November 7, 2011

Blogwalking : Topeng Kaca



Pernah membaca komik Jepang tentang Maya Kitajima? Gadis sederhana namun memiliki talenta akting teater yang luar biasa sejak usia belasan tahun. Ia ditemukan oleh aktris top senior yang sudah pensiun, Mayuko Chigusa, satu-satunya pemeran utama Bidadari Merah. Dalam perjalanan karirnya, ia bertemu dengan beberapa orang yang mempengaruhi perkembangan hidup, karir dan cintanya.

Ayumi Himekawa, aktris top yang merupakan saingan terberatnya. Namun saingan bukan berarti musuh, karena Ayumi pernah membalas kekejaman seorang aktris yang benci pada kepopuleran Maya dengan mempermalukan aktris itu. Ada pula Koji, teman teaternya yang menyukai Maya hingga saat ini. Dan Masumi Hayami, Direktur Muda Daito yang menjadi secret admirer Maya, yang selalu mengiriminya bunya mawar jingga (di komik aslinya : mawar ungu) sejak pementasan pertama Maya.

Semuanya ini terangkum dalam rangkaian komik yang usianya melebihi usia saya dan sampai sekarang belum menemukan kata TAMAT - FIN di akhir bukunya, yaitu Topeng Kaca.





Saya terlambat mengenal komik Topeng Kaca. Di awal kuliah dulu, salah satu teman saya membawa salah satu seri komik Topeng Kaca, dan iseng-iseng saya membacanya. And I fell in love.

Dalam dua minggu, saya babat habis seluruh serial Topeng Kaca. Dari Topeng Kaca (9 seri), Syair Lidah Api (8 seri), Sejuta Pelangi (10 seri), Bayang-Bayang Jingga (6 seri), dan Bidadari Merah yang saat itu belum selesai.

Setelah itu masa penantian saya untuk mengetahui lanjutan cerita Maya Kitajima yang mencoba meraih peran Bidadari Merah dan rasa cintanya kepada Masumi Hayami terasa sangat lama. Hal ini karena pengarang komiknya Suzue Miuchi memang belum menyelesaikan manga Topeng Kaca ini.

Kenangan akan Maya Kit ajima dan Masumi Hayami kembali muncul karena The Musical. Interaksi Yoo Jin - Eun Bi - Jae Hee mengingatkan saya pada cinta segitiga . Memang hubungan segitiga mereka tidak sama, tapi entah kenapa Yoo Jin mengingatkan saya pada Masumi Hayami.

Maka saya mencari informasi, lanjutan Bidadari Merah yang mungkin sudah terbit. Dan ternyata, seri Bidadari Merah telah selesai. Namun walaupun sudah tamat, ternyata seri tersebut masih memiliki kelanjutannya yaitu seri Dua Akoya.

Di Jepang, Dua Akoya baru mengawali ceritanya sampai buku ke-2 pada tahun 2010, sementara Gramedia sebagai penerbit Topeng Kaca belum menerbitkan seri ini. Informasi ini saya dapat dari sebuah blog,  www.topengkacaku.com.

Dari topengkacaku, saya baru tahu bahwa walaupun komik terusannya belum dipublikasikan dalam bentuk buku, tapi keingintahuan fans Topeng Kaca di Jepang dapat terobati dengan membaca majalah komik yaitu Bessatsu Hana Yume atau disingkat Betsuhana.

Pertama kali membacanya, saya pikir versi Betsuhana adalah Fanfiction yang dibuat mirip seperti aslinya. Ternyata tidak. Topeng Kaca versi Betsuhana adalah lanjutan dari Akoya 2 buku ke-2, atau volume 42 yang juga dibuat oleh Suzue Miuchi.

Saya bisa membaca tulisan kanji? Nggak. Saya nggak secanggih itu.


Saya membacanya juga dari blog Topengkacaku yang membuat sinopsis dari tiap edisi Topeng Kaca yang terbit di Betsuhana. Bahkan kita dapat mendownload Topeng Kaca versi Betsuhana karena Topengkacaku juga men-scan dan menterjemahkannya.

Jadi, jika benar-benar penggemar Topeng Kaca dan menunggu kelanjutan cerita Maya Kitajima, yuk kita jalan ke Topengkacaku.




11 comments :

  1. kayaknya ada remakenya atau lanjutannya uni dr elex sayangnya ari nggak ngikutin manga shouje kebanyakan sonen jadi kurang tahu wkwkwkwkwkkwkw

    ReplyDelete
  2. kaya'nya pernah denger nama maya kitajima. di drama atau dimana gitu..

    ReplyDelete
  3. huwaa.. saya juga penggemar topeng kaca >,<
    sayang yang di betsuha juga belum selesai selesai ya?? XD

    ReplyDelete
  4. Wah topeng kaca pernah jd komik fave-ku wkt sekolah. Cm emang aku ngga inget akhirnya. Ternyata emang ngga tamat ya? Makasih dee buat updatenya^^

    ReplyDelete
  5. Pertama kali baca Topeng Kaca kelas 5 SD thn 1997, sampai sekarang belum tamat, tiap bulan pasti mampir ke Topengkacaku lihat lanjutan Betsuhana. Jangan2 sampai saya punya anak lagi juga belum Tamat :)

    ReplyDelete
  6. wahhh
    aku suka banget, dari jamann-jaman smp
    gak nyangka dee juga suka :D
    semoga maya bahagia sama masumi,

    ReplyDelete
  7. saya juga suka topeng kaca dari jaman SD-SMP... sayangnya gak ada kelanjutannya.. pernah dengar gosipnya sih pengarangnya udah meninggal makanya gak ada kelanjutanya...
    Topeng kaca ada J-doramanya lho... tapi jaman dulu banget... ^^nita^^

    ReplyDelete
  8. @yakuza emina : iya, ternyata udah dicetak ulang lagi.. Dari topengkacaku, katanya yg baru, deluxe, itu lebih tebel dan 2 buku dijadiin satu.
    @vitaa : kalo suka komik tapi belum baca topeng kaca, pasti nyesel deh.. Topeng kaca ini kueren buangett!!
    @miss u & nany : iya, yang di betsuhana juga belum selesai. Udah hampir 40 tahun topeng kaca dibuat, sampe mereka punya handphone, tetep juga belum selesai.
    @fanny & nita : pasti ingetnya si mayanya di panggung alam main bidadari merah, ya? emang gosipnya pengarangnya meninggal. Tapi ternyata komiknya jarang keluar lagi karena suzue miuchi sdg mendalami agamanya.
    @gizuka chan : aminn... agak was2, karena kadang komik jepang suka gak happy ending banget..

    ReplyDelete
  9. Makasih kutudrama dah mampir dan merekomendasikan www.topengkacaku.com. Tapi maaf sekarang dah lama nggak diupdate hehehe...

    Salam Topeng Kaca,
    Owner TopengKaca-Ku ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditungu sis kelanjutan ceritanya, dah nunggu dari SMP sampai skrg dah punya anak :P sama kaya detective conan nih, belum tamat juga hee....hee...

      Delete
  10. gak ada gambarnya di Topengkacaku ..

    ReplyDelete