Park Ha adalah Bu Young, dan Yi Gak adalah Tae Young. Saya menarik kesimpulan itu karena kata-kata terakhir mereka adalah kata-kata terakhir di surat Bu Young yang hanya diketahui oleh Yi Gak.


Sebenarnya ada salah satu petunjuk lain. Ada salah satu komentar yang sangat jeli yaitu dari Armalia. Ia mengatakan kalau Tae Young itu sebenarnya adalah Yi Gak karena gaya Tae Young berdiri, sama seperti Yi Gak, tangan tersembunyi di belakang.

Ada beberapa cerita, tentang orang yang bangun dari koma/mati suri, tiba-tiba memiliki pengetahuan yang sebelumnya tak pernah ia miliki. Seakan-akan ada old soul yang menemaninya.

Mungkin hal itu juga terjadi pada Tae Young. Kita tak tahu kapan pertemuan di Namsan Seoul Tower ini terjadi. Tapi menurut saya, hal ini terjadi tak lama setelah Yi Gak menghilang.

Seperti yang saya ceritakan di postingan menebak teka-teki Yi Gak. Berkaitan dengan jawaban Bu Young yang menjawab Bu Young sebagai jawabannya. Bu Young juga mengatakan kalau teratai adalah lambang Budha untuk reinkarnasi.

Yi Gak hidup sementara Tae Young mati. Bukan mati secara raga, tapi mati secara jiwa. Ketika Tae Moo mengunjunginya di rumah sakit Chicago, tatapan matanya kosong seperti tak berjiwa.

Tapi setelah Yi Gak menghilang dan pergi ke Joseon, Tae Young mendapatkan jiwanya kembali dan sadar dari komanya.

Jiwa dan raga Tae Young hidup kembali. Ia kembali dengan ingatan masa lalunya sebelum tenggelam dan ingatan sebagai Yi Gak saat Yi Gak bersama Park Ha. 


Dan mengenai alasan, mengapa Yi Gak harus jatuh di kandang ayam? Saat jatuh di masa depan, ia jatuh di rumah loteng Park Ha. Hal ini sebenarnya mengisyaratkan kalau jawaban misteri yang ia cari adalah Park Ha. Jatuhnya Yi Gak menyadarkannya kalau Park Ha-lah takdirnya yang sebenarnya.

Sedangkan kandang ayam?

Kalau menurut saya, Bu Young jelas telah tiada. Cintanya sudah pergi. Hanya tinggal kenangan akan Bu Young yang tak begitu banyak, juga Park Ha yang tak mungkin ia temui lagi.

Namun masih ada hal yang selalu mengingatkannya pada Park Ha.

Yaitu telur ayam. Omuraaiiiseeee...


Kekeke.. *yang ini benar-benar ignore, ignore, please*

Sinopsis Episode : 1 - 2 - 3.1 - 3.2 - 4.1 - 4.2 - 5 - 6 - 7 - 8.1 - 8.2 - 9.1 - 9.2 - 10 - 11.1 - 11.2- 12 - 13 - 14 - 15 - 16 - 17 - 18 - 19 - 20

Artikel terkait :



141 comments:

  1. mb dee...
    makasih banyak ya atas rooftop princenya...
    gara2 rooftop prince, aku selalu buka blog mb dee tiap hari, pengen tau ada berita terbaru apa dari mb dee tentang rooftop prince, gak pagi, siang, sore, malem pasti buka blog mb dee ^_^...
    baru kali ini drama korea yg bikin aku penasaran tiap harinya!!...
    makasih makasih makasih ^_^

    ReplyDelete
  2. wah wah wah....heboh and hebat...aku suka suka suka sekali....sinopsnya keren, dan komentar tambahan di akhir cerita memberi jawaban atas pertanyaan2 yang ngambang di ceritanya. thanks and ditunggu proyek selanjutnya apaan nih?

    ReplyDelete
  3. wuihhh, akhirnya slese sinopsisnya komplit pake omuriceeee endingnya hwhwhw 4thumbs up buat yg sdh berjuang menulisnya dg tekun. salutssss buat kecepatan en juga pengamatannya yg menakjubkan...makasihhhhh yaaaa...i really really really enjoy it! smangat di sinop brikutnya apapun ntu ya hehehe

    ReplyDelete
  4. anyeong haseyo..
    waw makasih ya ending sinopsisnya yang paling di tunggu"..bener" drama sageuk yang fantastis,,,tapi han jimin itu mirip banget yah sama han hyoo joo...haha
    aku tunggu sinopsis drama sageuk nya yang lain ex slip time dr. jin nya ya kaka...

    ReplyDelete
  5. aq baru bisa ol lg dan yg lngsng d buka pertama x kali blog'a mba dee ini...
    ehehheeee

    akhir'a segala kegalauan ttg rooftop prince brakhir dg sweet..
    moga drama ini jd best drama thn ini, dan chunmin couple jd best couple cz chemistry'a dpt bgt deh..
    pokok'a aq cinta bgt bgt sama drama ini..
    makasih banyak ya mba dee buat sinopsis'a..

    aq mau nitip donk buatin sinopis'a Dr.Jin ya..

    ReplyDelete
  6. aq baru bisa ol lg dan yg lngsng d buka pertama x kali blog'a mba dee ini...
    ehehheeee

    akhir'a segala kegalauan ttg rooftop prince brakhir dg sweet..
    moga drama ini jd best drama thn ini, dan chunmin couple jd best couple cz chemistry'a dpt bgt deh..
    pokok'a aq cinta bgt bgt sama drama ini..
    makasih banyak ya mba dee buat sinopsis'a..

    aq mau nitip donk buatin sinopis'a Dr.Jin ya..

    ReplyDelete
  7. aq baru bisa ol lg dan yg lngsng d buka pertama x kali blog'a mba dee ini...
    ehehheeee

    akhir'a segala kegalauan ttg rooftop prince brakhir dg sweet..
    moga drama ini jd best drama thn ini, dan chunmin couple jd best couple cz chemistry'a dpt bgt deh..
    pokok'a aq cinta bgt bgt sama drama ini..
    makasih banyak ya mba dee buat sinopsis'a..

    aq mau nitip donk buatin sinopis'a Dr.Jin ya..

    ReplyDelete
  8. Knp hrs d abaikan mbak dee,logikany nymbung kok stidakny bs mmbuat sy stop brtny knp hrs kndang ayam;-) next project dtggu sgra mbak dee,smga drama slnjtny jg bs serame rooftop prince yg sllu full of comment..:-D

    ReplyDelete
  9. hem, saya setuju kalau yang ditemui park ha di akhir drama adalah yi gak (maksa mode on), jujur mbak, melihat mata yi gak berkaca-kaca setelah makan omurice buat diriku nangis sebentar, segitunya yaaa... saya suka drama ini dari awal hingga akhir, ceritanya unik, pemain nya lucu2, dan yong sul: seandainya saja punya pengawal pribadi seperti dia.. kamsahamnida mbak dee.. terima kasih untuk sinopsisnya, sukses selalu ya mbak ^_^

    ReplyDelete
  10. jadi pingin resep omuraiseenya , bisa minta ngga
    makasih yach update sinopsisnya

    ReplyDelete
  11. daebak!!!! buat sinopsis rooftop prince nya :)
    Q juga hampir tiap hari buka blognya mb dee ini. ditunggu sinopsis2 drama korea yg lain mb dee. Semangat!!

    request : sinopsis time slip dr. jin

    ReplyDelete
  12. @all : thank you udah mau stay di sini sampai akhir.
    Next drama? Terus terang saya belum tahu.. :) Tapi kayaknya gak akan ngerecap dr. Jin atau Gaksital.
    Jujur, masih belum bisa move on. Drama yang menarik perhatian malah drama bulan agustus, Nice Guy nya Song Joongki. Tapi kok jauh amat, yah?
    Jadi ntar-ntar dulu deh.. tapi walaupun belum ada drama akan saya recap, tapi kayanya saya tetap akan update blog, deh.. :)
    @bunda ita: hehehe.. gimana caranya ya minta ke young sul and chi san? Di sana ada twitter ga ya?

