September 24, 2011

Antara Kimchi dan Rendang


Pernah mendengar kalau berdasarkan survey, kimchi dinobatkan sebagai salah satu makanan yang terlezat di dunia? Kimchi, makanan tradisional korea yang merupakan asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas, menduduki posisi kedua belas di jajaran 'World’s 50 Most Delicious Foods' (50 Hidangan Terlezat Dunia)

Dan ternyata Indonesia juga memiliki makanan yang masuk daftar makanan terlezat di dunia. Menempati posisi teratas pula.

Apakah itu?

Menurut survey yang dilakukan oleh CNN International pada September 2011, rendang adalah makanan yang paling lezat di dunia. Mengikuti dibelakangnya adalah nasi goreng di urutan kedua dan sate di urutan keempat belas.


Kimchi dan rendang adalah makanan yang memiliki masa kadaluarsa cukup panjang. Jika cara penyimpanannya benar, rendang basah dapat bertahan selama satu bulan, dan rendang kering biasanya dapat disimpan selama tiga sampai empat bulan. Sedangkan kimchi sendiri dapat bertahan lebih lama lagi karena kimchi yang dibuat pada musim dingin (awal November – pertengahan Desember) diperkirakan harus cukup banyak untuk dikonsumsi untuk musim semi  berikutnya. Walaupun sekarang waktu kadaluarsa Kimchi bisa lebih lama lagi karena Korea sudah menciptakan lemari es khusus kimchi.

Jika membuat kimchi memerlukan waktu yang lama -dari proses pencucian, penggaraman dan pengolesan bumbu kimchi- yang bisa memakan waktu  hampir seharian (belum termasuk proses fermentasi yang memakan waktu jauh lebih lama); begitu pula dengan rendang. Untuk membuat rendang, membutuhkan proses waktu 8 jam untuk memasak rendang agar rasa bumbu  dan santan meresap dan empuk.

Hmmhh.. terasa sedikit mirip? Repotnya mungkin? Namanya juga masakan paling lezat. No pain, no gain.

Masih ingat pada salah satu adegan Boys Before Flowers, saat dimana Gu Jun Pyo melihat keluarga Jandi membuat kimchi, saat itupulah ia merasa kehangatan sebuah keluarga yang belum pernah ia rasakan?


Pembuatan kimchi ini memang biasanya dilakukan bersama-sama dangan keluarga atau tetangga, dan sudah menjadi tradisi masyarakat Korea yang melakukannya di hari-hari cerah ketika angin bertiup di musim dingin.

Bagaimana dengan tradisi membuat rendang? Karena kita tak perlu bertahan di musim dingin, yang musim itu tak pernah kita nikmati, rendang terasa spesial disantap saat lebaran atau hari-hari besar lainnya. Dan apakah membuat rendang juga memerlukan bala bantuan?

Jujur, saya tak pernah membantu saat Ibu memasak rendang. Tapi ..


Mungkin saya akan siap menyingsingkan lengan kalau ada Gu Jun Pyo di rumah saya.

Inspired by : Kompas Minggu
Credit: Hancinema, wikipedia
Picture : dramabeans, indonesian tourism, lovethatkimchi 

5 comments :

  1. rendang is the best...
    backgroundnya baru ni..
    oia, dee punya resep masakan gak? yang simple2 gitu.. kan judulnya Food, book and drama - What a wonderful life! :)

    ReplyDelete
  2. background baru oenni dee...omo..udah pake situs.com ya...!congrulations ya! mau juga dijarin bisa pindah rumah,biar bisa tetanggaan sm oenni....ngarep.com hiks~

    Oh ya..rendang?? aku suka rendang berkuah merah ketimbang rendang yang agak manis .hohohoho...padang mendominasi.

    Kamsahamnida oenni

    ReplyDelete
  3. YAAAAAAAAAAAAAAAAY!!! senangnya rendang bisa masuk ^^ berharap mbak-mba dira (ngelirik mbak dee, mbak fanny and mbak cha bisa masakin hehe)
    mmmmm, masalah pemasakan tuh mungkin emang sama mbak-gak bisa instan kayak masak mie gitu (YA IYALAH! WKWKWKWK)
    tapi kalo masak bareng? kayaknya cuma buat masuk rekor aja : RENDANG UNTUK SATU KOTA! YIHUY! >,<
    betah di rumah barunya mbak dee, tempat jalan2 ydah nambah juga (baru tau T.T)
    oya mbak, setelah dira perhatiin di piku drama sebelah kanan, semua couple pada ngambil posisi duduk...eh di PTB MALAH POSISI GITU?!!!! hahahahahahaha
    makasih ^^

    ReplyDelete
  4. waaa, maksih infonya mbak.. seneng bgt rendang bisa masuk ke dalam salah satu makanan terlezat di dunia..
    oy, mbak tau drama ojakgyo brother gag?? saya harap mbak bisa bikin sinopsisnya.. hehehhe
    maaf agak melenceng dari topicnya..

    ReplyDelete
  5. @all, iya rendang emang nendang :)
    @vita & chasya. Iya, ganti background. Satu-satu gantinya, pelan-pelan. Mau ganti template gak pernah sukses, jadi stuck sama template ini aja dulu.
    Iya, sya, pindah rumah. Tetanggaan yuk.. :)
    @dira: hihihi.. baru nyadar juga.. yang ptb kenapa ya? karena ceweknya kali yang jagoan :p
    @anonim: tau ojakyo kayanya lucu, cuman kok episodenya yang gak nahaan.. 50 ep bukan? Tapi kayanya lucu ya. Apalagi ada uee. Aku suka UEE di YAB.

    ReplyDelete