October 29, 2011

11.11.11



Ada apa dengan angka-angka diatas? 

Yang pasti akan banyak pasangan yang melangsungkan pernikahan pada tanggal tersebut. Angka cantik yang mudah diingat, seperti halnya pada tahun lalu (10.10.10) membuat banyak calon pengantin memilih hari tersebut untuk mengikat janji.

Ya, 11 November 2011 mempunyai banyak arti bagi banyak pihak, khususnya Indonesia


Pada tanggal tersebut akan adalah pembukaan Sea Games 2011 yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang. Sea Games yang melibatkan 11 negara Asia Tenggara. 

Indonesia khususnya Jakarta dan Palembang sekarang sedang berbenah untuk menyambut pesta olah raga akbar, dan semakin giat berbenah menjelang dua minggu terakhir ini. Mulai tanggal 11 hingga 22 November 2011, kontingen Indonesia akan berjuang dan bertanding untuk mengharumkan nama Indonesia.

Berbagai bentuk dukungan diberikan untuk memberi semangat seperti yang dilakukan oleh Ello dan Sherina yang menyanyikan lagu Ayo Indonesia Bisa yang menjadi lagu resmi Sea Games 2011. Lagu yang catchy dan membangkitkan semangat nasionalisme.


Apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung mereka?

Menurut saya sih tak ada, kecuali jika kita adalah satu dari para atlit dan official Sea Games. If it’s you, so good luck. We hope you give your best. Fighting!!

Namun ada lagi yang kita bisa lakukan untuk Indonesia.

Karena pada tanggal 11 November 2011 kebetulan juga merupakan tanggal penutupan voting New7wonders yang menominasikan Komodo sebagai satu dari tujuh keajaiban dunia untuk kategori alam. Kebetulan pula binatang komodo menjadi maskot Sea Games 2011. Maskotnya adalah Modo dan Modi, si Komodo yang memakai kebaya dan sarung.

Kebetulan yang sangat pas, bukan?

Dulu saya pernah menuliskan kalau untuk voting, klik ke website new7wonders. Ya, Komodo  yang memiliki habitat khusus di suatu pulau yang bernama sama, akan bersaing dengan Pulau Jeju untuk mendapatkan posisi satu dari 7 situs yang menjadi keajaiban dunia versi alam.


Karena ternyata sekarang ada metode yang lebih mudah yang mungkin sudah pernah kita dengar sebelumnya. Hanya perlu mengetik KOMODO dan kirim ke 9818.

Terhitung dari sekarang, waktu yang tersisa adalah 14 hari. Waktu yang tersisa tak begitu banyak lagi. Tapi, mari kita berusaha bersama, pasti kita bisa. So let's hear me out, okay?

Setiap hari ketik KOMODO di handphone kita dan kirimkan ke 9818. Jangan khawatir pulsa terpotong banyak, karena biaya yang harus kita lakukan hanyalah Rp. 1 alias satu rupiah saja.

Setelah itu minta 5 teman untuk melakukan hal yang sama di hari itu juga. Juga minta mereka mencari 5 teman lainnya untuk melakukan hal yang sama. Dan seterusnya, dan seterusnya.

Apakah ini SMS berantai? Multi level marketing? Mungkin iya. But at least for a good will, right?

Lakukan hal ini setiap hari selama dua minggu ke depan dan kita hanya mengeluarkan Rp. 14,- untuk menjadikan Pulau Komodo sebagai satu dari keajaiban dunia versi alam. Kurang dari 1 menit untuk mengetik dan kurang dari 5 menit untuk meminta teman kita melakukan h yang sama dengan kita. 

Kita punya nomor handphone lebih dari satu? Tak keberatan kan kalau pundi-pundi kita berkurang satu rupiah setiap hari? 

Sebenarnya apa sih kelebihan jika Pulau Komodo dapat menjadi satu dari 7 keajaiban dunia versi alam?

Penyelenggara New7wonders ini bukanlah dari UNESCO. Pihak UNESCO telah memberi pernyataan pada tanggal 20 Juni 2007 (kutipan dari Wikipedia) : 

"There is no comparison between Mr. Weber's mediatised campaign and the scientific and educational work resulting from the inscription of sites on UNESCO's World Heritage List. The list of the 7 New Wonders of the World will be the result of a private undertaking, reflecting only the opinions of those with access to the Internet and not the entire world. This initiative cannot, in any significant and sustainable manner, contribute to the preservation of sites elected by this public." —UNESCO  

Jadi pihak swastalah yang mengadakan pemilihan ini.

Dan ternyata Pulau Komodo pun sejak tahun 1991 telah menjadi satu dari World Heritage yang dipilih oleh UNESCO bersama-sama dengan Kompleks Candi Borobudur, Taman Nasional Ujung Kulon dan 4 tempat lainnya.

Jadi apa untungnya kita berupaya untuk menjadikan Pulau Komodo sebagai satu dari New7Wonders?

Dengan menyematkan one of New7wonders pada Komodo, akan semakin banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi Pulau Komodo. Apalagi letak pulau ini yang berada di sisi timur Pulau Bali, akan memudahkan wisatawan untuk meneruskan wisatanya dari Pulau Bali.

Selama ini banyak wisatawan dari Pulau Bali yang meneruskan tujuannya sampai di Nusa Tenggara Barat. Dengan membawa nama keajaiban dunia versi alam, akan menggelitik naluri touring wisatawan untuk melihat bagaimana sih komodo yang konon adalah satu-satunya binatang yang memiliki ciri seperti Dinosaurus.

Mungkin nantinya pemerintah daerah dapat menggandeng swasta untuk membuat taman seperti Jurassic Park? Pastinya keren, kan?

Semakin tinggi tingkat kunjungan, akan semakin meningkatkan perdagangan lokal di Pulau Komodo. Sarana dan pra sarana akan semakin baik sejalan dengan meningkatnya pendapatan daerah pulau yang termasuk dalam provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dan apa dampak yang paling mengena untuk kita? I think it’s about our pride and nasionalism.


Jika drama Lie To Me dapat menyelipkan pesan tentang Pulau Jeju sebagai calon dari new7wonders, tentunya kita jangan mau kalah.

Jika JYJ dapat menjadi duta Pulau Jeju, dan bahkan Micky Yoo Chun menjadikan pemandangan Pulau Jeju sebagai avatar twitternya @6002themicky,  ayo, kita ikuti langkah mereka juga.

Mari kita bergabung dengan Jusuf Kalla, Rio Haryanto dan Susi Susanti menjadi Duta Komodo, mendorong teman-teman kita untuk ikut mendukung Komodo menjadi salah satu New7wonders.

Jadi, sudahkah mengetik KOMODO hari ini? Sudahkah mengingatkan teman kita? Ayo kita mencoba maka Indonesia bisa!

Sumber: Wikipedia

4 comments :

  1. Top markotop!! Let's vote for Pulau Komodo \(^o^)/

    ReplyDelete
  2. sepupuku lahir di bulan 11 tanggal 11 katanya dia ntar mau nikah thn 2011-11-11 wkwkwkkwkwkw

    ReplyDelete
  3. Yuk ditanggal 11 kepalembang nonton asea games sekalian mampir kerumah ku ya dee^^

    ReplyDelete
  4. aih, beneran deh di tanggal segitu emang banyak event hahay!
    ayo mbak dee kalo ke palembang, dira ikutan juga! ^^
    makasih mbak dee,
    kita bangsa indonesia tetap SEMANGAT!!! ><

    ReplyDelete