    ReplyDelete
  13. makasih banget udah bikin sinopsis Rooftop Prince yang lengkap banget :) dan sekarang jadi kepengen omuraiseu~ *sama bang Tae Young eh Yoochun juga* #dessh

    ReplyDelete
  14. mbak dee, saya penasaran banget nih.. apakah parj ha memeiliki ingatan hwa bu young? ada yg tau... tpi thanks loh atas sinopsisnya keren abaisss.. awalnya aq ga mau nonton serial ini, tapi semenjak aq baca ep 1 n 2 dari mbak dee.. mulai deh DL sana sini...^___________^.. yenny_ye

    ReplyDelete
  15. Daebak mbak dee... akhir yang cukup menyejukkan hati.. meski kasian liat Yi Gak kesepian di Joseon.:(. jadi pengen nemenin dia dsana,,ahhahh

    Bsok libur pengen nyoba resep omurice...ngences liatna...ghahahhah... moga berhasil..hihihi

    Berjumpa lagi mbak dee di Drakor berikutnya.. Yoochun mau Wamil ya...huhuhuhu. i'll miss him so much..^_^

    ReplyDelete
  16. keren banget deh buat sinopsisnya,serasa nonton langsung aja..hehe
    iya lucu tuh tiba2 ada di kandang ayam,awalnya kirain karna pas scene di ep.19 akhir, yg kelopak2 bunga mawar beterbangan setelah yi gak kembali ke joseon kan melewati petunjuk arah mata angin yg gambarnya ayam,makanya sutradara sengaja naro' yi gak di kandang ayam buat mengingatkan kita di episode sebelumnya...hahaha *abaikan yaa hanya imajinasi aja

    ReplyDelete
  17. @last anonim and all:
    O iya .. lupa. Kalo menurutku, angin yang nerbangin kelopak bunga dari buket Park Ha itu sebagai tanda kalau jiwa Yi Gak sudah kembali ke Joseon dan saatnya jiwa reinkarnasinya kembali ke tubuh yang seharusnya, yaitu Tae Young.

    Karena saat ada angin yang tiba-tiba muncul dan tiba-tiba juga pergi, sebenarnya angin itu (yang menerbangkan kelopak bunga Park Ha) menuju ke rumah sakit Tae Young. Dan kelopak bunga itu jatuh tepat di jendela kamar Tae Young di rumah sakit, menandakan jiwa yang dipinjam Yi Gak kembali pada Tae Young.

    Dan pada saat itu Tae Young terbangun..

    hehehe... penjelasannya maksa dot com, nggak?

    ReplyDelete
  18. iya masuk akal tuh,,boleeh nih pencerahannya,,hahaha

    bener2 lagi ga bisa pindah ke lain drama untuk saat ini,hati lagi tertambat di RP,hehe

    ReplyDelete
  19. keren mba dee,,, aq nangis lg nich bca sinop nya,,,,? TOP BGT nih mba dee tetap semangat yach... aq tunggu sinop drama lainnya?

    mba dee bisa minta recap drama2 terbaru ga, peganti nya TK2H,RTP,EM, atau drama korea lain yg terbaru buatin recapan nya kli aj ada yg menarik di hati
    hehehehehehehehehehehehehe :D

    tHANKS.............

    ReplyDelete
  20. yaa...tamat juga..akhirnya menurut alin sih happy..cuma masih kangen sama Park Ha dan Yi gak..

    ReplyDelete
  21. kereeeeen..
    tq mba dee,aq nangis waktu nonton jg wktu bc sinopnya mba dee
    drakor plg TOP BGT !
    biarpun dah slesei tetep kasih info ttg mereka ya mba dee,masih kangen dan rasanya masih ga mau RP slesei,mesti ada kbr2 sljtnya

    ReplyDelete
  22. wow wow... mbak Dee hebat,daebak.. Trmkasih tak trhingga utk mbak Dee atas kerjakeras bikin sinopsis ato pun spoiler RTP slma ini,,pasti bkl kangen bgt sama drama ini,penasaran sama kisah parkha slnjtnya,msh blm rela kalo RTP tamat.. Ttg omuraisseu,aku jg pengen tw cara bikin'y,pengen bgt makan omurice parkha,,hehhehe,,apa mbak dee prnah nyoba bikin omurice dgn resep ala mbak dee sndri...??bagi donk resepnya heheh...*banyakmaunyanih*... Aku prnh bikin tp omurice'y berantakan,telur'y ga trbungkuskn dgn rapi...hahah.. Skali lg thanks mbak dee,,,two thumbs up bwt mbak dee...

    ReplyDelete
  23. Aah. . Galau. .
    Drama baru udah banyak tersebar merata. Tapi hatiku masih buat RP. .
    kangen man bo cs. .
    Untung TMTETS mau tayang di indonesia, jadi bisa man bo-ku lagi *abaikan*

    mbak dee update sinop drama baru ya? Skrg aku lagi seneng nonton Queen Inhyun's Man nih. Banyak adegan sweet.nya *abaikan*

    kutunggu sinop terbarunya^^

    ReplyDelete
  24. menurut aq jg Yi Gak yg nemuin Park Ha meskipun dalam diri Tae Young...aq jg ngeh nya pas liat tangan Tae Young terkait di belakang...itu kan ciri khas nya Yi Gak bgt...
    Pokonya TOP BGT dech...Happy Ending..
    Gumawao mba Dee....

    ReplyDelete
  25. wah seru akhirnya
    selesai juga
    request Dr. jin
    unni
    Tq

    ReplyDelete
  26. trus klo yang nemuin park ha tu tae young.. yi gak nya sma siapa dong???? galau deh..

    ReplyDelete
  27. luph it luph it.. Thx so much..

    ReplyDelete
  28. kerennnnnnn...... gk kya drama2 lain yg endingnya byasa aja!!! blog q jadi rame gara2 nglink blognya kakak.... setelah ini mau bikin sinopsis apa lagi????

    ReplyDelete
  29. super kereeeeeen!!! sejak episode 2 yang bikin perut mules.. semakin <3333 sama drama ini. gomawo ya.. sinopsis nya keren banget!!! jadi pengen lagi dan lagi... *^_^*

    ReplyDelete
  30. menurutku RP lebih keren dr drama2 lain gtu di drama ini semuanya terasa lebih menarik dari soal percintaan , kekeluargaan (kaka-beradik n nenek dgn cucunya) , sampai pemecahan masalah smuanya mmng TOP BGT deh
    kk dee mksih buat sinop nya dri RP 1-20(END)

    ReplyDelete
  31. kereeennn!!!!!!!!!!!! drama nie bener2 bagus moga2 di indonesia di tayangin n cepet >_<

    ReplyDelete
  32. aku masih bingung kenapa waktu itu park ha baca buku di perpustakaan trus nangis ya?tolong jawabnannya ya kakak..:)

