April 6, 2011

Drama Mei 2011 : Ganti Judul, Yuk!


Beberapa drama yang akan tayang bulan Mei 2011, mengalami beberapa perubahan nama. Ada yang karena memang perubahan itu disebabkan karena sebelumnya ada beberapa pilihan, ada juga karena perubahan itu disebabkan karena permintaan dari pihak lain.

Yang lebih drastis lagi, ada drama yang harus berganti nama dan alur cerita karena dituduh melakukan plagiat dengan cerita lain.


1. Maids 
Drama Maids harus berganti nama karena ada keberatan dari asosiasi pembantu rumah tangga di Korea, yang menginginkan drama tersebut memakai nama lain yang lebih tepat. Sepertinya Maids yang diterjemahkan dari bahasa Korea 식모, memiliki arti yang kurang menghormati profesi tersebut. Asosiasi tersebut menyarankan nama lain seperti 파출부 (housekeeper) ataupun 가사도우미 (household assistant).


Dan pihak produser pun sebenarnya sudah mengantisipasinya sejak bulan lalu, dengan mencari beberapa judul cadangan, dan akhirnya menetapkan judul pengganti Maids dengan "Romance Town".

Mendengar judul ini, saya malah teringat dengan drama Taiwan yang berjudul Romantic Garden, yang tak ada Garden-nya sama sekali. Dan pemilihan kata Garden murni karena mengikuti hype Metor Garden yang saat itu laris manis.

Saya salut dengan perubahan nama ini, karena produser mau mempertimbangkan keberatan dari pihak lain (yang notabene memang salah satu segmen penonton yang dibidik). Dan juga di Korea, pembantu rumah tangga sudah memiliki asosiasi sendiri dan memiliki bargaining position sehingga dapat meminta perubahan yang cukup mendasar akan suatu drama.

Apakah di Indonesia juga sudah memiliki asosiasi seperti itu? Jangan sampai yang lekat di ingatan kita hanyalah Inem Pelayan Seksi saja.

2. The Discovery of Affection
Drama dari yang ditulis kakak beradik Hong (My Girl, Delightful Chun Hyang, You're Beautiful, My Girlfriend is Gumiho) memutuskan mengganti judul dramanya menjadi Best Love.


Drama ini sebelum berganti judul, juga berganti alur cerita. Hal ini tak lain dan tak bukan karena ada tuduhan plagiat yang dilayangkan oleh  Union Entertainment yang memiliki hak atas online novel/webtoon yang berjudul That's Why I Married an Anti-Fan.

Tuduhan itu pula yang, kabarnya, menyebabkan perubahan usia pemeran utama. Sebelumnya dikabarkan kalau Lee Seung Gi (Brilliant Legacy, My Girlfriend is Gumiho) akan memerankan drama ini. Namun setelah itu Cha Seung Won-lah  yang mendapatkan peran utamanya.


3. Good Bye, Miss Ripley
Drama yang akan mempertemukan Lee Da Hae dan Yoo Chun ini tidak mengganti judul drama, tapi hanya memperpendeknya menjadi Ripley. Kata Ripley itu sendiri sepertinya berasal dari pertunjukan populer 'Ripley: Believe it or not.' 


Skandal nasional yang menjadi ide awal drama ini memang mungkin bisa dikategorikan sebagai salah satu pertunjukan yang boleh dipercaya atau tidak.

4. Pretty Young Woman/Baby-Faced Beauty
Sebenarnya drama ini tak mengalami perubahan nama. Hanya saja di internet ada beberapa nama yang dipakai untuk menjelaskan drama terbaru Jang Nara ini. Dan sekarang sepertinya sudah ada kepastian penggunaan judul yang dipakai adalah Baby-Faced Beauty.

Credit : dramabeans

1 comment :

  1. yang penting pemainnya jangan diganti wkwkwkwkkw, judul boleh ganti gpp

    ReplyDelete