    ReplyDelete
  33. mbak deee,penjelasan mbak dee persis sm yg aku iman-in.. hahaa bahasanya. Iya jd emg yg nemuin Park Ha di Namsan Tower itu Tae Young, tp kan emg tetp ada jiwa Yi Gak di raga Tae Young. Habis koma emang dia punya kenangan ttg Yi Gak, adil sih karena Yi Gak pas kembali ke Joseon kan juga membawa kenangan selama mjd Tae Young.
    Trus klo yg "Kamu kemana saja,aku sudah menunggumu sekian lama" itu mnrtku jg ada hubungannya sm pertemuan yang seharusnya tjd antara Tae Young sm Park Ha di Amerika. Kan sebenernya mrk b2 sm2 nunggu buat bertemu di Amrik,makanya dibilang lama karena Tae Young juga nunggu2 sekian lama buat bs ketemu Park Ha. Nah kenapa jg Park Ha senyumnya bahagia bgt pas baru pegang tangannya Tae Young? karena dia jg merasakan ada Yi Gak di jiwa Tae Young. Pokoknya aku tetep ngedukung perpaduan antara Yigak dan Tae Young, karena Tae Young jg sayang bgt loh sm Park Ha,hihiiii..
    Pokoknya aq kasian sm Yi Gak,karena dy harus menghabiskan hidupnya dgn kenangan Park Ha aja :( ya adil sih krn yang seharusnya dicintainya yg adalah Bu Young jg meninggal buat dia, tp tetep kasihan Yi Gak :'(

    Pas adegan Yi Gak ngubur surat, trus dbw park Ha, aq agak kecewa, aku pikir bajal jd setengah sad setengah happy ending, krn aq pikir endingnya ky The Lake House (ada yg pnah nonton?) yg cintanya menembus lorong waktu. Tapi hbs tau Tae Young keluar aku seneeeennngg bgt ^^

    Bnr2 DAEBAK ini drama, awalnya sama sekali aq g suka sm Yoochun, tapi abis ngikutin ini drama jd terbayang2 trusss wajahnya.. aaaaaa, bichigada, T.T

    Mbak Dee makasih yah buat sinopsis2nya,krn jujur aq cm ngikutin sinopsisnya,krn mls donlot2 tiap episod,makanya hbs dvd nya keluar,jadi puaaaasss bgt nontonnya,hihiii

    My name is Dyna,salam kenal amua.. anyeong!

    ReplyDelete
  34. haaah...terimakasih sudah membuat sinopsisnya dengan sangat menarik. dan aku sangat senang dengan kesimpulan yang dibuat, setidaknya ikut mendukung harapanku tentang happy ending cerita ini hehehe...walau ada yang membuatku heran..kenapa sebelumnya gak ada yg ngeh kalau yg meninggal itu bu yong, bukankah wajah mereka berbeda ya?

    ReplyDelete
  35. Mbak Dee.. Sekedar sok tahu nih.. Hihihihi, soalnya ga pasti betul sih. Tp selama aku nonton RTP, sering banget di syut beberapa detik petunjuk arah mata angin yg banyak di sekitar rumah atap, n yg meyakinkan adalah... Petunjuk arah mata angin itu bentuknya AYAMMMMMM semua... So, karena itulah Yang Mulia kembali ke Joseun munculnya dikandang ayam.... ^_^ ... Thanks ya Mbak Dee.. Uda bikin aku kenal Yoo Chun yg cakep n aktingnya bagus bangetttt... Kamsahamida....

    ReplyDelete
  36. tapi kasian sama Yi-Gak yang akhirnya hidup sendiri di jaman joseon. tanpa bu young ataupun park-ha. cuman bisa mengenangnya aja

    ReplyDelete
  37. hai,,, aq Vicky, kl aq sih ngrasa janggalnya pas Lee gak bilang ke Se na biar Se na mau donorin hatinya buat Park ha. lee gak bilng ke Se na kl se na hrs mau gantian berkorban karna di joseon dl Park ha sdh berkorban utk Se na. anyway pd saat itu kan Lee gak blm tau ada flashback mengenai pengorbanan Bu young bt keluarganya dan Lee gak.

    n ada lagi sedikit koreksi buat mba Dee, (tp kl aq yg keliru berarti maaf ya)diketahui Se na itu anaknya presdir Jang kan pas presdir baru muncul itu, tp dr sinopsis tulisan mba Dee kynya malah agak membingungkan... :D

    over all, yuchoon ituu,, sesuatu yah...

    ReplyDelete
  38. thx mbak dee sm sinopsisny, meskipun sy telat bcnya, hehe ^_^
    waktu, penjelajahan waktu tetap hal yang paling menarik untuk ku :)

    ReplyDelete
  39. Salam kenal Mb Dee..
    Mksh ya review n sinopsisnya RTP.. keren bgt..
    Blm bs ngelupain RTP jg n rada males nonton drama lainnya.. Hehehe.. Kira2 ada lg gak yah yg sekeren RTP??

    ReplyDelete
  40. @lilla anita:: ada lhoo drakor top markotop yg g kalah keren ma rtp,, the king 2 heart,, yakinn deh g bakal nyesel nonton itu..



    tolooooooooooooooooongggggg, ada g obat untuk ngobatinn demam yoochun,, gr2 nonton rtp,, akuu jadii jatuhh cintrongg setengah maut ama namja keren inii,, bener tersihir oleh pesonanya,, dy g begitu tampan tapii memiliki pesona yang amat sangat memikat,, ud nyanyinya bguss,, aktingnyaa daebak,, composer laguu jugag,, haduhhhhh gara2 demam yochunnn skripsiq ampee g terurus,,, tiap hari didepan laptop cuman ngeliatinn ayank uchun,,,,

    ada yg senasibb ma q g (kena demam yoochun)???

    ReplyDelete
  41. @anonymous.. tau kok.. cm blm bs lepas dr demam RTP ama Yoo Chun.. hehehe..

    ReplyDelete
  42. Tadi pas baca Episode 19, pas Lee Gak mulai ngilang perlahan-lahan itu aku nangisnya sampai bikin adek yg duduk main laptop di sebelah aku sampai kaget dan shock ngeliat aku nangisnya kaya gitu :'(
    Ya ampun Dee-noona makaasih banget sinopsisnya (padahal sama sekali belum pernah nonton filmnya) tapi baca aja udah nangis gimana pas nanti nontonnya ya? x'(

    ReplyDelete
  43. maaf dah lama tp bru liat...
    aqu cma penasaran ama satu hal ngecash batrai Ipod"y gimana ya???????

    ReplyDelete
  44. andaii sajaa ada RTP session 2..

    Yoo-Chun keren...
    aku salah satu yang demam ama si Yoo-Chun >.<

    uddah lebih dr 5x ntn drama ini gag bosen2 ntonnyaa.. berharap ada RTP 2..
    pengen liat kelanjutan kisahnya Park-Ha ama si Tae-Young (Lee-Gak) >.<
    saranghae Yoo-Chun... :*

    ReplyDelete
  45. akhirnya selesai juga. walau berakhir dengan alur terbuka, tapi sungguh kisah yang sangat imajinatif. thanks untuk sinopsisnya...

    ReplyDelete
  46. makasih banyak ya mba,,
    saya sempat sediih ketika nonton rooftop di ep. 20 karena terjemahan bahasanya tidak ada sama sekali,, otomatis jadi sulit memahami ending dari cerita ini. tapi saya buka google dan liat blog nya mba,, saya jadi paham maksud dari kisah ending ini. sinopsis yg mba berikan ini bener2 lengkap sama seperti cerita di filmnya. maksih y mba...

    ReplyDelete
  47. bener2 drakor yg patut diacungi jempol:)

    ReplyDelete
  48. thx Mbak utk sinopsis-nya..keren :-)

    ReplyDelete
  49. gomawo mbak dee. ^.^ salam kenal ak rizka. Makasih bget, bget, bnget bwat sinopsis'a. Uda lma nonton' film'a tpi pngen tau ending RTP gmna, dan gag dpet2. akhir'a dpat juga yg episode 19-20 nya, wlo 2 episode nih blon nonton, stlah bca sinop'a mbak brasa uda nonton. Jeongmal gomawo eonni. :)

    *love pangeran n park ha forever. :*

    ReplyDelete
  50. Super duper jatuh cinta sm ini drama kereeeeeeen bgt! Yoo chun

    ReplyDelete
  51. kenapa tayang di Indonesianya belum2 juga yh mbak sampai skarang. ??? padahal udah redi bgt,. nntn dvd-nya aja masih kurang terus biarpun berkali2..(-_-) tapi ko knp critanya ada yg sedikit mirip2 gitu sama miss ripley.. #sedikit aja tapinya. tapi KEREEEEEEEEENNNNN untuk My YOOCHUN.. ADUUHH ADUUUUHHH JD GA BISA TIDUR. KUliah aja bukannya merhatiin dosen ngejelasin,. tapi malah merhatiin dan mikirin yoochun^^.. stelah rooftop, kira2 drama apa lg yh selanjutnya??? jd penasaran..

    ReplyDelete
  52. aku rasa yg ditemui oleh park haa adalh tae young, krn q pikir tae young jatuh cinta pd park ha sejak pandangn pertama d'new york. dan secr kebetuln jg tae young mengingatkn park haa pd putra mahkota.

    d'eps ke4 ad adegan dmn park ha mengingat kejadian ktk mendapat sebuah kartu pos "seperti itu d'kirm oleh tae young" yg m'mnt'y untk bertemu d'dermaga, tpi jelas saja tae young tidk datg krn tae young tergelam d'laut.

    putra mahkota ad d'masa dpn untk mengatakn bhwa dia mencintai bo young walupn d'masa itu bo young adlh park haa. krn tdk mungkin bagi putra mahkota untk mengatakn hal itu d'masa joseon krn bo young akhir'ya meninggal dan putra mahkota baru mengetahui perasaan bo young stelah'ya.

    apapun sebutan'y, pd akhirnya mereka tetap bersama. krn takdir m'pertemukn mereka d'masa depan "tae young n' Park ha"

    sedih juga mengenang putra mahkota, dia pasti kesepian sekali d'joseon.

    ReplyDelete
  53. Pertma kali tau RTP dri crita tmen2...awalny yg q liat mlah queen in hyun's man. Tpi RTP bner2 bkin aq g bosen mantengin d lappy. Makasih mba Dee atas pnjlsan endingnya. Andaikan endingnya bs lbih lma lgi...aq jg jd pnsaran sma han ji min krn slah stu film Detektif K yg q cari2 slma ini slah stu pmainnya adlah dia. Dan Yoochun ntah sbg aktor ato pnyanyi, bner2...bkin aq suka bgt sma dia. Jd inget dia pas nyanyi love in the ice nya bareng member DBSK..di tunggu sinopsisnya yg lain ya mba
    *ai *

    ReplyDelete
  54. TQ MBG.... buat lg dong sinopsis drama terbaru nya park you chun sm yoon en hye yang i miss u


    tq,,,,,

    ReplyDelete
  55. aaaaaa mbak deee
    makasih banged sama sinopsisnya yaaaa
    baca sinopsisnya bikin gregetannn
    sampe rela bergadang nih mbakkk
    salut buat mbak de atas sinopsisnyaaa

    gumawo ya mbaaaak^_^

    ReplyDelete
  56. buku yg dibaca park ha ketika di perpus lalu nangis adlah dy baca histori josoen klo lee gak bakal mati krn dipanah, makanya dia ngasih kalung n kalung itu yg akhirnya menyelamatkan lee gak swktu kembali ke 300thn silam.

    ReplyDelete
  57. di tv sekarang udah gak bnyak drama korea lagi dan aku mulai mencarinya di internet sampai kutemukan blog mbak ini,,,
    aku seribu kali seneng banget , and im so speechless,dunno what to say, but thank you so mucchhhhh mbaaaakkkkk,
    :) slaam manis

    ReplyDelete
  58. Nonton rtp di one (indovision) pas episode terakhirnya, akhirnya nyari di lepsy ketemu blognya mbak, wuih bener2 keren kayak nonton langsung aja. Tq ya mbak. Aq masih pemain baru dlm dunia drama korea, mohon saran dong yang bagus ditonton apa aja. Yg sudah ditonton sih gentlemen dignity, coffee prince, he's beatiful and king heart...

    ReplyDelete
  59. waktu aq nonton endingnya semopet bingung juga...soal ug nemui park ha tu bo young atau le gak? ahirya menemukan titik terang waktu mb njelasin di blok ini, makasih ya...he bner2 drama yg keren...soalnya setelah slse nonton jdi terngiang2 terus sama bintangnya & ceritanya.

    salam manis buat para pecinta drama korea



    ReplyDelete
  60. Kemarin2 liat dvd aslinya n baca sinopsis singkatnya blum trtarik utk nonton,tapi setelah sehari semalam baca sinopsis lengkapnya mba dee,trus ketawa2 sendiri jd pengen nonton.Mulai dari awal episode aja udh seru,trpesona ama aktingnya Yoochun n jatuh cinta ama si pemeran Tae Moo <3...

    Menurutku ini happy ending,krn Di kehidupan sebelumnya Bu Young dan Yi Gak cintanya gak bs bersatu tapi mereka bereinkarnasi dan cintanya bs bersatu dikehidupan selanjutnya (saat ini).Yi Gak n Tae Young kan satu jiwa,jd menurutku yg bertemu dgn Park Ha adalah Tae Young (reinkarnasi Yi Gak) krn di kartu pos ada lukisan Park Ha,Tae Young kan pandai melukis sementara Yi Gak tdk,tapi sebenarnya sama saja krn Yi Gak dan Tae Young satu jiwa,di kehidupan skrg Yi Gak tuh udh gak ada udh mati tapi terlahir kembali sebagai Tae Young,makanya wkt Tae Young koma,jiwanya tuh pergi d kehidupan dia sebelumnya(Yi Gak).

    Park Ha nangis baca buku sejarah d perpustakaan krn dia sedih n trharu dgn kisah Bu Young yg rela mati demi menyelamatkan org yg dia cintai,yaitu Putra Mahkota yg tanpa disadari Park Ha klo itu adalah kehidupan dia sebelumnya.

    ReplyDelete
  61. Jiahahah...Gak kebayang gimana jadinya klo di jaman Joseon ada org yg pake jas n pake celana pendek kayak Yi Gak n Chi San :Lol

    ReplyDelete
  62. huah mantep blognya.. akhirnya ga penasaran lagi sama endingnya gara-gara kaset macet ._______.
    kirain bakal sepenggal-sepenggal diceritain ternyata lengkap ~

    ReplyDelete
  63. bakal da lanjutan dari seri crita ini gk ya?
    kedua tokoh utama ni main breng d film pa lg?
    pngen liat mreka mulu jd pasangan setelah ngikuti sampai sinopsis terakhir

    ReplyDelete
  64. Keren banget . Makasih ya eonnie ...

    ReplyDelete
  65. Setuju banget sama komen2 di atas.....

    ReplyDelete
  66. Dngn sinops nie,,,aku ga buru" lg nengok di tv hbis kursus ak ama jam tyang berbnturan sie so jadi tw alur critanya,, thx n two thumbs for u,,

    ReplyDelete
  67. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  68. saya kok kurang puas ya....
    mnrt saya "yi gak" hanya mencintai "park ha" saja dan tak pernah mencintai "ba young" sama sekali. krn sampe akhir cerita saat mereka makn,yg hny diingat oleh yi gak adalh park ha saja. ba young sampe akhir hayatnya hnya bertepuk sebelah tanagn saja..walaupun akhirnya cintanya terbalas saat dia berenkairnasi mjd park ha...tapi park ha bukan lah ba young, mrk hnya fisiknya yang sama tapi jiwa berbeda...andai saja ba young tidak meninggal dlm drama ini..(hrs nunggu saya jd sutradaranya...just joke)btw mksh ya sinopsisnya...mksh juga udh di ksh ksmptan klrin unek2...:)

    ReplyDelete
  69. jung yong hwa.,.,,March 12, 2013 at 12:27 AM

    wwwwwaaaaaaahhhh.,.,,. keren banget eonni
    saat baca tuch perasaanku bercampur aduk pertamanya bingung,lucu,penasaran,sedih,tp ya .,,. akhirnya bagus kok.,.,,
    trus.,.,waktu liat adegan sedihnya tuch perasaanku kerasa pedih.,.,yg maklum pernah mendam perasaan krn aku ngga' mau klu pertemanan kami rusak.,.,,.,
    eeeeettccc.,., maaf eon kok jd curhat yak.,,.^_^
    thanks untuk kerja keras eonni nulis sinopsis ini ampe abis.,.,,

    ReplyDelete
  70. bagus bgt sih cerita nya buat aku terharu aja
    ini flem korea yg pertama kali buat aku terharu
    dan bisa tahu arti pengorbanan he he

    ReplyDelete
  71. Akhirnya selesai jg huuufftt....benar benar luar biasa, 3 harian ini aku di sibukkan oleh sinop RTP. Ini drama ceritanya sangat bagus, lucu, menegangkan trus ada sedihnya jg. Pokoknya komplit plit...hmm..bakalan kangen nih sama couple yi gak park ha, ga rela deh sdh berakhir. Tp untungnya ini drama skrg lg tayang di indosiar hehe...asyikk..
    makasih udah bikin sinop yg luar biasa ini, sukaaaa banget makasih^^

    ~riffa~

    ReplyDelete
  72. keren ya jalan ceritanya
    dan akhirnya happy ending

    ReplyDelete
  73. Mksh y mba sinop'a kren bgt, 3 hr br klar bcanya. Aq sedih cz g bs nnton filmnya cz krja. Tp bca sinop'a ud brasa ky nntn lsg. Salut bwt mba dee,, dtunggu y sinop kren slnjutnya. Go go smangat :-D

    ReplyDelete
  74. gak bisa coment lagi deh.. pokoknya aku suka... thanks banget mba yah udah bikin sinopsis yg keren membahana ini.. :)

    ReplyDelete
  75. slam knal dari mee : tnx sinopsisny mba'.. keren abis dan ini satu-satunya drama yang bikin aku penasaran bangettt!! dan yang pasti sukses bikin pnonton pada bingung sama alur ceritannya.. tapi jempol deh buat yoochun,jimin,taesung,(se na) n' 3joseoners.. :) i love it


    => gatau ini sad ending atau happy ending ???
    bisa jawab??!! tp mgkin biar lbih jelas tnya lngsung sama penulisnya kali ya.... :)

    saranghae ROOFTOP PRINCE (yoochun + minho)

    ReplyDelete
  76. ceritanya romantis,ada komedinya,
    dan juga ndk berbelit-belit.seru,,,,,,,,,,,,,,pkoknya keren abz,dan penulisan sinopsis yang seakan2 menggambarkan bnar drama sesungguhnya pkonya keyen abz,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  77. ceritanya baguss bangett... tapi menurutku endingnya agak menggangtung.. seneng sich akhirnya bisa lihat pengeran lee gak (yong tae yong) ketemu lg ma bo young (park ha). mencritakan bgaimana kuatnya cinta sehingga memeprtemukan kembali lewat reinkarnasi. tp kurangnya knapa ibu kandung park ha, ibu yg merawat park ha, bibi tae young tidak dicritakan mlanjutkan kehidupan selanjutnya. plus kliatannya jg bakal seru dech klau 3 pengawal lee gak jg ada reinkarnasinya. tp tottaly ak suka sama drama ini... :)

    ReplyDelete
  78. miminnya pinter deh... komentar yang sangat bagus..

    ReplyDelete
  79. aku suka dramanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..............

    ReplyDelete
  80. ni,, saat ini q lg nungguin di depan tv,, bentar lg tayag di indosiar,, jadi jam 17.00 tayangnyaini. gak sabar jd nya...,,

    3 hari baca sinopsis ini, tak ulang ulang ga da bosenya,,,

    makasih unt sinopsisnya yang luar biasa.

    ReplyDelete
  81. suka bgt ma dramanya ^^ byk teka teki yg terkandung di draman ini drama ini menceritakan tentang cinta sejati menurutku ^^

    suka, suka bgt dah sma sinopsis ini :D

    ReplyDelete
  82. wktu jatuhnya Bu Yong lucu bgt ^^ keren dah sinopsisnya :))

    ReplyDelete
  83. mimin, saya yg tadinya penasaran sama episode 20 ini jd ngerti waktu baca komentarnya....... bener2 teka-teki dan semuanya jelas jadi ga penasaran lagi... mimin pinter banget .. dan terima kasih udah nulis sinopsis dari eps 1 -20 yg JELAS BANGET-BANGETAN tanpa disingkat2! MIMIN NYA HEBAT. SEKALI LAGI TERIMA KASIH!

    ReplyDelete
  84. eh tapi min, kan katanya Ketiga Joseoners & Yi Gak waktu rambut mereka mau dipotong mereka bilang klo mereka kembali ke masa lalu pasti mereka bakal dihukum mati klo mereka potong rambut mereka.... gimana tuh min? atau mungkin di drama nya sendiri ga dibahas atau rambut mereka ga keliatan dipotong gara2 pake topi..?

    ReplyDelete
  85. Kayak'na ada yg co-paste nih sinopsis ke fp na dia..nama fp na tuh Korean Celebrity Info..
    miris aja sih org mbak dee udah capek-capek bikin sinop malah di co past. Kalo gak percaya coba aja di cek sendiri deh ama mbak dee nya..mirip banget cara nulis sinop' na

    ReplyDelete
  86. ini baru akhir cerita yang bagus, dan baru kali ini ada cerita yang melompat ke abad 21. is very good

    ReplyDelete
  87. Siapa sih penulisnya? SALUT BANGET BISA KEFIKIRAN bikin cerita kek gini, otaknya genius bgt

    ReplyDelete
  88. Enggaklah..enggak banget hahahahh kalo ngomong kayak gitu di depan raja pasti kepala mereka bakal dipenggal hahahahha
    Hmm jadi pengen makan omurise..kayaknya enak..yummy..ada yang jual gak ya di indo?? He........

    ReplyDelete
  89. ceritanya kereeen bikin saya menghayal untuk menjadi park ha.............. <3 <3 <3

    ReplyDelete
  90. Ikutt gabungg
    Saya Vicky Syahrial
    Saya memiliki pendapat tentang episode 20 ini...
    masihh masukk akal sih sbenarnya :D

    Kita harus bisa membedakan antara ingatan dan perasaan
    aku rasa sangat tidak masuk akal kalau taeyoung memiliki
    ingatan yigak,,,

    Renkarnasi itu hanya roh dan perasaan saja yang berpindah
    dan bukan ingatan. Kenapa?

    Ingatan berasal dari otak,yang artinya apabila kita mati,,,
    otak kita akan dimakan tanah,sementara kalau perasaan itu ada di
    roh jadi kalau kita mati perasaan akan tetap ada dalam roh kita

    contoh : Si A meninggal d th 300,roh & Perasaannya lepas dan masuk ke si B di tahun 600.
    Lha kenapa kok Ingatanya gk ikut?
    karena ingatan berasal dari otak ,dan otak si A sudah dikubur

    Hal Itu Terjadi Kepada Yi Gak Dan Tae yong
    Yi gak lahir di masa lalu dan dia jatuh cinta kepada Park Ha
    meskipun akhirnya dia tidak bersatu. 300 thun berlalu Roh Yigak masuk ke
    Taeyong membawa perasaanya ketika bersama park ha (Ingat perasaan bukan Ingatan)

    Itu sebabnya ketika Tae Young MElihat PArk Ha untuk pertama kalinya
    dia langsung fallin in love...

    Itu karena di kehidupan sebelumnya TAeyoung/Yigak pernah jatuh cinta kpd park ha

    Jadi di dalam diri Taeyoung terdapat Roh & Perasaan Yi gak

    Teruss siapa yg bertemu dengan Park Ha? Taeyong atau yigak?
    Menurutku ke22 nya bertemu dengan park ha karena di dalam diri taeyoung
    terdapat perasaan yigak

    Tae Young berkata seperti ini terhadap Park Ha
    "Kenapa kau lama sekali? Aku telah menunggumu sekian lama."
    “Walaupun jika 300 tahun telah berlalu, . aku masih tetap mencintaimu.”

    Saya akan membahas lagi Seseorang kadang dia berbicara dengan dikendalikan oleh otak & Perasaan
    mungkin waktu taeyoung bertanya demikian.
    perasaannyalah yang bertanya kepada park ha bukan otak/ingatanya..
    Mungkin Taeyong sendiri bingung mengapa dia bertanya demikian....

    Hal Itu mungkin bisa trjadi kepada kita...
    kita pasti pernah berbicara kepada orang secara spontan tapi kita tidak
    tau apa yg kita bicarakan,,,,
    itu karenaa rohmu/lubuk hati yg berbicara bukan kamu.

    Tae Yong Juga menitikkan air mata ketika bertemu dengan park ha
    mungkin taeyong sendiri juga bingung Kenapa dia menangis.

    Itu karena perasaan yigak lah yang menangis bukan tae young...

    Kita tidak akan pernah tau apa yang ada di perasaan kita...
    karena perasaan sangatlah Ghaib...

    Gimana menurut kalian...
    PEndapat saya trlalu maksaa ya ?

    ReplyDelete
  91. oppa yi gak.... I will always love U.... :)

    ReplyDelete
  92. annyeong ;)
    wow keren banget akhirnya :)
    walau di awal sempet gak ngerti tapi waktu di jelasin lagi jadi ngerti inti dari ceritanya :)

    kamsahamnida :D

    ReplyDelete
  93. Wihi seleai juga baca sinopsis ini sampai abis, tadinya aku gk nonton dari awal karna sibuk di kantor gresik waktu di jakarta aku bisa cari DVDnya di toko langganan tapi disini susah. trus nonton pertengahan episode dan gk bisa lanjut lagi2 karna sibuk kerja. dan sinopsis di blog ini sangat membantu mengobati kepenasaran saya tentang drama ini yang menurut saya setiap scenesnya gokil lucu, lugu dan kocak abis tapi tidak meninggalkan sisi romantisnya kata2 indah tentang jodoh yang kata orang tua "jodoh pasti gk kemana" itu bener adanya hahaha makasih banget buat Tim penulisnya telah membuat saya makin terpesona dengan Micky Ychun xixixi

    Kamshahamnida....

    ReplyDelete
  94. baru liat wawancara nya yoochun tentang endingnya, yoochun bilang endingnya itu 100% TaeYong

    ReplyDelete
  95. at the end taeyong telah pulih dan memulai hiduonya kembali bersama park ha (yoochun said).

    ReplyDelete
  96. bagus banget critanya smpe" g' bisa ngomong apa''

    ReplyDelete
  97. @all : Oh.My.God! Thank you untuk semua yang sudah baca sinopsis ini dan komen. Sebelum Rooftop Prince main di Indosiar, komennya baru sekitar 70-an. Kupikir nggak akan banyak yang komen, ternyata banyaakkk banget. Keren. :))

    Mungkin hampir sebagian besar new readers dan baru kenal sama blog ini, ya?

    Perkenalkan yang punya rumah, namanya dee. :) Jarang ada di rumah ini, walau setiap komen masuk selalu dibaca, tapi jarang reply. Soriii... Tapi thank you ya udah mampir..

    @vicky : analisanya keren. walau menurut saya tetep reinkarnasi. hehe... mungkin yang kita maksud itu sama, tapi pemilihan katanya beda. :)

    @veronica : emang masalah rambut itu salah satu yang ganjil. tapi itulah drama. dan kalo mau ditelusur, ada kok satu keganjilan yang paling krusial. cluenya : buah kesemek :) tapi aku nggak akan ungkit, karena malah ngerusak indahnya drama ini. Drama time travel pasti banyak kekurangannya. Jadi kalo ada yang agak2 gak sinkron, dimaklumi ajah..:))

    ReplyDelete
  98. Klo Yoo Chun sendiri yg bilang d ending yg ketemu Park Ha adalah Tae Young,itulah jawaban ending yg sebenarnya! Seperti comment aku sebelumnya,yg bertemu Park Ha adalah Tae Young krn lukisan yg dikirimnya itu,di kehidupan skrg Lee Gak tuh udh mati klo Tae Young berubah menjadi Lee Gak krn mereka satu jiwa dua tubuh (reinkarnasi)

    ReplyDelete
  99. Seperti comment mbak dee,genre time travel banyak yg gak sinkron.Kurasa juga begitu,genre time travel n fantasy enaknya klo nonton gak perlu berpikir keras..dibawa enjoy saja kli yaa hehe

    ReplyDelete
  100. ooo ya q nggak nyangka ternyata home shopping ada beneran , saya juga galauuu karna drama ini soalnya episode terakhirnya gak bisa liattt harus pergi ke malanggggg. sumpah sedih bgt!!1

    ReplyDelete
  101. udah mbaca sinopsis berulang ulang gak bosennnnnnn

    ReplyDelete
  102. @all jadi intinya yang ketemu park ha adalah taeyong dan lee gak

    itu karena di tubuh taeyong trdapat nyawa lee gak
    1 nyawa 2 tubuh...

    mskipun taeyong tidakk ingat

    lee gak dah mati...
    karenaa tua (itulah renkarnasi)
    yang di bawa cuma kepribadian bukan ingatan...

    kalo kepribadian jahat renkarnasinya juga jahat
    seperti itu......

    ReplyDelete
  103. drama yg ini keren:D ada sedihnya ada senengnya ada lucunya pokoknya KEREN!!! BAGUS BANGET!! :')

    ReplyDelete
  104. 1 lagi yang masih saya bingung.....
    ingat di episode pertama sudah ketahuan kan kalo putri mahkota itu di bunuh pake racun...
    waktu itu lee gak marah sekaalii
    tapi kok lee gak gak mikir ya? yang makan racun kan bu yong bukan putri mahkota?
    seharusnya yang mati buyong?
    truss si putri mahkota makan racun dari mana orang racunnya aja dah di habisin buyong?
    kenapa dia gak mikir kayak gitu?

    kalo dia mikir kayak gitu dia pasti tau dari awal kalo yang mati itu buyong coz buyong kan makan racun di depan matanya?

    ReplyDelete
  105. mana bs tahu lee gak tentang buyong yg mkn racunnya, pada mlm kjdian buyong mkn racun lee gak mlihat buyong kan baik2 saja stlh mkn kesemek itu dan dia mengira buyong udah balik ke rumahna, lee gak lgsg tdur, dia mengira sang putri keracunan mknan lain gk mgkin dia mengira gara2 kesemek itu, krn kesemek itu abis di mkn buyong, dan yg dia tau buyong baik2 saja

    ReplyDelete
  106. semua terjadi karna ketulusan cinta buyong, bukankah stlh buyong mati, gambar kupu2 di sapu tangan milik lee gak hilang,dan dgn ajaibna kupu2 itu pergi ke masa dpan dan nyamperin park ha, pada saat itu pula tae yong melihat park ha dan melukisna brsama kupu2 di pundak pak ha dan jth cinta, tp krn trjd kesalahan tae yong yg udh jth cinta pd pak ha hrus kena pukulan tae mu dan koma, kupu2 itu kembali ke masa lalu dan membawa raja ma pengawalna tuk menyelamatkan taeyong dan pak ha.

    ReplyDelete
  107. lhoo tapi di episode 1 kan sudah di selidiki kalau makanan kesemek itu ada racunnya?
    maka dari itu q bingung...
    kok lee gak g mikir kyak gni!
    seharusnya yang mati buyong bukan putri mahkota?....

    ingat kan di episode 1 ke 3 prajuritnya kan sudah ngasih tau lee gak kalau putri mati karena buah kesemek....

    coba di liat lg yg sinopsis episode 1

    Saya kasih kronologinya
    di episode 1
    Chi san : Yang Mulia Gosipnya Putri MAhkota Mati karena Racun
    Man Bo : Putri Mahkota mati karena racun,dan racunnya bereaksi ketika di kolam
    Yong Sul : Yang Mulia Penjual Racun berbentuk bedak putih di pasar tewas tragis

    habis itu Man Bo Bilang Gini : Yang Mulia taburan putih di atas kesemek itu adalah racunnya

    Trus yang muliannya berpikir kalo putri mati karena makan kesemek.
    tapi anehnya dia kok gak mikir yang makan buah kesemek kan buyong bukan putri,kok jadi putri yang mati?

    ReplyDelete
  108. Dan tau darimana ya Man Bo klo racunnya ada d buah kesemek? Kan kesemeknya udh dimakan habis sama Bu Young?? Jd gak ada bukti yg tersisa klo racunnya dari kesemek itu

    ReplyDelete
  109. Aq kira Bo Young akn hidup lgi dan akhirnya menikah dg Yi Gak.... Dan Park Ha menikah dgn Tae Young ... Tpi ttp aja gak srek... Yg cocok tuh Yi gak dan Park Ha... Klo mnurut aq sih sad ending deh... Krn YG dan PH gak bsa brsama....

    ReplyDelete
  110. seruuuu bgt.......
    mksiiiii
    ;)

    ReplyDelete
  111. lw MICKY YOOCHUN yg maen pkok e sru dh....

    Kren bngeeeeeeeeeeettt..........

    ReplyDelete
  112. @Kiki MElani manbo tau itukan di kasih tau sama yang mulia...
    sebelumnya lee gak ngasih tau kalo dia waktu malam itu sedang berbincang2 sama putri di temani buah kesemek dengan taburan putih...
    teruss manbo buat kesimpulan kalo putih2 itu adalah racun

    @aLL Happy Ending kok akhirnya Lee Gak/Tae Yong ama PArk Ha
    KAn di dalam diri taeyong ada jiwanya Lee Gak....

    Tae Yong sama Lee Gak itu sama....
    1 Jiwa/Nyawa

    Maka Dari itu Pangeran bilang gini "Walaupun 300 th berlalu aku akan tetap mencintaimu"
    waktu itu lee gak yang ada dalam diri taeyong yang berbicara...

    jadi kesimpulnnya Lee Gak akhirnya sama Prk Haa meskipun Lee Gak Harus menunggu lama karena lee gak harus tua terlebih dahulu kemudian mati dan lahir kembali menjadi taeyong sehinngga bisa ketemu ama park Haa.....

    jadi Lee Gak Harus mati terus lahir kembali menjadi TAe Yong (Reinkarnasi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin saking paniknya liat "putri mahkota" mati di kolam jd Yang Mulia lupa kali klo yg makan buah kesemek bu yong,janggal sih ceritanya tapi yah seperti kata mbak dee dlm drama or movie pasti ada kekurangannya :D Jd enjoy sajalah hehe

      Setuju dgn comment vicky,menurutku juga happy ending,lee gak dlu kan gak bs bersatu dgn bu young krn dihalangi hwa young dan setelah 300 tahun lamanya mereka bereinkarnasi dan bs bersatu di kehidupan skrg.Kata2 lee gak (tae young) meskipun 300 thun berlalu tetap mencintai park ha,menurutku bkn b'arti dia ingat kehidupan sebelumnya tapi kayak yg biasa ada di lirik lagu,dimana seorg pria mengatakan pd kekasihnya bahwa meski 1000 tahun berlalu tetap cinta :) Dan krn lee gak n tae young satu jiwa jd spontan saja yg disebut 300 tahun

      Itulah maksudnya knp lee gak n tiga pengikutnya terlempar ke masa kini,agar kejadian di kehidupan sebelumnya tdk trjadi lagi di kehidupan skrg,agar tae young n park ha bs bersatu ^_^

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. maksud q juga kayak gitu tae yong gak akan mungkin ingat kenangan lee gak karna yg pindah cuma jiwa bukan otak (pusat ingatan)

      1 Pemikiran.....
      q juga berpendapat kayak gitu....
      menurut Q aLasaan Lee gak dan 3 prajuritnya terdampar di masa kini adalah
      1.Karena Lee Gak menggantikan posisi Taeyong
      (kasian leegak dia harus menjalani 2 nasib yang sama)
      contoh :
      a. lee gak di kerajaan mengalami cinta segitiga terhadap hwayong dan bu yong, sementara karena reinkarnasi taeyong seharusnya juga mengalami cinta segitiga dengan park ha dan sena, tapi berhubung tae yong sakit,lee gak harus menggantikan taeyong untuk menjalani cinta segitiga bersama park ha dan sena.
      b. Lee gak harus sakit hati karena melihat putri mahkota mati di danau.
      di kehidupan sekarang harusnya tae yong yang sakit hati karena park ha jatuh ke danau,
      tapi lagi2 lee gak menggantikan posisi tae yong sehingga leegak harus sakit hati lagi karena melihat park ha jatuh di danau sehingga leegak mengalami 2 sakit hati yaitu ketika park ha dan putri mahkota jatuh ke danau dll)
      c. Lee Gak di kerajaan memiliki musuh yang mengincar tahta yaitu pangeran Muu Chan yg kelak bereinkarnasi menjadi tae moo, Lee Gak berhasil mengalahkan pangeran muu chan dengan memenggal kepalanya karena pernah mencoba membunuhnya dengan memberi racun dan bekerja sama dengan putri mahkota dan keluarganya
      di massa sekarang seharusnya tae yong menghadapi tae moo yg bersekongkol dengan hong sena untuk merebut tahtanya sebagai direktur
      tapi lagi2 lee gak yang harus mengalahkan tae moo dan sena
      Lee gak harus mengalami 2 nasib,2 perjuangan yang sama di kerajaan dan di massa kini
      tapi gpp Lee Gak, gitu2 yg u tolong juga diri kamu sendiri :)

      2.Untuk mencegah kehidupan sebelumnya tidak terjadi di masa sekarang
      kalau lee gak gak ke dampar di masa kini mungkin park ha,tae yong dan sena akan mengalami kejadian yang sama seperti di masa joseon.

      3.Untuk menyelesaikan urusan yang belum selesai
      -Lee Gak di masa kerajaan belum sempat mencintai Bu Yong sehingga dia diberi kesempatan mencintai Buyong melalui Park Ha

      Dan Kenapa Kok Lee Gak,Bu Yong dan Hwa Yong mengalami Reinkarnasi?
      menurutku jawabnya karena mereka belum menyelesaikan urusan mereka
      contoh :
      Lee Gak dan Buyong tidak sempat bersama di Joseon,sehingga di masa kini mereka harus bersatu sebagai (Taeyong dan PArk Ha)

      Hwa Yong di massa kerajaan tidak sempat meminta maaf terhadap Bu Yong sehingga dia berreinkarnasi untuk meminta maaf dan membalas kebaikan park ha dengan donor HATI

      KELEBIHAN FILM LUAR NEGERI ADALAH MENGAJAK PENONTON UNTUK BERPIKIR DAN MENGAMBIL MORAL YANG BAIK UNTUK DI GUNAKAN DI KEHIDUPAN SEHARI2 :)

      Delete
  113. ahhh romantic bangetttt

    ReplyDelete
  114. romantisss banget, andaikan ada yg seperti itu di kehidupan sekarang :')
    betul banget, film2 di luar ga berbelit kyk disini (y)
    big applause buat film ni, n' buat lee gak/ tae yong loveee banget daaahhh (y)
    tengkiuuu ya buat temen2 disini, coz kalian udah bukak "pintu" penasarannya aku sama film inii, gumawooo

    ReplyDelete
  115. Yup betul teman2,film luar lebih mengutamakan kualitas ceritanya,kayak drama korea yg kualitas ceritanya bermutu dgn episode yg gak kebanyakan meskipun rating dramanya tinggi tapi episodenya gak diperpanjang krn takut merusak cerita dramanya.Bedanya dgn sinetron indonesia makin tinggi ratingnya makin diperpanjang episodenya bisa sampe ratusan episode dgn cerita yg gak bermutu :(
    Aku harap Script Writer n Produser org indonesia bs belajar dari SW n Produser org2 luar negeri :)

    Sepemikiran dgn Vicky,film luar memang bny pesan moralnya.Meskipun ini genrenya fantasy yg bny gak masuk akalnya tapi bny pesan didalam ceritanya.Salah satunya pesan dari karakter Tae Moo,dia itu kan posisinya sdh bagus sbg direktur di perusahaan home shopping tapi ingin yg lebih tinggi lagi,trlalu berambisi ingin menjadi CEO (direktur eksekutif) sehingga menghalalkan segala cara.

    Pdhl nih ya klo Tae Moo tdk mencelakai Tae Young n menjaga hubungan baik mereka,bs saja Tae Young yg terpilih menjadi CEO memberikan kepercayaan sama Tae Moo utk menggantikannya krn Tae Young kan gak tertarik bekerja di perusahaan,dia lebih tertarik di bidang seni lukis.Dgn begitu Tae Moo bs jd CEO n hidup bahagia bersama Sena.Ambisi itu bagus tapi klo sampai menghalalkan segala cara utk meraihnya malah bs merusak diri sendiri!

    Aku banyak belajar dari karakter Tae Moo,bahwa kita baiknya mensyukuri apa yg ada krn dgn bersyukur maka rejeki akan bertambah dgn sendirinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 lagi Perbedaan Drama Korea dan Indonesia...
      MEskipun Korea membuat Film Fantasy yang Khayal tapi khayalan itu di imbangi dan ditutupi oleh ceritanya,sehingga penonton tidak mempedulikan cerita khayalnya, Contoh Di Rooftop Prince meskipun ceritanya khayal tapi di imbangi dengan lelucon dan sedih, membuat penonton tertawa dan menangis sehingga penonton melupakan hal khayal tadi,contoh film lagi adalah 49 days meskipun ceritanya khayal tapi penonton tidak mempedulikan itu karena 49 days memiliki cerita yg bagus yg membuat penonton nangiss darah tapi sayangnya 49 days berakhir dengan Sad Ending
      pesan moral yg di sampaikan juga bagus agar kita menghargai waktu jangan menyia nyiakannya....

      sedangkan Indonesia membuat film khayal tidak seimbang dengan ceritanya sehingga baru liat adegan khayalnya aja penonton sudaah pada kabur,
      contoh : Laga Indosiar & MNCTV

      kita sering menjumpai orang menangis karena nonton drama korea meskipun ceritanya khayal, tpi saya tidak pernah menjumpai orang yg menangis karena meliat film khayal indonesia seperti tendangan si madun,sepatu ajaib dll

      Gimana mau nangis kalo ceritanya gitu2 aja :)

      Delete
  116. lee jin hoo (widi)April 13, 2013 at 5:13 AM

    yang menulis sinopsis ini terima kasih banyak......
    Gamsahamnida...
    Annyeong.....

    ReplyDelete
  117. Keren Banget ^^
    Makasih ya buat yang nulis sinopsis ini.. :)
    Walaupun ceritanya agak gaje, tapi seru banget..(y)

    ReplyDelete
  118. djamykazzam@yahoo.comApril 13, 2013 at 10:25 PM

    good. aku suka drama ini. penasaran dengan drama korea ini aku jadi baca sinopsisnyaa sampai episode terakhir.. mantap aku suka gaya young tae young/ ye gak sama park ha/ bu young...

    ReplyDelete
  119. baca sinopsisnya az langsung tergambar filmnya dotak q,,,drama korea itu emang TOP BGT,alurnya jelas,g berbelit2 n mudah dcerna.n yg pasti actor n actris nya cucok,,,:)

    ReplyDelete
  120. Oya chingu...tuh knp ya Presdir Jang hrs meninggalkan anaknya dua kali,pertama Sena dia ksh ke sahabatnya waktu bayi,yg kedua Park Ha dia tinggalkan ama bapaknya.Penyebabnya apa ya sampe dia hrs ngelakuin itu ama kedua anaknya??

    ReplyDelete
  121. thx yya bwt sinopsisnya,,
    ni drama korea kerenn bangett ..
    aku setuju bgd ama nova,,drama korea itu emg keren,ceritanya ga ribet plus pemainnya yang cucok abies,,
    coba aja di negara kita bisa buat film atau drama yg kayak gitu,,pasti drama indonesia makin bayak peminatnya !!

    ReplyDelete
  122. huffffffffffffffffff
    di tunggu season 2



    ReplyDelete
  123. bener-bener keren banget ni drama
    DAEEEEBBAAAKKK ...... !!!!!!!!
    dan tentunya menguras otak dan pikiran kita
    10 jempol buat drama RTP

    ReplyDelete
  124. anyeong mba pnulis sinopsis^^ ..
    awalnya nggk trtarik sma drama ni, pdhal sya biasanya suka bgt nnton drama korea:D pas liat ni film di indosiar tadi, jdi pngen baca sinopsisnya. ternyata keren bangett ceritanya:*({}) ada lucunya ada juga yg bkin trharuu :'D .. tpii untuk sinopsis yang satu ini, saya lbih tertarik dngan pnulis sinopsisnya, krna nggak hanya mnuliskan sinopsisnya tpi juga mnyempatkan diri untuk bisa menebak teka-teki dari dlam drama nii :D congrats yahh mbaa !! ;)

    ReplyDelete
  125. Waaaaaaaaaaaaaaah saluuuuut banget ma yg nulis sipnopsisnya.... kereeeeeeeeeeeeennn... (y)

    ReplyDelete
  126. Sinopsisnya bagus dech....
    Menyenangkan kalau membacanya, bahkan adegan lucu lebih lucu di sinopsis karena kita orang Indonesia suka menambahkan kata-kata lain biar makin lucu.....hehehehe

    Te.O.Pe dech.....
    (y)

    ReplyDelete
  127. Bisa bikin sinopsis "Antique Bakery" kayak gini gak....????

    ReplyDelete
  128. Masih gak ngerti sama endingnya ?
    aaaa kemaren gak sempet nonton episode terakhirnya sih -,-"

    nyesel banget , kecewa banget , tayangin lagi dong episode terakhirnya -,-"

    ReplyDelete
  129. masih kangen sama ROOFTOP PRINCE meski sudah lama berlaluuuuuuuuuu T,T

    ReplyDelete
  130. Lalu gimana dengan kehidupan Joseoners kak..
    aku masih panasaran dan rasanya endingnya masih ngganjel gitu hehe

    ReplyDelete
  131. Menurut aku, Lee Gak tidak hidup lama di Joseon, karena selalu kangen sama Park Ha yang itu membuatnya menderita dan akhirnya meninggal. Ingat bahwa 1 malam di Joseon = berbulan2 di masa kini, makanya karena meninggal muda, Lee Gak bisa reinkarnasi ke dalam diri Tae Young...

    ReplyDelete
  132. apapun itu i luv this drama...
    thx u udah bwt sinopsisnya yah ^^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...